Wednesday, December 26, 2007

Pantura BAnjir


Banjir melanda pantura. Setidaknya mulai dari kendal hingga indramayu banyak sawah yg tergenang air. Kebayang kerugian yg harus ditanggung petani.sawah hijau membentang yg menemani perjalanan kami waktu pergi, sekarang diperjalan pulang udah kaya waduk. Bahkan, longsor di Kr anyar dekat kp halaman suami sudah memakan banyak korban meninggal. Dan Solo-pun di landa bencana banjir.

Untungnya hari ini cerah jadi perjalanan balik jkt jadi lancar. Pdhl kalo kemarin, wuih hujan lebat merata p jawa ya? Bahkan di jalur pantura bnyk hambatan pohon tumbang. Mana air laut jg lagi pasang, jarak raya dgn laut di spjg rute tegal-indramayu, jadi dkt bgt lautnya! Ibuku jadi nyinggung2 global warming yg heboh belakangan ini.wah pokoknya jadi serem deh.
Jangan skeptis dulu. Kalau kita mau memulai dgn langkah kecil di lingkungan keluarga sendiri dulu tentu akan membawa kebaikan untuk lingkungan. Mengurangi produksi sampah atau menggunakan produk ramah lingkungan, misalnya..

Wah ga terasa udah mau masuk karawang nih.bentar lg cikampek trs tol dlm kota deh. Kalo biasanya seneng mau sampai rumah, sekarang agak mellow nih. Keingetan my kiya yg dititipin di tempat eyangnya karena msh ada treatment yg musti dilakukan.hiks ga keungkap deh dgn kata2 perasaanku saat ini. Harus berpisah jauh bbrp waktu. Tapi kalau memang untuk kebaikan kiya, harusnya dilakukan dgn rasa gembira dan syukur aja. Lagipula, anak2 mudah menyesuaikan diri. Tinggal kitanya nih orang tua yg suka kepikiran ini itu.hehe. Justru kalo kita kepikiran, kita sedih, si anak malahan akan rewel dan gelisah. Itu kata orang tua jaman dulu, tapi kalo dikaitin dengan LoA yah bener juga sih :)

Priok, I'm coming back..
Yulia-moz5 salon muslimah

Monday, December 24, 2007

Airpun tahu tujuannya

Lagi mudik nihh di kp halaman suami. Dah bbrp hari sih. Spt biasa aku puas2in memanjakan lidahku. Hehe. Jadi maaf ya kalo bnyk sms dan telp aku cuekin. Soale lg liburan gini males pegang hp. Sok seleb deh gw.

Tapi menjelang penghujung tahun gini bnyk juga yg ngajak diskusi ttg resolusi via sms wah ga taunya lg heboh ttg resolusi ya? Apa gara2 pr resolusi yg marak dikalangan blogger belakangan ini? Atau karena postingan pak roniTda? Ttg pro kontra membuat resolusi?
Hmmm aku pribadi sih menyarankan apapun itu lakukan yg sesuai hati nurani. Yg kita nyaman aja. Ga mau bikin resolusi? Ya silakan. Ga mau ketinggalan momen tahun baru dgn memulai sesuatu yang baru? Ya monggo.asal jangan ikut2an aja hehe. Toh, resolusi juga doa.A pa yg kita tuliskan merupakan permohonan kita dgn yg Di atas jg. jadi musti di barengi dgn ikhtiar alias action.
Dan yang gak kalah penting adalah mengetahui tujuan kitam mengetahui kemana arah kehidupan kita. Semua rencana,target,resolusi apapun itu-lah yang akan membawa kita kepa tujian tsb. NAAHH kitanya tau ndak "tujuan" tsb?
Even air pun tau "tujuan"nya.air mengalir juga tahu akan kemana. Jadi, hidup bagai air mengalirpun, adalah hidup yg punya tujuan pasti.
Yukk ah lagi nunggu warung tongseng pak pur buka nih. Asik bgt bisa sarapan dgn tongseng. Hmm yummy! Lgian susah ngeblog dari blackberry pinjeman (suami)

Yang lagi liburan,
Yulia-moz5 salon muslimah

Tuesday, December 18, 2007

2008


Duhhhhh pas pada sibuk posting resolusi 2008, aku baru inget, 3 mingguan yang lalu dapet PR dari YAYA, hehe. Maaf belom di kerjain hehe. Resolusinya sih udah jauh2 hari, tapi publish ke blog ini loh hehe yang belom kesampean. Lagian, hari gini ada PR?? hehe.

Tapii sebelumnya ada peraturannya juga niih:
1.Bikin 8 Resolusi hidup kamu untuk 2008 (WAJIB 8 - ga kurang ga lebih-)2.Sebarkan ke 8 orang, yang kamu tunjuk dan kamu anggap dia perlu perubahan,dan sebutkan alasan kamu : kenapa milih dia.3.Kamu mesti mampir ke 8 orangtersebut, untuk ngasih tau bahwa mereka dapet PR dari kamu....
Okay, here goes:


1.Keluarga : liburan panjang keluarga tiap 2 bulan sekali (tahun 2007 ini tercapai 3 kali :)

2. Keluarga : Umroh sama suami & kel besar Kepengen banget umroh, tks to Vicky yang udah bikin gw kepengen, hehe, gileee dia yang ancur abis aja kesampean ke sana, masa daku enggggaaaa sih heheheeehe (ngajak berantem nih)

3.Keluarga : Girlz day seminggu sekali, Father & Daughter Day, sebulan 1 kali. (ya biar anak2 juga punya bonding yang kuat dengan ayah mereka. Gak cuman dekat saja)

4.Pengembangan diri : Menghilangkan kebiasaan buruk : suka menunda-nunda! Alias memperbaiki time management. (gak muluk2 kan? Cuman pengen penyakit ini ilang aja
5.Kesehatan : Ngurangin kebiasaan ngafe alias ngopi2 di kafe (waduh gimana nih Ra? sanggup??). Trs ngopi di kafe menjadi sehari sekali aja, sama ngurangin cemilan yang berat seperti roti, cakes, pastries. Ngurangin aja loh. Gak menghilangkan. Ini lebih menunjukkan lebih ke selfcontrol)

6.Kesehatan : Olah Raga bareng suami hehe. Kami sama-sama suka Olah Raga, tapi hampir dibilang jarang bgt olah raga bareng. Minatnya beda sih. Suami lebih suka Tennis dan fitnes, aku lebih suka jogging, dan senam. Tapi udah niat mau Olah Raga bareng. Aku mau latihan tennis.

7. Kesehatan : Mulai makan sehat 4 sempurna lagi. Terutama minum air putih. Sehari kudu 2 liter gelas, sekarang sehari paling 1,5 lt doang.

8. Resolusi bisnis : Hmmmm Ini rahasia deh.. Hehe Rahasia Perusahaan. lagian, bakalan panjang deh...hehehe
Tuntas yaaaaa……
Selanjutnya...ayoo bikin resolusi buat tahun 2008. Aku lempar ke beberapa sahabat di bawah ini. Kenapa mereka? Karena mereka dekat dengan keseharian saya, dan pengen tau juga dong resolusi mereka apa aja.


1.Ika (Temen dunia maya yang masih tetap ngumpul sekedar bincang2 hangat dan sedikit berita heboh) http://ardina.wordpress.com/
2. Palupi (teman sejati, sejak jaman gw masih prikitik, jaman masih imut bgt, susah senang sudah dihadapi bersama hehe) http:// www.palsay.multiply.com
3. Molly (Wah ini teman apa ya? susah deh diungkapin dengan tulisan ya mol?) http://mamanatrixie.blogspot.com/
4. Teh Leni (wah ini sahabat dan mentor aku juga, partner bisnis juga :) http://lepuspacastle.blogspot.com/
5. Mas Junaedi ( wah ini teman berbagi impian nih) http://junaedi2010.blogspot.com/
6. Rosa ( hmmm ini juga temen2 ngerumpi sekaligus partner bisnis juga yaaaa) http://achiocha.blogspot.com/
7. Mas Bams http://betigaklaten.wordpress.com/ (Teman berbagi cerita dan impian :)
8. http://mohamadrosihan.blogspot.com/ (salah satu mentor bisnis :)


Fyuuuuhhhh akhirnya selesai HOREEE....Udah tuntas yah Neng Yaya...


Yulia-Moz5 Salon Muslimah

Hari Jumat ini Moz5 Salon Cabang Palmerah, udah mulai buka loh. Running Test Dulu. Free loh! Coba kontak 0812 956 80 15 untuk info lebih lanjut.
Semalem aku ditraktir sama Mba Ina Sutan Di Plasa Senayan, asikkkk...kapan traktir lagi mba??

Friday, December 14, 2007

2007 : Catatan Aku dan TDA-ku

Alhamdulillah…
Perjalanan tahun 2007 ini begitu banyak membawa keberkahan, untuk aku pribadi, keluarga kecil kami dan keluarga besar kami.
Begitu banyak rahmat yang kami syukuri.
Spt biasa, Allah sangat bermurah kepada kami.
Meskipun harus banyak mengalami lika liku, semua berujung dengan pada rasa syukur. Memang tidak semua yang diinginkan dapat tercapai. Tapi saya yakin, itu semua pasti hanya penundaan. Menunggu saat yang tepat. Karena, toh hampir semua yang aku raih di tahun ini, merupakan perjuangan di waktu-waktu sebelumnya.
Misalnya...
Untuk bisnis deh. Alhamdulillah tahun ini moz5 mencatat beberapa prestasi. Diawali dengan buka cabang di bekasi di bulan mei, kemudian training center di bulan juli, bahkan di bulan desember ini kami punya dua agenda besar. 1 adalah perluasan moz5 margonda, mencaplok ruko sebelah untuk digandeng dengan existing spot. Mo di buat apa? Hmmm tunggu ya, akhir bulan ini insya allah kami siap melayani pelanggan dengan wajah baru :)

Dan...
Bulan desember ini moz5 Palmerah akan opening! Yap, moz5 buka cabang di Palmerah, Jakbar. Dan ini adalah program kemitraan moz5 yang pertama. Yess!! Moz5 going franchise. Untuk awal ini program kemitraan. Bermitra dengan Mba Widya Astuti, member TDA juga (sama-sama astuti :)

Akhirnya yah….
Program yang hampir basi, karena lama bgt gak kewujudan, akhirnya terlaksana juga. Semua berjalan lancar. Alhamdulillah. Hanya dengan menjawab 1 pertanyaan saja, semua mengalir begitu mudah. Yup 1 pertanyaan penting itu adalah “Apa Artinya Proyek Kemitraan Moz5 ini untuk aku???"
Selama ini, stucked, gak jalan-jalan, yah karena aku pribadi belum bisa menjawabnya. Kalo menjawab pake logika apalagi itung2an bisnis aja sih gampang. Tapi kalo musti menjawab dari hati??? Butuh perjalan panjang, butuh 2 proses untuk bisa menjawabnya. Dan aku berhasil menjawabnya!! Seolah-olah menjadi jawaban atas doa-doaku selama ini.

Apakah semata-mata demi uang? Apakah untuk ego? Apakah ini jalanku? Apa dreams aku atas moz5 ini? Apa sih yang sebenarnya aku cari? Ujungnya kemana sih? “Apa Artinya Proyek Kemitraan Moz5 ini untuk saya??? “

Itulah proses yang harus aku lewati. Mencari jawabannya. Dan disaat kutemukan jawabannya, akupun sudah siap menyambut perjalanan kemudian. Gak lupa, ini semua juga berkat dukungan dari banyak pihak. Yah keluarga, yah sahabat, dari semua deh..

