Saturday, November 10, 2007

Franchise & License Expo Indonesia, JCC

Hari Jumat Aku sudah ke sana. Sudah gak sabar . Walau ternyata, Aku lihat pemainnya kebanyakan itu-itu saja. Eh, ada juga sih muka-muka baru *halah, plinplan* Makanan dan minuman masih mendominasi. Mulai dari model Bakso, burger, kebab, sampai café juga ikutan meramaikan ajang yang lumayan ditunggu-tunggu setiap tahun. Untuk pendidikan, wow agak surprise juga. Kali ini pemainnya lumayan banyak. Dan beragam. Mulai dari bimbel, sekolah, sampai ke ekskul, dll. Untuk kecantikan, sapa lagi kalo bukan grupnya Rudy dengan label Rudy Hadisuwarno, FunCuts, dan KiddieCut. Ada juga klinik perawatan kulit dan Nailspa. Udah gt doang. My Salon, gak ada tuh. Ehm, besar bgt kesempatan untuk Moz5 nih.

Ada juga jasa Slimming, Pusat Pelangsingan Tubuh. Hmmm bisnis ini oke juga, mengingat semakin hari semakin banyak orang yang kepengen langsing selain alasan kesehatan juga alasan estetika.

Untuk Fashion, kayanya belum ada deh. Hayoo, temans yang berbisnis fashion…..

Yang lainnya, untuk Automotive, yang menonjol tentunya Standnya AutoBridal. Begitu masuk Assembly Hall langsung di hadang sama AB ini. Yang lainnya adalah salon motornya, Gw Guyur. Trs ada juga juga Cipaganti Rental Car.

Aada BIRU, Jasa air minum isi ulang, Bisnis Center, dll. Bahkan, ada juga bisnis yang belum punya outlet loh. Jadi bisnisnya adalah menjual konsep yah. Gak masalah juga sih. Ada Ide, ada keahlian, tapi gak ada modal. Makanya ikut pameran untuk menjaring investor. Tapi kalo kaya gini masuk kategori franchise gak sih?

Oiya, ada lagi yang bikin surprise lagi dink. Ada teman yang kenal di salah satu seminar bisnis, akhir tahun lalu bisnisnya masih berdarah-darah. Tapi tahun ini udah ikutan franchise dengan 10 cabang yang sudah berdiri. Wah..keren. Semoga sih memang udah gak berdarah-darah lagi bisnisnya haha.

Melihat antusiasme pengunjung, yang untuk masuk aja harus bayar 50Rb, berarti paling tidak yang masuk ke sana sudah terseleksi. Kemungkinan orang yang iseng sambil lewat, atau yang nunggu waktu doang sih sedikit. Berarti pula, animo masyarakat terhadap bisnis franchise juga semarak. Ya iyalah, sekarang kesadaran entrepreneurship juga sudah meningkat drastis yah disbanding tahun 90an awal. Lihat aja, sekolah-sekolah entrepreneurship menjamur, belum lagi majalah-majalah dan seminar yang membahas wirausaha. Trs tambah lagi dengan komunitas-komunitas. Milis wirausaha aja ada berapa, hehe. Member Milis Tangan Di atas aja Udah ribuan. Wah tambah semangat nih.

Setelah puas menyambangi beberapa stand (banyak deh yang aku masukkin dan aku uprek-uprek) akhirnya aku Sempetin mampir ke Stand Bakso Malang Cak Eko. Sebelumnya aku lewat, mas henky sedang sibuk presentasi, begitu pula dengan mas hendy di Stand BabaRafi-nya yang kinclong dan ngejreng bgt. Sekitar jam6, sudah agak sepi. Maka aku hampiri mereka. Pertama ke Mas Henky. Dengan bawaan beliau yang kalem dan tenang, “ Beliau menyemangatiku. Udah pokoknya jangan tunda-tunda deh. TIdak ada alasan lagi untuk menunda. Langsung jalan aja mba. Kalau sudah jalan, kita baru tahu masalah-masalah, nanti pasti ada jalan keluarnya. Kalau gak jalan, yah mana bisa tahu masalahnya apa saja. “ Degh! Kok beliau jadi kaya paranormal yah, aku gak ngomong apa-apa, tapi sepertinya tahu apa yang ada dibenakku. Hehe. Atau wajahku menyiratkan itu semua, haha. Masih banyak lagi masukkan-masukkan yang dia berikan. Dengan gayanya yang Cool itu, ternyata malah bikin Panas…Panas…Panas…hehe. Menempati posisi stand di pojok dan belakang, tapi lumayan menarik perhatian. Apalagi dengan tampilan foto-foto outlet/cabang.

