Monday, November 5, 2007

Selamat Ulang Tahun Cinta!

Kemarin adalah hari ultahnya Kiya yang kedua, dan hari ini adalah ultahnya Caca yang ke tujuh. Waduhhhh anakku sudah 7 tahun?? Cepat sekali ya sepertinya waktu berjalan. Lha wong, kayanya masih kemarin tuh aku hamil caca. Dan kayanya lagi, belum lama tuh caca belajar berjalan, belajar ngomong, arrrrghhhh…! Anak-anak memang cepat besar.

Masih ingat dalam Bank Of Memory aku saat kiya mau lahir. Tepat jam 8.30 malam kiya lahir, padahal beberapa saat sebelumnya, suami-ku meminta aku untuk sabar menahan, menahan kelahira, supaya kiya bisa lahir di atas jam 12 malam yang berarti tgl 6 nov, biar ultahnya barengan sama kakaknya. Hwaaa Gubrak!!!! sementara aku udah gak kuat menahan sakitttttttt . Langsung ditolak mentah2 dengan sedikit amukan, hehe.

Memang, Tuhan mengirimkan anak-anak kepada kita para orang tua, adalah supaya kita banyak belajar lagi ya. Belajar menjadi individu yang lebih baik lagi. Seperti yang aku alami sendiri.

Caca, type anak Melankoli-Pleghmatis. Dia sangat sensitive, sangat hati-hati, dan perfectionis. Dia sangat peduli akan perasaan orang lain, sangat menjaga perasaan. Mudah beremphaty. Dan penyayang. Caca sangat penyayang entah kepada adik, sepupu, teman, pohon, binatang. Apa aja. Seringkali aku dibuat terharu juga.

Sifat perfectionisnya pula yang bikin dia selalu berhati-hati selalu segalanya musti dipersiapkan dengan matang. Dan yang kadang bikin senewen, gak mentolerir kesalahan. Semua juga harus rapih dan bersih. Sejak bayi, kalo kecipratan air setitik di bajunya dia ngotot musti ganti baju. Kena noda dikitttt aja, dia bisa uring-uringan. Apalagi kalo mo tidur, kain seprei ada yang kelipet dikit aja, dia ngotot harus dibetulkan sampe sepreinya mulusssss tiada lipatan. Gubrak!!! Sementara aku harus memberi pengertian kepada dia untuk belajar santai, belajar mentolerir apa2 yang gak seperti harapan kita, aku juga belajar untuk lebih rapih, lebih teliti, lebih sabar. Aku juga baru sadar, kesempurnaan itu juga penting. Untuk beberapa hal ya. Maklum, aku agak cuek, gak terlalu telitian. Belum lagi belajar lebih perhatian, lebih memikirkan perasaan orang lain, itu juga aku contek dari caca.

Caca juga senangnya aktifitas yang banyak mikir. Kalo diliat dari foto-fotonya masa bayi, keliatan bgt dia kalo main tuh serius bgt. Seolah-olah menganalisa, ini kenapa bisa begini ya, kalo digituin, gimana jadinya ya?? Hehe melakoli abis ya. Selalu mikir dan beranalisa hahaha. Dan untuk berpenampilan, seleranya, hmmm...tinggi juga. Dia juga termasuk konsultan aku dalam berpenampilan.

Caca juga Dreamer, dia punya buku impian loh! Dan dia senang sekali membaca buku impian aku, dan sering kali mengingatkan aku. Mama kan mau ini mau itu....ya kan?? Aduh senangnya, punya orang yang selalu ngingetin dream kita hehe.

Caca juga sangat pemalu dan tidak suka tampil. Pokoknya Caca anak ayahnya banget kali ya….



Sementara kiya, type anak Sanguin berat. Have Fun bgt deh. Ceria selalu, tertawa selalu, dan doyan ngoceh, senang bercanda, dan senang bertemu orang baru. Jadi rumah selalu ramai entah dengan celotehnya, tawanya yang selalu terbahak-bahak, atau dengan rengekannya. Easy going bgt. Tengah malem bangun aja, begitu matanya terbuka, langsung tersenyum lebar, kalau kita tegur langsung tertawa ngakak hehehe…Kalau lagi sakitpun dia tetap santai, tetap bercanda, tetap FUN. Bahkan waktu usia 1,5 thn kena sakit cacar, dia enjoy2 aja, ketawa2 aja, walo kadang meringis (gatel bgt kali ya). Dan kalau punya keinginan selalu dikejar terus sampai dapat. Pantang menyerah.

Dia juga gak pedulian, cuek abesz dah. Mo kotor kek, Mo basah kek, gak peduli. Yang penting, muter-muterin rumah, kesana kemari, gak ada istirahatnya. Apa aja di berantakin, apa aja dikerjain. Walaupun baru 2 tahun (dan belum bisa bicara jelas dan belum bisa jalan) aku udah bisa tahu sifat dan karakternya. (ya iyalah, emaknya..) Doyan makan pula, apapun kalo ada makanan mau dicoba…sampai kecoak pun pernah dimakan (Yikesssssssss, kalo ini aku yang ceroboh jagain dia, meleng dikit, tiba2 udah mengunyak kecoak) hwaaaaa.. pernah juga lagi motong2in cicak,haduhhhhhhhh…..kok binatang2 aneh itu bisa aja dia tangkap yah…
Tapi dia itu penolong banget loh. Kalau liat ayahnya sedang beberes persiapan ke luar kota, pasti dengan antusias dia membantu membereskan. Atau kakaknya sedang sibuk mengerjakan sesuatu dia selalu sibuk membantu. Walau jadinya malah bikin berantakan, hahaha.

Nah, kalo kiya nih, kayanya anak mamanya banget deh…hehehe

Nah dari kiya ini aku belajar untuk lebih FUN, lebih enjoy, lebih ceria, dan lebih Asik-asik aja. Bahkan dari kiya pun, sebagai orang tua kami belajar untuk lebih sabar. Waktu usia 1 tahun, sempet di vonis yg serem-serem sama dokter-dokter, tapi kalau kita mau sabar, mau usaha, insya allah semua yang kita doakan akan terwujud.

Wow…what a wonderful life…memiliki mereka sebagai anak-anakku. Justru karena merekalah, aku seperti sekarang ini.

Sungguh, Tuhan mengirimkan malaikat-malaikat kecilnya untuk menjadi tauladan bagi kita…
Selamat Ulang Tahun Cinta!
Yulia-Mamakiya dan Mamacaca

2 comments:

Eka said...

hiihihihi ... ga kebayang mb ... disuruh sabar nahan mules mpe jam 12. Mengamuk menjadi pilihan tepat mb ... secara co khan ga tau sakitnya mo melahirkan.

ihihihihi

Happy birthday Kiya dan Caca ... Jadi anak mama Yulia yang membanggakan ya !!

Eka
http://www.pernik-unikdiary.blogspot.com

Ipul Anwar said...

Selamat Ulang Tahun ya Bu Yulia untuk
Kiya dan Caca, Semoga menjadi anak2 harapan orang tua-nya.

Wah sifatnya bertolak belakang banget yah Bu? :)

Salam
Ipul Anwar [TDA]