Dan juga berkat kekuatan yang aku dapatkan dari Keluarga Besar TDA http://www.tangandiatas.com/. Khususnya teman-teman di mastermind, ada pak ronihttp://www.roniyuzirman.com/, pak agus http://www.agusalis.blogspot.com/, pak aris, dan pak iim http://www.iimrusyamsi.com/. Berkat dari pertemuan di mastermind ini juga, yang membuat aku semakin yakin, semakin termotivasi. Disini, kita berbagi keluhan, berbagi solusi, berbagi dreams, berbagi support. Saling mengingatkan, saling menginspirasi Thnx Gals. Walau satu-satunya yang paling cantik (ya iyalah, ce sendiri J ) aku gak mau kalah. Aku pun mau berprestasi. Hehe, karena tahun lalu, saat ingin bergabung dengan mastermind pak roni cs ini, aku sempet minder. Gak tau, walau selalu PD, kadang2 muncul juga minder ya. Waduh, bisa gak ya nyambung dengan mereka?“ Hehe, tapi ternyata setelah semakin hari semakin kenal, akhirnya aku sadar, semua juga sedang berproses, semua juga mengalami banyak kendala dan hambatan. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan justru dari kekurangan dan kelebihan masing-masing itulah, kita saling belajar. Kita saling menginspirasi satu sama lain. Kadang kala kami berdebat, saling ngotot, saling mencela. Tapi di lain kesempatan, kami juga saling menasihati, saling berbagi keprihatinan dan simpati. Saat pertama kali mastermind, suatu sore di ciganea, akupun menulis apa aja yang ingin aku capai dengan mastermind ini sebagai kendaraannya. Alhamdulillah, tepat 1 tahun kemudian (wah mastermind kita 1st anniversary) saat aku merenung kembali, hampir semua tercapai).

Sempat juga berbagi pada suatu sesi mastermind kami, di saat aku tidak mencapai apa yang aku perjuangkan. Tapi dengan dukungan semua, aku semakin yakin, bahwa itu adalah yang terbaik. Bahwa ada hikmah yang tersembunyi. Dan 7 bulan kemudian, terbukti bahwa ada Rencana Tuhan yang jauh lebih indah J

Belum lagi dari Mastermind GTF (Go To Freedom) dengan pak AR JUNAEDI <http://junaedi2010.blogspot.com/>, DORIS <http://dorisnasution.blogspot.com/>, dan mba YUNI, walau aku sendiri hanya 1 kali menghadirinya. Tapi saat itu kita sama-sama membuat visi misi, dan resolusi, hehehe, alhamdulillah itu juga tercapai (katanya semua member berhasil mencapainya loh
Fyuuh…

Ada juga 11 Digit, yang lagi-lagi memacu semangat dan adrenalin aku. Semangat kompetisi (eh salah deng, Koopetisi ya?) Bersemangat lagi untuk memperbaharui impian. Meningkatkan Quality of Dreams.

Toh, Di luar dari mastermind, yang indah adalah silaturahmi di TDA ini. Bagiku, bagi kami, TDA ini bukan milis, bukan komunitas, bukan basecamp. Tapi keluarga. Part of ourlife. Part of our Dreams. Disini lah kita berbagi, di sinilah kita belajar, bersinergi, dan dari sinilah, banyak perjalanan sukses kita di awali. Dengan cara yang ajaib. Berbagi dan berbagi. Dan hasilnya? Gak semata-mata kepentingan bisnis belaka, tapi kita juga dapat saudara-saudara, sahabat, yang tentunya tidak dapat dihitung dengan uang. TDA is My Family. Walau mungkin bisa dibilang pasif di milisnya, toh untuk kegiatan-kegiatan offline-nya aku cukup aktif. Apalagi yang mengikatkan talisilaturahmi. Hehe, gw banget tuh kalo yang namanya ngumpul2, dan mendengarkan sharing ilmu atau pengalaman. Maklum tipical offliner. Gak betah, duduk lama-lama di depan komputer, mantengin email. Haduhhhh. Tapi toh, aku gak mau ketinggalan kesempatan belajar dari teman-teman di TDA. Pak Wuryanano <http://wuryanano.blogspot.com/>, Cak Eko <http://cakeko.blogspot.com/> Mas Hendy Baba Rafi , Pak Hadi http://hadikuntoro.com/, Pak Rosihan<http://mohamadrosihan.blogspot.com/>, Pak Fauzi <http://fauzirachmanto.blogspot.com/>, dan masih ada sederetan teman-teman di TDA yang luar biasa yang ilmu2nya sering aku contek deh.


Urusan keluarga juga gak kalah seru deh di sepanjang tahun 2007. Ada winnings,ada konflik, ada joys, happiness. Sebagai ibu dan sebagai istri, ada banyak catatan sana sini. Ada kesalahan, ada kegagalan, tapi gak sedikit progress :) Apapun itu, semua berjalan menjadi lebih baik.

Wah banyak banget deh yang patut di syukuri di tahun 2007 ini, selain TDA, Bisnis, Keluarga. Mungkin segini dulu sharingku, ntar kita sambung lagi yaaaa...udah mulai gak betah nih duduk lama-lama hehe kumat.

Hmm...senangnya bisa berbagi. sssttt namanya juga Narsis, jadi yang dipejeng foto diri deh...hehe.

Yulia Astuti

Aku memang gak jago nulis serius hehe. Blog ini kerasa juga slenge'an. Tapiii... ga ada salahnya juga untuk Vote BLog ini di Ajang TDA Blogger Award http://roniyuzirman.com Vote Yulia Astuti, Vote Juga Jagoan2 anda!

Wednesday, December 12, 2007

SELF FACIAL

SELF FACIAL
Tips by Moz5 Salon Muslimah
Siapa bilang facial hanya dapat dilakukan di salon???
Andapun dapat melakukannya dengan sedikit usaha, ikuti urutan dibawah ini

1. CUCI wajah dengan teliti menggunakan sabun lembut/cream pembersih tergantung jenis kulit
2. BERSIHKAN wajah dengan menggunakan astrigen/toner untuk
menghilangkan residu dari sabun maupun kotoran-kotoran yang masih menempel
3. Beri NUTRISI pada wajah dengan memakai masker wajah. Hindari
daerah sekitar mata, dan RELAKS!!! Gunakan masker sesuai dengan kulit
wajah. Jangan terlalu banyak bicara atau menggerakan wajah.
4. BILAS wajah dengan menggunakan air hangat kuku dan lap hingga kering
5. STEAM wajah dengan menggunakan uap air panas untuk
mempersihkan pori-pori selama 15 menit. atau bisa juga dengan menggunakan handuk hangat yang ditempelkan pada wajah
6. BILAS lagi dengan menggunakan air hangat dan iringi dengan
air dingin, untuk menutup kembali pori-pori.
7. LEMBABKAN kulit dengan menggunakan pelembab wajah sambil
melakukan pijatan lembut, agar dapat meresap ke dalam kulit.
8. SENYUM!!! Anda kelihatan cantik sekali sekarang..

Monday, December 10, 2007

"Bahasa" Wanita VS Pria

Ngambek sama suami/pasangan?Pernah?
Aku sering!!
Gak peduli mo dibilang kekanak-kanakan. Sering aja pokoknya. Kalo udah gitu, komunikasi via sms. Curhat via sms. Ngomel via sms. Memaksakan suami yang gak suka, terpaksa jadi ikut2an sms-an juga. Hehe salah sendiri, cari gara-gara.

Semakin sms gak ditanggepin, semakin heboh ngambeknya hehe. Semakin cari gara-gara, hihihi (ayo ngacung yang sama spt aku!)
_
Tapiiii lama-lama….. capek ah marah sama suami. Cumeh!
Abis semakin kita diam, semakin kita membisu, boro-boro dia mo ngerti, mo minta maaf, karena yang ada dia semakin gak ngerti apa maunya kita! Hayah!
Sementara kitanya udah berlinangan air mata, sampe mata sembab segala, badan kurus kering *hiperbol mode on* eh eh dianya semakin bingung loh! Addduhhhh plisss dehhhhhhh!!!!!
Kalo kita jelasin sampe detailpun, alasan kenapa kita ngambek, kenapa kita sedih, dan kenapa kita merasa paling menderita sekalipun, dia cuman manggut-manggut aja tuh! Sambil sesekali bilang “ohh gitu toh. Ngomong dong”
hwaaaaaaaaaakssssss Grrrrrggghhhhhhhh GUK GUK AUMMMMM!! (nah luuu kok jadi srigala?)

Secara ya bo, kita udah 3 hari 3 malam di rundung derita, mendekap pilu nestapa, mata sembab dan berlingkaran hitam, kulit tanpak kusam dan kurang tidur segala...eh dianya gak ngerasa apa-apa loh! Ihhhhh..gimana gak mo marah coba ;) Walo udah baca buku-buku Jhon Gray, dan seri-seri komunikasi pasangan,teteppppp aja ya gak mau terima kalo digituin. Hehe.Ikhlas. Ikhlas...

Tapi itu dulu..jaman jahiliyah, haha
Sekarang? Aaaahhh ngapain ngambek2an segala. Rugi! Ntar kita nih, para istri, jadi cepet tua gara-gara sering ngambek dan sering mikir macem2 eh sementara suami2 kita malah tambah awet muda. Huwww

Mendingan juga kita hemat energi fisik dan mental kita dengan saling mengerti. Pengertian. Hehe basi ya? Tapi bener loh. Ini salah satu resep awet muda dan tetap cantik khusus para istri hehe. Selalu berupaya untuk memikirkan segalanya dari sudut pandang suami kita juga. Nah lebih cepat pula kita menyadari apa yang terjadi, dan lebih cepat juga ada penyelesaian. Biasanya sih, kalo kita mau sedikit mengerti, sedikit saja berusaha memandang dari posisi suami, kita akan jauh lebih toleran.

Daripada kita berusaha dia yang mengerti bahasa kita, bahasa perempuan, terutama bahasa PMS kita nih, *Bakalan capeeee dehhhhh :P* mendingan kitanya yang mulai menggunakan bahasa mereka. Setidaknya mengetahuilah cara berfikir pria. Memahami Bahasa pria dan yang penting nih, bahasa kasih pasangan kita. Suami kita.

Udah mahfum dong kalo para pria itu straight forward cara berpikirnya. Berdasarkan fakta aja. Gak berdasarkan perasaan. Itu udah secara biologis. Udah dari sonohnya. Bakal Cape aja kalo mo merubah cara berfikir mereka. Gampangnya gini, kalo kita gak kasih tau, mereka gak bakal tau. Mana bisa mereka menangkap isi hati kita kalo gak kita ungkapkan. Ungkapan popular para suami (suka ngeles), “Emang gw dukun!!!”

Seringkan kita berpikir, ih masa dia gak ngerasa sih kalo dia ingkar janji, masa dia gak ngerti sih kalo gw lagi ngambek, udah dari tadi gw gak ngomong apa-apa, masa gak tau sih?? Maaf ladies, kemungkinan besar mereka gak akan ngerasa. Huh dasar para pria gak punya perasaan!! *Uppsss maaf cuman bercanda (sekaligus nyindir) hehe. Mereka tidak akan tahu kalo gak dikasih tau!

Nah gampang kan kalo gitu. Yah ungkapin aja apa yang kita rasakan, apa juga yang kita harapkan. Kasih solusi juga. Time to Speak Up Girl!!

Misalnya: “ Mas aku gak suka kalo hari minggu gene, seharian cuman ngurusin mobil aja. Gimana kalo kalo kita sepakat, urusan mobil dikerjain di hari sabtu pagi saja? Hari minggu gini, kita spend waktu dengan keluarga? Sepakat dong..” Sambil pasang muka manisss (walau lagi gondok abbess) dan beri camilan serta minum kesukaannya kalo memang dia type pria yang suka dilayani. Atau sambil dipijet2 kalo memang dia pria yang bahasa kasihnya adalah sentuhan. Ciee.. udah kaya pakar aja gw!

Nah itu lebih baik. Jelas, lugas, dan ada pilihan solusi. Jauhhhh lebih baik ketimbang, kita seharian cemberut, melengos seharian kalo dipanggil, trs sambil berpikir, ih dia kok gak cinta ama keluarga sih, lebih cinta sama mobilnya? Hiks..hiks... Udah gitu pake gak ngerasa bersalah lagi. Gak merhatiin apa, gw udah tau cemberut aja, udah dieeem ajaaa kaya gene, kok diem aja seh huhuhuhuhuhu. Udah gak sayang lagi sama gw kali yaaa huhuhuhuhhu". *hayooo sapa yang ngerasa GW BANGET!!"

Btw, Buku-buku Jhon Gray sangat aku rekomendasikan untuk dibaca loh. Bagus deh.