Lanjut dari mas Henky, aku bergegas menuju BabaRafi, sempetin Tanya ini itu kepada salah satu staff, dan mencoba testernya (aduhhh enak bgt beneran deh, sayangnya tester kan kecil-kecil ya, kurang bo’ sedangkan aku mau beli juga gak bisa, gak dijual!!). Aku menghampiri Mas Hendy, yang dengan gayanya yang khas menyambut aku. Dia surprise bgt ketemu aku di sana. Dan dengan antusias memperkenalkan aku kpd istri dan ibu Fen Safarita dari Melia Laundry yang terkenal itu loh. Pak Fen dari EU. “Ini Mba Yulia, Ratunya Salon Muslimah nih” . Sedikit berbasa basi, aku menanyakan biaya yang dirogoh untuk mengikuti ajang seperti ini. “Mba Yul, kita nanti barengan yah bulan Feb, OK??" Lagi-lagi aku dibuat panas. Waduh, feb nanti ikutan pameran? Hmmm…..”Ayo dong, gak ada salon nih. MySalon aja gak ikutan” Ujar mas Hendy, masih menyemangati. Iya juga sih. Setelah, Ngobrol ngalor ngidul, akupun segera angkat kaki dari sana. Daripada tambah panas hehe. Stand Kebab Turki BabaRafi ini menempati posisi yang sangat strategis. Dengan design yang sangat menarik. Keren deh.

Sempat juga ketemu mas Odi dari KoffeeTofie, aku tertarik buat bikin di Margonda nih. Konsepnya oke juga, kopi a la starbucks dengan harga warungan. Sesuai dengan hobi-ku ngopi. Janjian akan survey lokasi hari senin ini.

Sebenarnya, masih kurang sih, masih kepengen muter-muter lagi, tapi berhubung sudah merambat malam, aku segera angkat kaki. Sampai jumpa tahun depan, nantikan Moz5!

Yulia- Moz5 Salon Muslimah

Saking kepengen bgt sama Kebab, gara2 ngeliat2 brosur Babarafi, aku semalam makan DonerKebab di ArtaGading sampe 2 porsi! Pengenya sih makan Babarafi, yang suer deh enak bgt, cuman, cari-cari yang di klp gading tuh gak ketemu, hiks. Berarti pengaruh flyer/Brosur itu kuat bgt loh. Design yang menarik, warna kuning yang ngejreng dan memang dianggap sebagai warna yang meningkatkan selera makan. Ditambah lagi, aku emang orangnya gampang terpengaruh untuk urusan makanan.

3 comments:

Admin said...

Lucu banget nih...
Pas saya lagi baca2 postingan ini tiba2 ada sms dari isteri : "pa, aku lagi nonton pameran franchise di jcc".
Eh, kok?

Terus saya balas gini: "ya udah skrg mama ambil brosur ke group Salon Rudy Hadisuwarno, trus ke kebab Baba Rafi yg dipojok, trus ke bakso malang cak Eko..."

Abis itu saya sambung dgn beberapa sms lagi yang intinya memandu dia berdasarkan tulisan mbak Yulia"
Belakangan dia nanya: Loh kok papa tau semua sih, papa lagi di internet ya?

Perlu diketahui, bahwa posisi saya sekarang ini di Nigeria hehehe...

Kemarin2 itu memang nyonyaku pengen bikin salon sama sanggar senam dirumah, makanya dia pergi ke pameran franchise, nah trus sy bilang, ya udah, tapi cari tau dulu ke pak RT apakah dilingkungan situ boleh untuk bisnis begitu.

Loh kok jadi ngelantur sih... :)
Makasih ya mbak!

Sukses selalu,
Ramli - Nigeria

Anonymous said...

Mudah-mudahan February nanti udah ada Moz5 di Pameran Fancise & License Expo Indonesia...

Ayo bu Yulia !!! (Eh kok jadi ikut2an jadi kompor)

Salam

Sony

- - - - Doris Aminah Nasution - - - - said...

perlu pilot dulu kan sebelum Feb'08 nanti. Hehe, Shaakira siap dijadikan pilot project hahaha. Maunya tuh.

Sukses berat ya mbak yuli.

Terima kasih atas tantangan-tantangannya selama ini. Asli. Gara-gara ello perut jadi mules waktu ditongkrongin makan siang di kantor dulu :-) kenangan yang bener-2 manis mbak.

Salam,
Doris Nasution.