Walo ehm..ehm...sebenarnya 3 hari yang lalu aku juga sempet ehmm ehmm ngambek juga hehehe. Jadi malu. Bodo ah. Sesekali melupakan bahasa pria gak papa lah ya. Kembali pake bahasa perempuan boleh dong. Hehe. Hidup Ngambek! (hihihi gawat nih, isinya provokasi doang)

Upss kembali serius. Nah untuk membina perasaan cinta kita, ada baiknya juga kita bicara dengan bahasa kasih spt yang udah aku singgung. Apaan tuh?? To be Continued ya.... ;;)

Yulia- Moz5 Salon Muslimah

Luangkan waktu sejenak

Udah mo akhir tahun lagi.
Semua orang udah sibuk nyiapin resolusi 2008. waks. Bahkan ada pr dari teman, 8 resolusi, hehehe. Maaf ya, belum dikerjain Prnya hehe.
Yang pasti kepingin menjadi yang lebih baik. Tentu. Tapi lebih baik yang seperti apa? Ada parameternya gak? Ada ukuran baik, lebih baik, terbaik?
Atau gak perlu pake satuan, parameter, apalagi alat ukur segala? Yang penting bikin resolusi dulu. Hehe

Harus ya?

Halah ini lebih parah lagi kalo masih pake kata “harus ya?” walau gak bisa dipungkiri, setidaknya masih kritis, masih mempertanyakan, ketimbang ikut-ikutan tanpa mengetahui maksut dan tujuannya toh? Hehe.

Loh, kenapa juga gak beresolusi? Moment yang sangat pas. Walaupun untuk beresolusi, sejatinya, gak perlu nunggu akhir tahun, gak perlu nunggu pergantian masa toh?
Resolusi juga sebuah doa. Resolusi juga sebuah pengharapan. Resolusi juga Law of Attraction.

So, be careful with your resolution.
Memang, sejatinya, resolusi di buat simple aja. Ini Kata para Ahli loh. (Ahli apa ya? Emang ada gitu Ahli Resolusi?)
Yang terlalu beragam juga kadang membingungkan, malahan katanya sih gak focus. Bikin yang simple, jangan terlalu muluk-muluk. Bertentangan juga dengan ilmu LoA dong.

Apapun itu, Yuk, luangkan waktu sejenak. Gunakan moment akhir tahun ini sebagai moment refleksi diri. Perenungan perjalanan kita. Sudahkah menuju kepada Jalan Yang Benar? Hehe.

silakan..

Yulia- Moz5 Salon Muslimah

Thursday, December 6, 2007

Pelanggan & Rezeki

Apa yang ada dibenak para frontliner ini setelah bertindak seenaknya aja terhadap pembeli/pelanggan ya?
Merasa puas? Kalau sampai mereka bisa dengan entengnya membentak2 atau pasang sikap jutek kepada pelanggan yang singgah di tempatnya?
Hmm kalo sampai begitu, yang salah sapa?
Yang berangkutan atau owner usaha tersebut yang kurang membimbing karyawannya?

Hehe lagi sewot.

Pernah nih, aku dibentak2 di depan umum, pada saat mengurus Phone Banking di sebuah Bank Swasta Terkenal. Beberapa waktu silam. Dimarahin bo’ Hanya karena aku minta kepastian, sebenarnya aku harus urus di mana sih? Udah 3 kali bolak balik, pertama 2 kali ke Bank asal tempat aku membuka rekening, untuk kemudian di oper ke Cabang Utama. Padhal untuk ke sana, aku yang masih bekerja di sebuah pabrik di cengkareng sana, harus ijin jauh-jauh hari, harus meninggalkan pekerjaan dan memastikan pekerjaanku di delegasikan kepada orang yang tepat. Nah, setelah 3 kali dipimpong sana sini, wajar dong aku bertanya juga kepada CS-nya “mba di mana sih sebenernya saya mau urus aktifasi phone banking saya?” tau gak apa jawab si CSnya?

“Kamu ini hanya ngabis2in waktu saya aja sih. Kenapa juga kamu gak balik aja di tempat kamu buka rekening, di sana juga bisa ngapain ke sini segala!!’

Ckckckcck arogan bgt. Speechless deh.

Ada lagi kejadian lain. Belum lama ini. Waktu itu lagi nunggu sopir menjemput aku di kawasan perbelanjaan di jakarta pusat. Jam 6an sore kan lagi macet2nya. AKu udah pengen cepet pulang, tapi perut keroncongan, nyadar kalo kelupaan makan siang. Halah. Yah udah cepet2 ke kantin di hypermarketnya. Walo aku tau, ih makanan di situ kan yah minim rasa deh, hehe. Tapi daripada laper.

Mau mesen soto betawinya, di jawab, "Mba ga ada kuahnya…mau kering aja?" Bujug dah…namanya juga soto kudu ada kuahnya dunk..
Mau mesen bakso, di jawab, "Mba udah tinggal mie dan kuahnya…mau gak?" Hayyah…mana seru makan bakso tanpa bakso hweee
Akhirnya aku ambil nasi goreng aja deh…(jangan sampe di jawab, Mba abis nasinya, tinggal gorengnya..mau gak? Hihihhihii)

Nasi goreng dingin, tanpa telor dadar, huhuhu…
Di tempat sendok garpu yang biasanya ada saos dan kecap, ini gak ada tuh saos sambalnya

Masa nasi goreng gak pake acar gak pake saos sambel. Kan ga enak…
Kembali dong ke tempat aku memesan.
"Mba bagi saosnya dong…"
"Ambil aja tuh di tempat sendok.."
"Gak ada mba…"
"Ada kok, masa ga ada sih.Gak mungkin banget"
"Bener mba.."
"Gak mungkin ga ada, pasti ada"
*dooohh plis deh aaaahhhh*

Dia melongok ke arah tempat saos yang dia maksudkan. Memanjangkan lehernya. Sejurus kemudian, membalik badan meninggalkan aku. Dibiarkannya aku Lama terdiam, dan sepertinya dia sibuk dengan pekerjaannya semula.

Ya sut, balik ke mejaku semula. Maksain makan deh daripada kembung. Hiks, segini terjajahnya yah kita sebagai konsumen.

Lagi memaksakan diri makan, gak lama, si mba tadi mengantarkan satu mangkok (bakso) penuh berisi saos sambal. Dan segera membalikkan badan. Aku panggil dong, "Mba tunggu!! Saya hanya perlu 2 sendok" dan menyerahkan tuh mangkok untuk diambil kembali. Di jawab apa?

"Gak usah, itu semua untuk mba!!!"

Masa aku makan 1 piring nasi dengan 1 mangkok saos sih?? Yang bener aja.. ckckckck jutek bgt sih..
Ya udah kulanjutkan makan. Gak sabar. Karena ada niat jahil.
Selesai makan, aku samperin tuh konter si mba.

"Mba, ada kantong plastik ga?"
"Untuk apa?"
"Itu untuk bungkus saos sambelnya. Sayang kalo sisa mau saya bawa pulang."
"Tapi itu gak boleh dibawa pulang"
"Lho tapi kan itu untuk saya katanya…suka-suka dong"

Hehe, akhirnya si mba menyerahkan kantong plastik,sambil cemberut manyun. yang buru2 aku isi dengan saos sambel hehehe…lumayan deh buat di rumah, walo niatnya sih untuk ngejahilin aja. ABis jutek bgt . Daripada kita jadi BT kan mendingan kita jail aja, biar dia yang BT, kekekekekssss....

Ini sapa yang salah sih? Bawaan mereka dari sononya jutek, atau perusahaan yang gak mentraining para frontliner. Atau jangan2 ownernya emang jutek abes. Loh iya toh, perilaku karyawan kita menunjukkan perilaku ownernya.

Baru kemarin siang aku beli gayung di A***mart, harga yang di rak dengan harga yang dikasir selisih 4 rb.Lumayan dong, secara cuman gayung doang. Apalagi tuh gayung mo dipake gara2 aku mo ke tempat yang aku tau gayung di toiletnya kotor banget. Hehe namanya juga perempuan. Saat ku bilang "Mba kok harganya beda dengan yang di rak?
Di jawab "aduh liat sendiri deh mba di rak sana, buktiin aja sapa yang benar“ dengan wajah cemberut.

Loh loh aku kan nanya gitu aja? jawabnya kok gak bersahabat. malahan nantangin.

Akhirnya aku kembali ke tempatnya semula. Dan menemukan fakta, memang harga yang di rak salah tulis (nah loh! bisa gitu?). Gak penting sapa benar salah, tapi aku gak mo beli gayung yang di rak harganya 4rban, kenapa di kasir jadi 9rban. Kesannya menjebak. Mungkin ada kesalahan prosedur, tapi yang jadi concern aku adalah, Kenapa yah para frontliner ini bisa dengan mudahnya ketus dengan pelanggan? Bukannya bersikap membantu, malah kesannya memusuhi. Selesai transaksipun, boro-boro ada salam perpisahan yang sangat standar spt “Terimakasih”

Hari gene jutek sama pelanggan?? Basi ah!
Persaingan semakin ketat, apalagi untuk model2 ritel gitu, dikit2 ada A***mart, ada I***mart, kok masih ya kaya gitu. Sementara trendnya sekarang adalah menciptakan emotional experience dengan pelanggan. Bagaimana pelanggan bisa punya ikatan emosi dengan kita.

Eh ini juga ada emotional experience-nya juga sih, tapi lebih ke emosi jiwa mo marah-marah hehe.

Sampe-sampe suamiku keceplosan bilang, "kayanya dek, sering bgt sih ngalamin kaya gt. Aku gak pernah tuh digituin”

Ihhh maksudnya apa tuh??

Langsung aja aku jawab, "karena aku punya usaha, jasa lagi. Jadi nya aku lebih “ngeh” mas. Lagian, berpikir positif aja, aku sering ngalamin kejadian seperti ini supaya aku belajar. Jangan sampe, kita memperlakukan hal yang sama kepada pelanggan kita seperti itu. Peringatan buat aku. Mendingan aku yang ngalamin sendiri kaya gini, ketimbang pelanggan kita yang digituin di tempat kita"

Belom lagi supermarket-supermarket sekelas H**O. Yang aku perhatiin setiap kali belanja di sana selalu ngotot minta uang pas. Kalopun ga ada, seringkali cashiernya bilang “ada uang 2500 ga?” Ada uang 500Rp gal? Yang mau gak mau membuat kita merogoh2 dompet lagi mencari uang recehan. Pernah suatu waktu aku antri di kasir, ibu-ibu di depan aku gak ada uang pas. Padahal belanja 17 rb, dan membayar dengan uang 20rb. Eh si kasir ngotot minta pake uang pas loh! Pas di bilang ga ada, si kasir minta si ibu itu menukarkan uangnya di kasir sebelah. What????????
Malah toko-toko roti sekelas B***talk juga selalu minta uang pas. Walau ga ada paksaan, tapi sering kali aku diminta “pake uang pas aja bu” Padahal konsepnya Bakery Boutique tapi kok ngembaliin uang aja gak mo repot.

Ini fenomena apa sih? Hehe. Fenomena, para kasir gak mau repot kali ya. Males ngitung-ngitung uang kembalian. Atau tangannya suka pada keseleo? Hehe. Di salon aja, selalu rutin menukarkan uang recehan, seribuan, limaribuan, dan recehan. Seringnya tukar di pom bensin. Atau di bank. Agar gak perlu minta-minta uang pas segala kepada pelanggan kita.

Walaupun gak sedikit loh, pelayanan-pelayanan istimewa kita dapatkan. Mungkin lain waktu bisa disharing juga. Pelayanan bank-bank juga sekarang sudah ada peningkatan ya? Bank yang tadi aku ceritakan, juga udah jauh lebih ramah. Bagus lah. Udah Insyaf :P

Pelanggan memang bukan raja. Tapi kelangsungan usaha kita, masih bergantung kepada pelanggan juga. Saat Kustomer datang, pintu rejeki kita di buka. Jangan sombong, jangan arogan dengan pelanggan. Supaya pintu rezeki kita tetap terbuka lebar-lebar. *ih apa seh??*

Sekedar sharing di pagi hari.

Yulia- Moz5 Salon Muslimah

Tuesday, December 4, 2007

Bersahabat dengan Om Google

Seneng bgt bisa online lagi, setelah bbrp hari jaringan speedy di rumah, ntah kenapa kok ngaco bgt. Pdhal aku udah rutin membayar tagihan speedy via M Banking. Kalo udah gini kerasa keganggu juga. Bukan apa-apa, aktifitas berinternet dirumah lumayan tinggi. Buat aku dan anakku, caca. Coz, salah satu aktifitas favorit kita di rumah, nengokin Om Google (OG). Kan perlu apa-apa tinggal Tanya ama OG.

Apalagi si caca.. kebanyakan pr-nya dibantuin OG ini. Lagi ada tugas ngumpulin cerita ttg 25 Rasul, tinggal Tanya. Ada tugas science ngumpulin gambar binatang berkaki empat di tinggal cari di OG Picture. Mau tukeran kertas surat dengan sahabat di sekolah (eh eh, ternyata anak-anakjaman sekarang juga sama kaya kita ya, tukeran kertas surat, loosefile paper J ) dia tinggal cari di google picture tinggal masukkin kata sesuai dengan karakter yang dia inginkan, ada pooh, naruto, strawberry, princess, dll.

Kalau Ayahnya, yang memang udah jadi sahabat OG sejak jaman dahulu. Hihi. Justru dari beliau kita jadi akrab ama OG. Mau cari biro travel murah, mo cari AC murah, sampe barang-barang aneh. Dia emang suka ber-cyber shopping (eh apa ya istilah untuk belanja-belanji di internet?) sampe dapetin e-book gratis. E-book how to establish salon dari Alan Pro juga aku pernah dikasih beliau hasil print-an yang segepok itu. Bahkan waktu pertama kali mo mudik ke solo naik mobil bbrp tahun silam, beliau juga dapet banyak alternative rute hasil diskusi2 di banyak milis. Itu semua berkat nanya sama OG. Benar kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan. *oppoooo thoooo*

Trs sejak ada google earth, dia juga jadi rajin melototin daerah-daerah di pelosok mana aja. Dan setiap pulang dinas dari daerah, pasti deh, sharing ke kita2 dan kasih liat posisi geografisnya di Google Earth. Wah coba waktu jaman kita dulu sekolah SD, udah akrab dengan internet, pasti belajar geografi jauh lebih menyenangkan bersama Google Earth, ketimbang buka-buka ATLAS.

Pengalaman aku gak kalah seru. Mo beli papan GRC di matrial aja (untuk renovasi salon), mencari info seputar GRC dulu di OG, dalam hitungan detik kan langsung dapet data lengkap. Begitu juga mencari info Cat Exterior yang paling ok, keramik, granit, dll. Mulai dari Spec product, kisaran harga, sampai toko matrial terdekat dengan salon yang menjual dengan harga sangat miring, hihi.
Pernah lagi di suatu waktu, aku kesangkut di sebuah toko elektronik, aku ketemu alat yang oke bgt untuk salon. *ga perlu di kasih tau dong alat apa itu, sok-sok menjaga privasi perusahaan* tapi karena buta bgt ttg alat tsb, sambil tanya harga, aku juga sempet2in deh nanya sama OG via hp-ku. Thx to Sony Ericcson. Sretttt bererot deh info seputar alat tsb. Eh, eh, malah dapet harga yang sangat murah, di salah satu webstore local. Buru-buru pesan, bayar via M banking. Dan cabut dari toko offline tempat aku nyangkut tadi. Malemnya sampe rumah, tuh alat udah sampai duluan. Hehe. Hampir semua supplier urusan salon dan rumah, kami dapatkan berkat OG ini. Mo cari dokter anak, dokter spesialis, mencari nama anak yang bagus, ruko di sewakan, peralatan second, sampe pembuat lulur, aku dapetin di sini.

Walo kadang latah juga. Masa si kiya mo imunisasi, aku cari jdwal imunisasinya di OM sih, padhal
kan aku udah hafal jdwal, malahan kalopun lupa, kan di buku medical record jelas2 terpampang tuh. Hehe, piye iki?

OG juga bagus untuk dijadikan kampus belajar yah. Lagi pusing mikirin rebranding, yah tinggal masukkin kata kunci, langsung dapet banyak referensi bacaan-bacaan bermutu. Lagi corncern masalah apa aja, tinggal ngadu deh sama si OG ini, nanti beliau akan kasih banyak referensi masukkan-masukkan. Paling sering sih, aku bertanya seputar trend terbaru di bidang wellness and beauty, sesuai dengan core biz aku. Ttg alternative healing, ttg acupressure, reflexy, trend hair styling dunia, ttg apa ajalah. Mau menciptakan jenis pelayanan baru, aku cari ide dan cari referensi di sana. Kita bisa tau apa aja yang sering di cari para perempuan, apa aja yang sedang jadi omongan mereka, keluhan-keluhan mereka akan pelayanan salon, dll deh. Juga, belajar ttg tokoh-tokoh sukses dunia dan nasional lagi-lagi berkat OG.

Urusan di rumah, waktu caca lagi kena bisul, aku buru-buru masukkin keyword Penyebab Bisul, langsung dalam hitungan detik, aku jadi tau tuh, kalo bisul gak melulu disebabkan karena kebanyakan makan telor (spt yang sering kita dengar) hehe. Mau masak sesuatu tapi gak tau resepnya? Yah itu sih jaman dulu. Sekarang resep apa aja bisa aku dapetin tuh. Gak cuman resep doang, tapi lengkap dengan tips-tipsnya. Seperti tips buat pancake yang renyah tapi lembut, hehe. Hmmmm dingin2 gini, kepengen pancake coklat keju.

Oiya kita bahkan bisa mencari teman lama, kita bisa menulusi jejaknya dengan memasukkan Nama orang yang kita cari. Spt yang dilakukan oleh yuko, sahabatku dulu di jepang, yang kita hilang kontak bertahun-tahun, akhirnya malahan ketemu lagi gara-gara dia nanya sama OG dan dapet link ke blog aku. Trs dapet deh no HP-ku.

Gettoooo deh kira-kira kenapa kami sekeluarga akrab bgt sama Om Google. Sampe si kiya yang masih 2 tahun juga ikut-ikut sok akrab, hehe sibuk gangguin maksudnya. Setiap kali aku duduk di depan computer, dia pasti gak mau kalah sibuk beraksi! Lebih heboh malahan. Coba aja simak nih foto-fotonya. Ini juga salah satu alasan aku susah untuk online lama-lama kalo di rumah. Yang pasti sih, dia gak rela lah kalo aku lebih asik di depan komputer. Ya iyalah, jelas-jelas, kiya jauh lebih lucu. makanya kalo mo kerja, mendingan aku keluar rumah, cari tempat lain.



kalau di larang, wah dia bisa lebih galak...






Hancur dah tuh keyboard...

Halaaaah kalo udah kaya gini, Om Google juga dicuekkin deh, mendingan main dengan kiya!!

Thursday, November 29, 2007

Kampanye Nih



wah telat nih mau kampanye. hehe. sebagian teman blogger lain udah pada kampanye kayanya. Sebenernya, aku gak gt suka ikut kontes-kontesan. Tapi kalo lomba pidato, lomba apaalah sih seneng2 aja. Berhubung sudah masuk nominasi babak kedua, ya udahlah kita selesaikan dengan baik hehe. Maksute, dengan penuh kemenangan, hwahahahaa.
ih ngomongin apaan? itu loh ttg kontes blog favorite yang diadain sama jendral TDA, pak roni yuzirman http://roniyuzirman.com/ jadi klik di sini http://roniyuzirman.com/ untuk vote saya! hehe. Itu juga kalau merasa mendapatkan manfaat dengan membaca blog ini. nih nominatornya :
1. Iim Rusyamsi
2. Agus Ali
3. Yulia Astuti
4. Hadi Kuntoro
5. Faif Yusuf
6. Wuryanano
7. Doris Nasution
8. AR Junaedi
9. M Abduh
10. Eko Junaedi
11. Ipul Anwar
12. Fauzi Rachmanto
13. Adib Munajib
14. Bambang Triwoko
15. Mohamad Rosihan
16. Ronny FR
Wah bakal warna warni soale yang aku warnain semua favorit aku, tapi aku juga menjagokan pak Fauzi, pak Hadi, dan pak Rosihan...aduh gimana dong...binun...ini sebenernya mo kampanye gak sih? hehe

hihi mejeng dulu ah... boleh dong di blog sendiri kok..

Ya udah jangan lupa Vote YULIA ASTUTI. Vote AGUS ALI.Vote juga IIM RUSYAMSI. Vote DORIS NASUTION. Vote WURYANANO. Vote AR JUNAEDI. halahhhh banyak yah. Ya udah kalo gak mo repot, Vote Yulia Astuti aja dulu kaleeee....
Udah ah, pagi2 udah eror. Hari ini cerah bgt, aku semangat mau menyelesaikan tugas hari ini.
Yulia-Moz5 Salon Muslimah

BASAH Ohh BASAH


Ket : Dengan bbrp Boss Jepang


Aku juga pernah jadi TDB lho. Iya, pernah ngerasain kok, lama juga 6 tahun hehe. Dan diantaranya 2,5 tahun adalah masa-masa amphibi. Jadi yah masih inget banget lah masa berTDB dan AMPHIBI ria-nya.
Walau sekarang udah full TDA, sekarang kehidupanku jauh lebih baik, aku gak pernah nyesel tuh TDB, justru di TDB dulu itu aku belajar banyak bgt, terutama ttg management, quality (Control), Project Management, sampai urusan disiplin, dll. Jabatanku juga gak jelek2 amat lah, waktu resign adalah Asistant Plant Manager di sebuah Perusahaan Manufacture Jepang. Asli kerja di pabrik, hehe. Kerjanya ngapain aja? Yah semuah dikerjain lah. Mo ngecek mesin kek, mo ngecek laporan kek, mitang miting, segala macem yang urusan pabrik. Maklum Kembang Pabrik, hwahahaha. Gimana gak ngaku2 kembang pabrik di jajaran managerial pabrik, yang perempuan itu cuman aku dan seorang ibu senior bgt yang udah puluhan tahun kerja di pabrik itu. Selebihnya, co alias bapak-bapak semua. Jadilah aku salah satu diantara yang paling cantik di sana ;)

Nah, waktu itu aku satu ruangan dengan seorang expat jepang senior. Duh, Nih BigBoss super galak bo. Kerjanya seharian cuman bentak2 semua orang di pabrik sambil banting2 telpon, dan trs main games! Tapi berhubung dia Konsultan Senior dan emang pinter bgt, gak ada yang berani lah sama dia. Dibenci semua orang, tapi herannya kalo ada masalah atau ada project semua pasti akan menghadap beliau minta arahan hehe. Galak-galak gitu, begitu beliau selalu baik dan sopan dengan aku.

Perusahaan yang bergerak di produksi alat tulis ini aslinya adalah perusahaan lokal yang sudah puluhan tahun dan terkenal di indo. Kemudian awal 2000, sebagian besar kepemilikan saham dikuasai oleh perusahaan alat tulis ternama dari negeri asal selimut dagangan pak hadi hehe. Ternyata bukan saja secara struktur organisasi di level TOP MANAGEMENT aja yang mengalami perubahan, pada kultur perusahaanpun tiba2 dipaksakan harus berubah. Kondisi yang sudah puluhan tahun berjalan, harus mengalami perombakan ekstrim di sana sini. Di masa-masa inilah aku bergabung. Dan perjalanan itu di mulai...

Para Ahli dari HO Jepang sana, di datangkan, menyebar, gak cuman di management tapi juga di pabrik. Posisi-posisi strategis ditempati mereka. Nah masalahnya, mereka yang semangat untuk menjalankan TQM ala negeri Samurai sana gak liat-liat sikon dulu. Gak liat warisan Budaya Perusahaan yang sudah turun temurun :) Mau rombak-rombak aja. Yah tentunya ada friksi dong. Gak semua orang nyaman akan perubahan, apalagi pada level bawah di pabrik yang notabene secara akademis juga sangat rendah. Mu gak mau pendidikan mempengaruhi cara berfikir juga ya..

Gini deh gampangnya. Ada satu manager expat yang sangat gemar ama laporan. Semua orang di suruh bikin laporan. Gak tanggung2 laporan tertulis tiap jam!! Si operator sampai level supervisor kan gak terbiasa tuh dgn hal yang berbau2 tulisan. Lha nulis nama sendiri aja masih keriting garing. Wong Managernya aja gak ngerti ttg laporan pelaporan :) . Belum lagi harus tulis komen dan kesan pesan hari itu, hahaha khas orang jepang bgt deh. Lah orang kita?? KAGA GABRUKKK DAHHHHH. Mana gak pake sosialisasi segala lagi, pokoknya langsung turun instruksi, nah kalo ga ada yang nulis, ntar ngamuk2 deh.
Aku aja ketiban tugas bikin laporan perJam segala loh. Padhal jelas-jelas beliau bukan atasan aku.

Aku ngerti maksud serta tujuan laporan tertulis tsb sih. Agar segala sesuatu ter-record. Ada laporan tertulis. Sehingga, kalau ada troble, bisa lebih cepat diketahui sebabnya, berdasarkan laporan tersebut. Sekalian bisa untuk Cross Check. Karena kan sebenarnya dari mesin2 tsb juga bisa terlacak sih kegiatan per-jamnya.

Sedangkan dari pihak operator dan suvervisor tsb, mereka merasa laporan ini sangat sangat mengganggu kerjanya. Bikin ribet aja, pemikiran mereka. Maklum gak biasa tulis menulis kan? Mereka juga merasa dimata-matai. Merasa dicurigai.

Jadi semakin si expat ini ngamuk-ngamuk, semakin ngotot mereka untuk melawan. Belum lagi kadang2 manager lokal sendiri gak ada kerjasamanya, malah kadang ikut2an jadi provokator against expat jepang. Maklum mereka sendiri mungkin merasa posisinya terancam. Yah klise lah, tidak semua orang mengingkan perubahan. Kondisi yang sudah bertahun-tahun adalah confort zone. Pada saatnya harus berubah, semua merasa terancam. Dan yang biasanya terjadi, penolakan dan resistensi.

Kadang lagi pas ada Masalah. Pasti si pihak jepang ini melakukan investigasi, kenapa hal ini bisa terjadi. Dan pihak lapangan seringkali tidak kooperatif. Mereka justru malah menutup-nutupi keadaan yang sebenarnya. Saling melempar kesalahan. Trs parahnya omongannya tuh setiap detik berubah. OMG! Padahal si jepang ini merasa perlu menyelidiki penyebabnya, agar bisa diambil solusi. Dan juga bisa melakukan pencegahan, agar hal tsb tidak terjadi lagi dikemudian hari. Bener juga. Tapi yah itu orang kitanya gak mau disalahin, dan malah memperkeruh keadaan. Mesin gak kelar2 di betulin, produksi terhambat, dan akhirnya kena penalti. Gak dikit juga yang terpaksa dikeluarkan, alias di PHK.

Belum lagi untuk urusan Quality Control, wuihhhhhh ketat bgt bo. Aku belajar SOP QC di semua proses. Hmm gak heran deh produk jepang emang kualitasnya Pancen OYE!

Sampai pernah loh di suatu masa, di sana terjadi mogok kerja 7 kali dalam setahun. Sampe beberapa kali masuk tayangan tv swasta hehe. Malu2in yah. Kalau udah gitu, pabrik di liburin, dan dari serikat pekerja juga bawa-bawa pengacara segala loh. Pokoknya suasananya panas deh. Dan, posisiku terjepit di antara keduanya. Posisi aku sebenarnya adalah sebagai mediator ke dua belah pihak yah. Namun seringkali, posisi ku saat itu terkesan lebih memihak si jepang, antek2nya jepang hahahaha. Karena aku lebih banyak bekerja dengan mereka, teman curhat mereka juga, ngurusin mereka juga.

ADa juga yang lucu nih. Ada Expats yang super galaaaaaakkkkkk bgt. Saking galaknya, kalo mau minta tolong, atau ada kesalahan, pasti deh gak ada yang berani menghadap Oknum galak tsb. Jangankan Manager Lokal, Para Expat gitu aja takut kok. Kalau udah gitu, aku deh ketiban tugas diutus menghadap beliau Karena, ehmmm Si Oknum ini sangat manis dan sopan sekali sama aku. Mungkin karena aku perempuan, trs berjilbab pula, gak tega mo ngamuk2 ke aku ya Haha!

Wah serulah.

Dalam keseharian aku kerjapun, gak pernah tenang duduk anteng manis di kursi. Selalu tiba2 ada panggilan ke mesin injection, mesin inking, ada panggilan management meeting, production meeting, ISO meeting (ihh meeting mulu yak!) trs juga musti nyelesain laporan target, dikejar-kejar MSDS lah, halahhh semua dikerjain. Kurus kurus deh!!

Apalagi kalo lagi perang sama orang marketing hehe. Ribut-ribut dahhh. Kesannya ada dua kubu, PRODUCTION dan MARKETING. Sering kali masalahnya adalah, pihak marketing sudah merasa berupaya melakukan tugasnya, memberikan order sebesar2nya, eh produksi keteteran. Di lain waktu, produksi udah gencar, effort udah abis-abisan, eh penjualan melempem. Nah kalo udah begitu saling menyalahkan kedua belah pihak. Pihak marketing klaim, Bag Produksi gak becus bikin produk. Sebaliknya, bag Produksi klaim, Marketing gak bisa kerja!

Padahal coba kalo kita semua mau berkerja sama, saling bersinergi, tentunya akan sangat indah ya!

Belum lagi masalah disiplin. Tiba-tiba muncul peraturan, gak boleh dandan di tempat kerja! Trs muncul gak boleh makan di rruangan kerja, gak cuman di pabrik doang, di office juga. Gak boleh ini, gak boleh itu. Terlambat sepersekian detik, jatah bonus tahunan dikurangin.
Mo cuti haid aja, maaf nih ya, ybs harus menunjukkan darah haidnya di hadapan suster di klinik. Wah. Wah. Kayanya gak berperi gitu loh. Dan sering kali aku kebagian tugas untuk mensosialisasikan peraturan2 tsb.

Toh, keadaan gak selamanya buruk. Lambat laun, setelah berproses, kita semua belajar. Kita semua mulai sadar kesalahan masing-masing, dan yang indah, mau belajar dari keadaan yang sudah-sudah. Lambat laun, komunikasi mulai terbentuk, kerja juga lebih solid, semua pihak pun mau saling mendengarkan. Kadang adalah ribut-ribut, tapi itu biasalah. Dan mulai gak ada front JEPANG VS LOKAL. Gak ada lagi issue kebangsaan.

Wah dari proses ke proses itulah aku banyak sekali belajar. Yang aku yakin bgt itulah yang jadi bekal aku juga dalam berTDA sekarang. Dari saling berinteraksi, berkomunikasi, dari building sistem, building problem solution, building trust, set goals, dll. Justru pada saat ada friksi-friksi tersebut kita jadi harus super bijaksana menyikapi keadaan yah. Aku merasa aku masuk di saat yang tepat.

Para Boss itu gak sadar aja. Selagi aku tekun bekerja (eh aku rajin dan sungguh-sungguh dalam bekerja loh ;) aku juga merintis usaha, hehe. Cukup 2,5 thn saja berAmphibi. Hingga saatnya tiba, aku memutuskan resign. Terperangahlah semua. Dipikirnya aku berambisi membina karir-ku di sana kali ya? Hmm cukup sampai situ aja deh, karena aku harus memulai perjalanan yang lebih jauh lagi walau kadang, kangen dengan masa-masa TDB. Maksute kangen nerima bonus nerima kenaikan gaji, hehe. Trs juga, dulu setiap ada expat yang mudik ke jepang, aku pasti kebagian oleh-oleh. Ntah itu parfum, aksesoris, tas, kosmetik, kimono, macem2 lah. Lumayan.

Aku juga pernah sharing ttg masa-masa dulu berAmphibi ria, bisa klik http://yulia-ku.blogspot.com/2007_04_01_archive.html

btw, apa hubungannya judul dengan isi tulisan ini ya?? hehe, suka-suka ah!!

Yulia-Moz5 Salon Muslimah

Wednesday, November 28, 2007

Psikologi Warna



Sebagai sanguin berat, aku suka sekali dengan warna! Hampir susah kalo harus milih warna favoritku apa. Lah aku pecinta semua warna. Sampe-sampe salonku warna warni :) tapi kalo diliat keseharian sih, warna2 spt pink, merah, dan warna cream/beige sangat mendominasi. Apalagi untuk jilbab. Kayanya koleksi warnanya cuman, pink, pink, krem, dan krem. Habis cuman dua warna itu aja yang kayanya sreg dan matching di wajahku. hehe. ketauan deh rahasia diri.
btw, jangan remehkan kekuatan warna loh. Psikologi warna istilah kerennya. Eits bener. Warna2 bisa menunjukkan karakter. Makanya jangan asal. Apalagi untuk usaha kita. Nih kalo mo tau ttg psikologi warna. (aku punya beberapa buku untuk referensi seputar warna, diantaranya seri COLOR HARMONY

MERAH
Wuihhhh warna yang melambangkan nafsu, agresi, dan semangat *HOT*. Juga melambangkan produktifitas dan keberanian Warna yang secara instan dapat mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkantekanan darah dan mempercepat pernafasan. Hmm warna ini sangat disukai kaum muda. Juga dikenal dengan warna hati..
Khusus warna Pink Warna ini melambangkan romantisme dan feminim. Warna pink mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, ngeGEMESIN dan jenaka makuste lucu abis. Berarti FUN dong! dan yang pasti cerah abis! HIDUP PINKY! YES!
Sedangkan warna merah tua sangat identik dengan warna aristokrat.
Merah dikombinakan dengan Hijau, maka akan menjadi simbol Natal.Merah jika dikombinasikan denga Putih, akan mempunyai arti 'bahagia' di budaya Oriental.

BIRU
Warna langit dan laut ini melambangkan ketenangan, seperti halnya warna hijau. Tapi jangan salah, warna biru juga melambangkan kekuatan, warna kedua setelah merah loh untuk kekuatan. Secara keseluruhan warna ini melambangkan Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan.
Biru Tua :Warna ini melambangkan perasaan yangmendalam. Sifatnya : Konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif.Banyak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan 'kepercayaan' Bahkan pada salah satu sesi training di action coach, disarankan untuk menggunakan setelan warna biru tua pada saat presentasi ataupun negosiasi, supaya bisa cepat closing, hehe.2.
Sedangkan warna biru terang melambangkan jiwa muda dan sporty!
HIJAU
Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan, perdamaian. Juga melambangkan keteduhan loh. Warna daun dan rumput ini juga bisa menyegarkan suasana hati di saat lelah. Hijau tua sangat berkaitan dengan ketenangan seperti warna hutan yang sangat lebat. Sebaliknya warna hijau terang melambangkan kesuburan dan kecemburuan. Warna ini melambangkan adanya suatukeinginan, ketabahan dan kekerasan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa.
Warna ini mempunyai sifat : meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain. Orang yangmenyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain. Katanya sih, Warna Hijau tidak terlalu 'sukses' untuk ukuran Global. Di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan.Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai, bahkan warna ini identik dengan warna islam. Hehe, lagian gak heran kalau di Tim Teng warna ini disukai lah wong disana banyak gurun pasir yang terik begitu Warna hijau kan melambangkan kesejukan dan kesuburan dari pepohonan
KUNING
Warna ini melambangkan kegembiraan dan warna kehidupan. Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan *waduh ati2 tuh Yellow Lover*. Juga Melambangkan warna matahari terbit juga loh. Karena warna ini juga sangat bersemangat, sehingga efeknya kita mudah lelah juga kalo terlalu didominasi warna ini. Warna ini mempunyai sifat : Leluasa dansantai, senang menunda-nunda masalah. Berubah- ubah tapi penuh harapan,mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi. Katanya seh, penambah selera makanan juga bila dikombinasikan warna merah. Gak Heran banyak sekali Restoran Fast Food menggunakan kombinasi kedua warna tsb.
Btw, sebagai Alumni UI, tetep dong YELLOW LEAD BETTER ;) *haduhhh inget bis kuning di kampus dulu*
UNGU
Warna yang melambangkan kebangsawanan *woww warna ningrat bo'*. Spiritual, Misteri, Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan. Warna ini adalah campuran warna merahdan biru yang melambangkan sifatGempuran Keras yang dilambangkan olehwarna biru. Perpaduan antara keintimandan erotis atau menjurus pengertian yangmendalam dan peka. Sifatnya sedikitkurang teliti tetapi selalu penuh harapan. Tapi warna ini populer juga sebagai warna janda, hehe. Ada apa pula dengan janda?
ORANGE
Energy, Keseimbangan, Kehangantan. Yang pasti keceriaan. Konon juga Menekankan sebuah produk yang tidak mahal. Ih apa hubungannya ya? tapi ada baiknya dihindari pada saat mendesign produk, supaya gak terkesan murahan. Apalagi kalo pake baju orange, ih amit-amit ntar disangka ce murahan, hehe, oopss just joke!
COKLAT
Melambangkan kekuatan, energi, kehangatan, cinta,Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan. Warna ini seringkali menunjukanciri-c iri : suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan. Hmmm apa iya ya??Kesannya jelek semua ya? Bukankah kalau di indonesia, kayanya warna coklat lebih dikenal sebagai warna netra. Karena bisa masuk apa aja ya..
Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Kolumbia, warna Coklat untuk kemasan kurang begitu membawa hasil.
Yang pasti seh, buat aku, warna coklat penggugah selera, lah wong penikmat coklat sejati, apalagi choco cake hehe gak nyambung.
ABU ABU
Intelek, Masa Depan (kayak warna Milenium), Kesederhanaan, Kesedihan Warna ini tidak menunjukkan arti yangjelas. Tidak terang dan sama sekalibebas dari kecenderungan psikologi.Warna ini cenderung neutral. Pecinta warna ini adalah orang-orang yang tidak suka tampil menonjol. Yah kalo mo terkesan profesional sih bisa juga menggunakan benda-benda berwarna abu. Tapi aku pribadi mah gak suka warna ini, kesannya kusam.
PUTIH
Kesucian, Kebersihan, Ketepatan, Ketidak bersalahan. Memberikan kesan steril juga karena banyak digunakan di rumah sakit. Di Amerika, Putih melambangkan perkawinan (gaun pengantin berwarna putih), tapi di banyak budaya Timur (terutama India dan Cina), warna Putih melambangkan kematian.
HITAM
Power, Seksualitas, Kecanggihan, Kematian, Misteri, Ketakutan, Kesedihan, Keanggunan. Identik dengan hal-hal mistis, kan ada istilah black magic tuh. Namun warna ini juga digemari untuk alasan kepraktisan, karena netral bisa dikombinasikan dengan warna apa saja. Selain itu juga memberikan kesan formal. Memberikan kesan lebih tua juga loh, hehe ini sih untuk kosmetik, hindari pensil alis berwarna hitam, bisa boros umur 10 tahun, maksute keliatan lebih tua 10 tahun gitu.

dari berbagai sumber, dan pengalaman pribadi (ih ini mah gak penting!)

Yulia-Moz5 Salon Muslimah

Monday, November 26, 2007

Oleh oleh dari ADIRA KKN


Hari Pertama, karena kesibukkan di sana sini, aku dan suami hanya kebagian kesempatan menjemput keluargaku (mama dan adik2ku dan caca) yang memang niat banget nongkrongin gedung arsip itu. Sekitar jam 9an malam. Hehe, maklum dikeluargaku semua hobi kulineran. Cerita2 dari mereka bikin aku bertekad, kalo besoknya, hari minggu, aku harus dari pagi menyambangi satu persatu. Sampe gak bisa tidur.

Alhamdulillah, esok harinya akhirnya kesampean juga.

Dan stand yang pertama aku cicipi, pempek cinde dong. Hehe. Gak dimana-mana, tetep pempek. Padahal sebagai keturunan palembang tulen, kudunya sih pempek udah jadi menu biasa. Yah emang, hampir tiap hari aku makan pempek loh.Tapi tetep aja, kalo ada tulisan pempek, mataku langsung ijo. Puas makan pempek kapal selem, dan dua pempek dos, aku makan jajanan palembang lainnya. Mulai dari sarikayo, engkak, 8jam,dan 3 jenis kue lainnya. Aku gak hafal. Halah, kenyang abis. HIDUP WONG KITO!!!


Trs lanjut ke Stand Garang Asemnya, mba ina, nyicipin minuman secang(??) plus soto garang asemnya dong. Yang aseli seger bgt. Gak heran stand garang asem diserbu pengunjung, selain posisi stang yang adem semilir ditengah panasnya jakarta siang itu. Sambil nyicipin soto kupang dari surabaya. Aku pesen garang asem, mas ary pesen soto kupang. *Suap2an lah. Biar tambah mesra tapi yang penting biar puas nyobain ini itu hehe. Gak kuat minum es kunyit asemnya bu yuni, tapi aku beli 2 botol buat dicoba di rumah *wah ternyata emang mantap!
Trs lanjut, tape uli tjisalak, yah sumpeee aku jatcin (jatuh cinta) bgt bo’ padahal waktu nyokap cerita ttg tape uli yang emang ngetop ini, aku cuman komentar dalem ati, aduhhh seenak2nya, tetep aja tape dan uli. Biasalah. Gak bakal istimewa. Oh dilala…aku kecele. AKu suka bgt. Sampe sempet2in beli beberapa bungkus buat di rumah. Dan orang rumah, gak boleh ada yang makan selain aku! Hahahaha!

Selanjtunya, dah gak inget deh, apa aja yang aku cicipi. Ada nasi tug tug oncom, ada makanan khas papua, ada aneka bubur2 manis. wah gak keitung deh, ABesss banyak bgt seh, hehe, gembul!!!

Yang pasti sih puas lah icip sana icip sini buat mereka yang doyan jajanan. Trs juga anakku caca excited bgt. Selain puas makan, dia juga seneng liat aneka dolanan di stand komunitas gasing. Wah aku juga takjub melihat aneka gasing, yang ternyata ada macem2 ya?? Sampe2 dia juga gak ketinggalan belanja mainan gasing, congklak yang bisa dilipet dan dibawa2, dll deh.

Btw, saking sibuknya ngemil sana sini, sampe kelupaan foto-foto di mojok moz5 yang memberi servis Totok Aura. *jimane sih??* Tapi, lumayanlah moz5 ikut2an mengais rezeki di ADIRA KKN ini hehe.


Yuk, sampe ketemu tahun depan ya!!


Yulia-Moz5 Salon Muslimah

Mengalahkan

Yang penting mau memutuskan. Memutuskan dengan sebenar-benarnya. Kalau sudah memutuskan semua akan berjalan. Nikamti perjalanan itu.

Aku sudah memutuskan. Keputusan untuk mengatasi rasa takut. Rasa takut yang lama membelenggu dan kemudian menjerat langkah kita. Seolah-olah diselubungi banyak alasan. Padahal semua alasan itu berangkat dari satu sumber : Rasa Takut. Takut kalau begini, takut begitu. Ketakutan yang diciptakan sendiri. Hebat ya? Kenapa gak jadi sutradara film horor aja sekalian, pasti udah tajir deh. Secara, sekarang lagi musim lagi film horor.
Padahal saat kita mau sedikit usaha, menyingkirkan ketakutan2 itu, yaelah ternyata, jalan didepan itu sangat sangat dipermudah. Herannya dulu kok tidak kelihatan ya? Biasa begitu kan? Kita takut akan sesuatu, dan sesuatu itu menjadi beban kita. Berat bgt. Bayangkan kita bawa kemana-mana. Boro-boro sanggup mendaki, untuk tetap bisa melangkah saja sudah menghabiskan banyak energi. Fisik dan mental. Kalau sudah begitu, boro-boro mau melihat jalan yang terbentang di hadapan kita?

Nah, sekarang, aku bisa mengalahkan rasa takut itu! Hore!!!

Ih, ngomongin apaan sih? Ehm tunggu aja kejutannya yah....

*blog-blog gw ini, suka-suka dong*
Yulia- Moz5 Salon Muslimah

Sunday, November 18, 2007

Moz5 di ADIRA Kenduri Kuliner Nusantara 2007


Duo Srikandi dari TDA bakal meramaikan ajang Pesta para pecinta kuliner nusantara nih. Ajang bergengsi skala Nasional ini bakal seru dan pastinyamengedukasi selera kuliner kita.. Ngintip dari catetan panitia, bakal banyakdaftar makanan yang musti di coba bo' Baru baca list daftarnya aja udahbikin ngences. Gak Cuman itu aja, ada juga pertunjukan marawis, senam SKJthn 80-an, Panggung musik 80-an, Pameran Kopi dan Teh Nusantara, MainanJadul, Pertunjukkan Gasing, dll deh.
Nah, sapa duo srikandi tersebut? Sapa lagi kalo bukan Mba Ina Sutan denganSoto Garang Asemnya dan Saya, hehe, Yulia Astuti dengan Pojok Moz5 memberipelayanan Refleksi dan Totok Wajah. Jadi, jangan sampe gak datang ya ;)Btw, acara KKN ini di komandani oleh teman kita sendiri pak Wasis mewakilikoperasi Jalan Suteranya.


Terboeka oentoek Oemoem!

Kami Rindoe Berdjoempa dengan Saoedara SekalijanSeboeah pameran koeliner yang menjadjikan beragam masakan otentik tanah air

Djadilah saksij atas kekajaan resep poesaka nenek mojang.

Temoekan menoe-menoe pilihan dari dapoer kedaj/waroeng/restoran pudjaanSaoedara!

Setelah poelaoe dan lagoe, bagaimana djadinja djika resejp-resejp masakanleluehoer poendiakoei sebagai milik bangsa lain?

Pastikan djangan sampaj kedjadian!ADIRA Finance dan Jalansoetra dengan Santoen Mempersembahkan:
ADIRA Kendoeri Koeliner Noesantara 2007

Gedoeng Arsijp NasionalDjalan Gadjah Mada no 111, Djakarta 11130

24 November 2007, djam 09.00 - 21.00

25 November 2007, djam 09.00 - 17.00
Tak hanja masakan otentik noesantara jang kami hadirkan, poen aneka masakandengan pengaroeh haloes dari Goedjarat, Arab, dan Tjina.
Saoedara dipoedjikan oentoek ambil bahagian mentjitjipi persembahan kami:

Boepet Mini - Martabak Palembang - Mie Tjelor Pempek - Boergo - Nasij Oedoek Laksa dan Tape Oeli Tjisalak - Gaboes Poecoeng Ciboeboer - Soto Mie -Tahoe Pong - Gado-gado dan Roejak Tjingoer -Koepang Lontong dan Asem-Asem -Mie Kepiting Pontianak - Atjil - Sate JamoerNasij Bali - Ajam Taliwang Senggigi Coto - Yougwa Masakan Papua - Koewe Tradisional Eis Mangga dan Pala - Tjintjaoe Djahe Tjikini - Biir Pletok - Serabi Solo Notosoeman gaja Menteng - Eis Kelapa Muda dan Otak-otak Teh Saring -

Dan banjak lagi hal lainnja!
Yuuukk, C U There Ya!
Yulia Moz5- Moz5 Salon Muslimah

Saturday, November 17, 2007

Your Business Name




Sedang bikin polling untuk nama salon. Udah 1 minggu sih, sibuk mikirin nama salon. selain aku juga lagi redesign logo salon. Udah 6 tahun, dan udah saatnya ganti logo deh. Mau yang lebih simple (cieeee suka sok simple nih), cantik, hangat, dan tidak sombong :P. Existing Logo yang sekarang, walau dibuat bareng dengan designer professional juga, tapi dulu tuh buru-buru buatnya. Lah, yang penting cepetan buka salon.

Nah udah seminggu juga aku suka komat kamit. Melafalkan moz5salon muslimah, moz5 pusat kecantikan muslimah, moz5 salon dan pusat kecantikan muslimah. Mat komat kamit deh. memilih mana yang lebih enak disebut. Ada teman yang komentar,“Nah gitu dong elo, rajin-rajin istighfar, banyak-banyak nyebut. Inget sama dosa-dosa“ Gak tau aja dia, aku komat kamit nyebut apa. hahaha.

Nama usaha kita adalah alat marketing yang penting. Haruslah mudah diingat dan disebut. The tone of the name, juga harus mathcing yaw sama imej yang mau kita ciptakan dong. Kaya moz5, imej yang mau dicipta yah pastinya cantik, feminim, smart, hangat *yuhu*. Nah factor itu semua baru kita sambung-sambungkan dengan target market yang kita tuju.

Apalah artinya nama, kata Shakespear. Wah, buat aku nama sangat berarti. Nama adalah Do’a, maka sudah sewajarnya jika setiap orang tua berusaha memberikan nama yang terbaik untuk anak-anaknya. Apalagi untuk nama usaha, mestinya dipertimbangkan masak-masak. Nama usaha juga yang akan menjadi identitas usaha kita. Dan nama juga yang mewakili karakter si pemilik. Apalagi, kita berkomunikasi dengan para prsopek kita, ttg siapa kita dan apa yang kita tawarkan.

Ada tulisan yang menarik bgt yang memberi contoh yg sangat relevan. Aku comot dari Entrepreneur.Com (http://www.entrepreneur.com/startingabusiness/startupbasics/namingyourbusiness/article21774.html)
Before you start thinking up names for your new business, try to define the qualities that you want your business to be identified with. If you're starting a hearth-baked bread shop, for example, you might want a name that conveys freshness, warmth, and a homespun atmosphere. Immediately, you can see that names like "Kathy's Bread Shop" or "Arlington Breads" would communicate none of these qualities. But consider the name "Open Hearth Breads." The bread sounds homemade, hot, and just out of the oven. Moreover, if you diversified your product line, you could alter the name to "Open Hearth Bakery." This change would enable you to hold onto your suggestive name without totally mystifying your established clientele.

Nah, itu dia, aku lagi binun mo milih label salon atau pusat kecantikan. Pertimbanganku, label "Salon“ itu lebih bersahabat, akrab, welcome, "gaul“. Sedangkan pusat kecantikan, kok kesannya seirus bgt, gak akrab, dan tua. haha. Tapi ini mungkin pemikiran pribadi aja, makanya perlu open mind, dan dalam rangka mau outof the box juga, aku buat polling. Gak hanya dilingkungan temen-temen dekat aku aja, tapi juga melibatkan para mitra bisnis, spt supplier, rekanan, dll. Juga teman-teman pengusaha yang pastinya naluri bisnisnya lebih terasa.

Terus gak kalah penting adalah pendapat dari para pelanggan salon dong. Alhamdulillah, semua memberikan masukkan2 yang bagus2, dan ada juga yang menambahkan pilihan-pilihan baru. Ada juga yang kocak kasih usulan "Yul, kalo emang elu mau kasih kesan gaul, kenapa juga gak kasih nama Moz5, Pusat Pergaulan Muslimah!!" Bwahahaha!

Hasil polling?? wah masih jadi rahasia perusahaan dong. Belum bisa dipublikasikan di sini hehe. Maaf yah, mohon bersabar, tunggu kita launching dulu.

Wednesday, November 14, 2007

My- Cool Man

Pasti tau dong Chris Gardner. Itu loh tokoh yang dimainkan sama Will Smith (Duh, Will Smith Keren bgt deh) di Film Pursuit of Happyness? Dia juga yang nulis buku dengan judul yang sama? Filmnya juga bukan film baru, beberapa teman pernah menulis ttg film ini di blognya. Masih gak tau juga? ahhhhh kuper!! Cari deh DVD-nya, yang bajakan atau asli, terserah. Tapi musti nonton deh. Tapi yang lebih bagus lagi sih baca bukunya. Karena pemikiran2 Garder banyak tertuang di bukunya itu. Bukunya juga ada di gramedia kok, terbitan ZENIT, harganya kayanya sekitar 50rban kalo gak salah.

Chris Gardner. Seorang Pengusaha Wall Street yang sukses, yang memulai bisnisnya dengan menjadi Pialang. Itupun perlu perjuangan keras. Dalam posisi yang bangkrut, Gak ada uang dan banyak utang, plus ditinggal anak dan istri. Namun berkat adanya sebuah mimpi, hidupnya jadi penuh harapan, penuh semangat. Baca deh bukunya.

Aku cuman mau sharing kata-kata bijak dari beliau yang menurutku inspiratif sekali. Tadi pagi begitu bangun tidur, ga tau kenapa, kok aku semalem mimpi ketemu beliau hihi. Makanya pagi ini jadi semangat sharing ttg dia.

Banyak sekali orang yang menanyakan rahasia kesuksesan dia. Padahal "The secret is there is no secret. It's the basics. Blocking and tackling. And more important than that, find something that you love. Sesuatu yang membuat kita bahagia, yang membuat kita gak sabar untuk cepet2 bangun tidur. Pengen cepet-cepet pagi lagi. Lupain uang, jadilah bahagia! Perlu keberanian dan kebijaksanaan untuk berkata, Inilah yang Saya Suka!!" Hm, pasti pernah yang ngalamin, gak sabar menanti besok, karena ga sabar akan ketemu sesuatu yang kita nanti2kan. Atau seperti anak2 kita yang suka gak sabar nunggu besok karena mau jalan-jalan, atau apalah.

Chris juga mengingatkan, bahwa uang akan datang sendiri. Kalau kita bahagia. Dia kenal banyak sekali orang yang punya banyak duit tapi gak bahagia (yah ini mah klasik banget ya. walau dalam kasus aku sih lebih banyak ketemu sama orang yang gak punya duit dan gak bahagia, haha!)

Tapi yang paling keren dari sosok Gardner adalah sosok kebapakannya. Komitmen dia sebagai orang tua, sebagai seorang ayah. Perjuangannya dia terhadap anaknya, terhadap janji kepada anaknya, ini yang paling mengharukan. Yang paling membuat dia Cool!! Kalau liat filmnya akan ketauan bgt gimana dia Ayah yang sangat baik, tapi kalau dibukunya sih agak beda yah ceritanya. Apapun itu, di buku dan di film, jelas bgt dia adalah panutan sosok Ayah yang keren abesz deh. Simak deh kata dia dalam sebuah wawancara di media Amrik sana.
“My story has been portrayed in certain media outlets as a rags-to-riches story. That ain’t important. The important thing is the commitment to my children to be there, as any parent must. That’s going to be the common thread. To be there. The money? Hey man, money is the least significant aspect of wealth. You do get to a point in your life where what’s important to all of us is our health, our children, and some degree of happiness. At the end of the day, that’s what it’s all about”

Oh iya, dia juga sangat berpegang sama Keyakinan. Karena itu yang ditanamkan sama ibunya sejak kecil. Dia yakin, dia bisa menjadi apapun yang dia inginkan. Bahkan saat dia dia berumur 15 tahun, saat menonton pertandingan basket, dia berkata „Wow pemain basekt itu kaya-kaya semua yah“ Trs sang ibu berkata “You know, if you want, son, one day you can make a million dollars if you find the right venue.” Dan itulah yang menjadi keyakinan dia, dalam perjalanan menuju kesuksesan beliau!
Dia mewakili type-type orang sukses lainnya yang benar-benar perlu perjuangan untuk mendapatkan apa yang dia miliki sekarang. Lagi, bukti nyata, bahwa segala sesuatu ada harga yang harus dibayar. Ada perjuangan yang harus dibarterkan. Entah mau sukses jadi orang tua, atau mau sukses jadi pengusaha. Setiap orang punya masalah, punya kendala, dalam versi yang berbeda-beda. Menyimak dalam kisah beliau, membuat aku jadi lebih bersemangat. Apapun yang kita yakini akan terwujud, asalkan siap membayar harganya.
Yuk, ah. Nanti sharing lagi deh pemikiran2 beliau dan tokoh2 sukses lainnya. Aku lumayan rajin ngumpulin artikel2, wawancara media, dan tulisan2 dari para Tokohs! Thanks To Google!
Yulia-Moz5 Salon Muslimah

Monday, November 12, 2007

HERO

Kejadian di suatu malam, minggu lalu.

Ngebut.
Si Abang, sopir Mikrolet jurusan Kota-Tg Priok ini, sepertinya sedang kejar setoran. Kulirik jam tanganku, menunjukkan pukul 20.30 malam.
Jalanan sepanjang ancol, sudah sepi. Aku yang duduk di depan, sebelah sopir, menengok ke belakang. Hanya ada 2 penumpang lain.

Masih tetap ngebut. Bahaya nih. Baru saja aku mau menegur si Abang, Melihat wajahnya yang sedang serius dan galak, aku gak berani, hehe. Mulutku yang sudah terlanjur mangap, terpaksa mingkem kembali. Ditambah lagi sumpah serapahnya, setiap kali ada yang menyalip. Wah, jadi tambah ciut nih hati.

Mendingan merem deh ah…Baru aja siap-siap memejamkan mata, aku hampir teriak kaget. Dua pengendara motor persis di hadapan kami, hampir saja bertabrakan. Jelas bgt sapa yang salah. Si pengendara yang tidak pakai helm, yang keliatan bgt ugal-ugalan.Tapi herannya, kenapa dia yang gak terima ya? Walau kedua pengendara motor itu sudah melaju kembali, si ugal ini sepertinya mo cari masalah baru lagi, dengan menyerempet pengendara satu lagi. Selalu mepet-mepetin. Kita, aku dan Bang sopir maksute, di buat gemes.

Tak lama, kami melihat, kedua motor tsb menepi di pinggir jalan yang sepi. Ternyata ada 1 motor lain, yang sepertinya adalah teman-teman si ugal. Mereka sedang mengerubuti si korban. Sepertinya si ugal dan teman-temannya mabok deh. Kasian bgt tuh si korban. Kayanya sih si ugal dan temen2nya bakal bikin ulah. Mikrolet yang kami tumpangi sudah berjalan sekitar 10 M dari mereka.

Sampai kemudian si Abang tiba-tiba ngerem mendadak, dan berjalan mundur menghampiri mereka. Gak lama, si Abang turun sembari membanting pintu, ia bergegas menghampiri si ugal CS.

" WOIIII JELAS-JELAS ELU YANG SALAH!!! MAU NGAPAIN LU??"
Si Abang melotot ke arah si Ugal yang badannya lumayan gede.
"HEH!!! TEMEN ELU YANG SALAH NIH!!! GW SAKSINYA!!! JANGAN RESE LU YA!"
Si Abang juga teriak2 ke muka teman2 si ugal.

Ya Ampun, si ABang pasang badan bo’ di antara si korban dan si ugal cs.
ELU HADAPIN GW, Jangan Ngeroyok DIE DONG!!! APA LUUU?? BERANI GAK??"

Kayanya temen2 si ugal gak terima, siap mau nyerang..
WAduh urusannya panjang nih…Akupun ikut2an turun, menghampiri mereka *Haduh mo ngapain coba? Mo pasang badan juga??* Please deh, naluri sok jagoan aku kumat. Tapi aku memilih gak deket-deket mereka deh.

Syukurnya, bbrp saat kemudian mereka bubar *Nah lo kok cepet bubar?*
Aku mendengar dengan jelas, si Abang ngancem “AWAS LU YA BERANI MACEM2!!! HADEPIN GW!!!

Saat si abang kembali ke mobil, dia diikuti oleh si Ugal CS yang memohon2 minta maaf. “Damai ya bang…” Damai yah, maafin Bang”

WADUH ELU KALO MO BERTINGKAH JANGAN DI JALANAN DONG, ORANG GAK NAPE2 MO ELU KEROYOK! MAMPUS AJA LU, AWAS LU MINGGIR" Menghardik ke Ugal Cs.
"Mas jalan duluan deh mas" Si Abang mempersilahkan si korban untuk jalan duluan, memastikan bahwa si korban sudah aman.

Gak lama kitapun melanjutkan perjalanan lagi, sekilas aku liat sang korban tadi melambaikan tangan, mengisyaratkan terima kasih.

Aku kagum. Salut.
Si abang punya pilihan untuk tetap melanjutkan perjalanan, dia punya pilihan untuk gak peduli. Lha dia aja lagi kejar setoran. Tadi diperjalanan dia sempat mengeluh sendiri. Udah malem gini, setoran masih jauh. Gara-gara macet berat, biasanya dapet berapa RIT, ini cuman separohnya. Lagi pusing ama urusan setoran deh. Nah, lagi kaya gitu, apa pedulinya ikut2 meleraikan orang. Salah-salah kita yang kena bogem mentah. Apalagi postur si abang ini gak gede-gede amat, malahan cenderung kecil bila dibandingkan si Ugal CS.

Tapi, ternyata, si Abang malah memilih untuk pasang badan, membela pihak yang benar tapi tertindas. Wah, salut. Masih ada yang peduli, masih ada yang mau membela kebenaran ditengah sulitnya keadaan yang menghimpit *taela bahasanya* Orang yang kupikir kasar, cuek, dan brutal, ternyata….dia pahlawan untuk kali ini dan mungkin pada kali-kali yang lain. Di Jakarta bo’ di Jakarta. Sementara banyak banget orang yang memilih untuk tidak peduli. Bahkan saat terjadi tindak criminal di depan mata sendiri, orang memilih aman. Memilih tidak ikut campur, yang penting gw selamet!

Hmm aku jadi berkaca pada diri sendiri. Apakah aku bisa seperti si abang ini? Yah bukan untuk tereak-tereak kasar kaya gt, tapi pada saat kita berada posisi di mana kita harus mengambil sikap. Pada saat kesalahan dan kesemena-menaan terjadi di hadapan kita sendiri? Punyakah keberanian untuk membela? Punyakah kepedulian untuk bersikap?

“Wah Abang Hebat deh tadi!” Spontan aku memuji.

“AH BIASA AJA MBA!” SAYA HANYA MEMBELA YANG BENAR”
Taela…
Kulirik, hidungnya sedikit membesar, dan ada sedikit senyum, tanda2 orang GR.

Ah biar aja si Abang GR, dia memang hebat kok tadi! Kaya Jagoan!

Yulia-Moz5 Salon Muslimah

Saturday, November 10, 2007

Franchise & License Expo Indonesia, JCC

Hari Jumat Aku sudah ke sana. Sudah gak sabar . Walau ternyata, Aku lihat pemainnya kebanyakan itu-itu saja. Eh, ada juga sih muka-muka baru *halah, plinplan* Makanan dan minuman masih mendominasi. Mulai dari model Bakso, burger, kebab, sampai café juga ikutan meramaikan ajang yang lumayan ditunggu-tunggu setiap tahun. Untuk pendidikan, wow agak surprise juga. Kali ini pemainnya lumayan banyak. Dan beragam. Mulai dari bimbel, sekolah, sampai ke ekskul, dll. Untuk kecantikan, sapa lagi kalo bukan grupnya Rudy dengan label Rudy Hadisuwarno, FunCuts, dan KiddieCut. Ada juga klinik perawatan kulit dan Nailspa. Udah gt doang. My Salon, gak ada tuh. Ehm, besar bgt kesempatan untuk Moz5 nih.

Ada juga jasa Slimming, Pusat Pelangsingan Tubuh. Hmmm bisnis ini oke juga, mengingat semakin hari semakin banyak orang yang kepengen langsing selain alasan kesehatan juga alasan estetika.

Untuk Fashion, kayanya belum ada deh. Hayoo, temans yang berbisnis fashion…..

Yang lainnya, untuk Automotive, yang menonjol tentunya Standnya AutoBridal. Begitu masuk Assembly Hall langsung di hadang sama AB ini. Yang lainnya adalah salon motornya, Gw Guyur. Trs ada juga juga Cipaganti Rental Car.

Aada BIRU, Jasa air minum isi ulang, Bisnis Center, dll. Bahkan, ada juga bisnis yang belum punya outlet loh. Jadi bisnisnya adalah menjual konsep yah. Gak masalah juga sih. Ada Ide, ada keahlian, tapi gak ada modal. Makanya ikut pameran untuk menjaring investor. Tapi kalo kaya gini masuk kategori franchise gak sih?

Oiya, ada lagi yang bikin surprise lagi dink. Ada teman yang kenal di salah satu seminar bisnis, akhir tahun lalu bisnisnya masih berdarah-darah. Tapi tahun ini udah ikutan franchise dengan 10 cabang yang sudah berdiri. Wah..keren. Semoga sih memang udah gak berdarah-darah lagi bisnisnya haha.

Melihat antusiasme pengunjung, yang untuk masuk aja harus bayar 50Rb, berarti paling tidak yang masuk ke sana sudah terseleksi. Kemungkinan orang yang iseng sambil lewat, atau yang nunggu waktu doang sih sedikit. Berarti pula, animo masyarakat terhadap bisnis franchise juga semarak. Ya iyalah, sekarang kesadaran entrepreneurship juga sudah meningkat drastis yah disbanding tahun 90an awal. Lihat aja, sekolah-sekolah entrepreneurship menjamur, belum lagi majalah-majalah dan seminar yang membahas wirausaha. Trs tambah lagi dengan komunitas-komunitas. Milis wirausaha aja ada berapa, hehe. Member Milis Tangan Di atas aja Udah ribuan. Wah tambah semangat nih.

Setelah puas menyambangi beberapa stand (banyak deh yang aku masukkin dan aku uprek-uprek) akhirnya aku Sempetin mampir ke Stand Bakso Malang Cak Eko. Sebelumnya aku lewat, mas henky sedang sibuk presentasi, begitu pula dengan mas hendy di Stand BabaRafi-nya yang kinclong dan ngejreng bgt. Sekitar jam6, sudah agak sepi. Maka aku hampiri mereka. Pertama ke Mas Henky. Dengan bawaan beliau yang kalem dan tenang, “ Beliau menyemangatiku. Udah pokoknya jangan tunda-tunda deh. TIdak ada alasan lagi untuk menunda. Langsung jalan aja mba. Kalau sudah jalan, kita baru tahu masalah-masalah, nanti pasti ada jalan keluarnya. Kalau gak jalan, yah mana bisa tahu masalahnya apa saja. “ Degh! Kok beliau jadi kaya paranormal yah, aku gak ngomong apa-apa, tapi sepertinya tahu apa yang ada dibenakku. Hehe. Atau wajahku menyiratkan itu semua, haha. Masih banyak lagi masukkan-masukkan yang dia berikan. Dengan gayanya yang Cool itu, ternyata malah bikin Panas…Panas…Panas…hehe. Menempati posisi stand di pojok dan belakang, tapi lumayan menarik perhatian. Apalagi dengan tampilan foto-foto outlet/cabang.

Lanjut dari mas Henky, aku bergegas menuju BabaRafi, sempetin Tanya ini itu kepada salah satu staff, dan mencoba testernya (aduhhh enak bgt beneran deh, sayangnya tester kan kecil-kecil ya, kurang bo’ sedangkan aku mau beli juga gak bisa, gak dijual!!). Aku menghampiri Mas Hendy, yang dengan gayanya yang khas menyambut aku. Dia surprise bgt ketemu aku di sana. Dan dengan antusias memperkenalkan aku kpd istri dan ibu Fen Safarita dari Melia Laundry yang terkenal itu loh. Pak Fen dari EU. “Ini Mba Yulia, Ratunya Salon Muslimah nih” . Sedikit berbasa basi, aku menanyakan biaya yang dirogoh untuk mengikuti ajang seperti ini. “Mba Yul, kita nanti barengan yah bulan Feb, OK??" Lagi-lagi aku dibuat panas. Waduh, feb nanti ikutan pameran? Hmmm…..”Ayo dong, gak ada salon nih. MySalon aja gak ikutan” Ujar mas Hendy, masih menyemangati. Iya juga sih. Setelah, Ngobrol ngalor ngidul, akupun segera angkat kaki dari sana. Daripada tambah panas hehe. Stand Kebab Turki BabaRafi ini menempati posisi yang sangat strategis. Dengan design yang sangat menarik. Keren deh.

Sempat juga ketemu mas Odi dari KoffeeTofie, aku tertarik buat bikin di Margonda nih. Konsepnya oke juga, kopi a la starbucks dengan harga warungan. Sesuai dengan hobi-ku ngopi. Janjian akan survey lokasi hari senin ini.

Sebenarnya, masih kurang sih, masih kepengen muter-muter lagi, tapi berhubung sudah merambat malam, aku segera angkat kaki. Sampai jumpa tahun depan, nantikan Moz5!

Yulia- Moz5 Salon Muslimah

Saking kepengen bgt sama Kebab, gara2 ngeliat2 brosur Babarafi, aku semalam makan DonerKebab di ArtaGading sampe 2 porsi! Pengenya sih makan Babarafi, yang suer deh enak bgt, cuman, cari-cari yang di klp gading tuh gak ketemu, hiks. Berarti pengaruh flyer/Brosur itu kuat bgt loh. Design yang menarik, warna kuning yang ngejreng dan memang dianggap sebagai warna yang meningkatkan selera makan. Ditambah lagi, aku emang orangnya gampang terpengaruh untuk urusan makanan.

Thursday, November 8, 2007

Totok Aura


Hmm buat yang belum familiar, mungkin penasaran ya.. Apa tuh?

Padahal sebenarnya sih metode ini umurnya udah ribuan tahun bo' cuman akhir2 ini jadi nge Trend bgt, secara kesadaran orang akan metode kecantikan alternatif terutama yang berbau-bau holistik meningkat.


Totok wajah. Yang mana dengan totok ini, aura inner beauty seorang wanita akan lebih terpancar * Hu'huyy* Lebih bersinar gitu loh. Gak perlu pake susuk tuh.


Totok pada wajah berfungsi untuk menjaga metabolisme hormon-hormon dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, meredakan ketegangan (stres), mengurangi kerutan, dan mengencangkan wajah ini dilakukan selama lebih kurang 60 menit.Prinsip kerja totok ini yaitu menjamah titik-titik penting pusat syaraf. Jika titik-titik syaraf ini ditekan dengan bantuan teknik seni pernapasan sang penotok, peredaran darah menjadi lancar. Sistem metabolisme lancar ini akan membuat pasokan oksigen ke otak menjadi menjadi lancar juga. Nah, sistem kinerja kimia tubuh atau yang biasa disebut sebagai hormonal bekerja sebagaimana mestinya.

Bahkan, bisa mengatasi Insomia loh!

Kalau digabung dengan perawatan seperti facial, hasilnya akan lebih optimal lagi. Plus ditambah praktek Ilmu Ikhlas lebih dasyattt lagi hasilnya.

Penasaran? Buruan ke Moz5 aja (Margonda Only)

Atau u/ Info bisa call 0812 956 8015

Yuuuuk...

Yulia- Moz5 Salon Muslimah

Wednesday, November 7, 2007

Sibuk Apa?

It's not enough to be busy. The question is: What are we busy about?
-Henry David Thoreau-

Tuesday, November 6, 2007

Simplify Your Life


Lagi focus untuk simplify my life. Tapi gak jelas lagi nih sumbernya or link-nya dari mana.

Simak Yuuk...

1. Think about your values and write down those that really matter to you. What is most important? Spending time with family? Accumulating great wealth? Achieving powerful influence? Acquiring possessions? Expressing yourself? Learning new ideas? Experiencing adventure and travel? Maintaining excellent health? Socializing with friends? Contributing to the community? You can't do them all. Cut out activities that aren't consistent with your core values.


2. Write a list of goals you'd like to achieve. Focus on doing a few really well, rather than a lot in a mediocre way. You can't add hours to the day, but you can cut down on activities.


3. Say no instead of yes. People agree to requests from others because they like to please them.

Instead, realize that you have a right to say no. Creating plans or policies makes saying no easier. ("I'm sorry, I already have a financial planner." "I'm sorry, we already have a plan for giving to charities.")

4. Stop being a slave to communication tools. Do you really need an office phone, a home phone, a cellular phone, pager, fax, e-mail and internet ICQ technology?

5. Give away clerical tasks to others who can handle non-priority activities.

6. Stop spending time to save money. Instead, spend money to save time. Don't drive across town to save a few cents on a grocery item. It's not worth your time. Do hire someone to do chores you're not fond of. (Makanya aku lebih prefer ke indomaret or alfamart deket rumah, ketimbang ke Carefour, sangat jauh menghemat waktu dan uang!)

7. Cancel subscriptions to magazines you never get around to reading. Only read one newspaper per day.

8. Cut back on television time. Only watch those shows you decide on beforehand. Circle them in the television-listing magazine. Then turn off the television when the program is over. Cancel extra cable television packages for channels you rarely watch. Go for broke. Give up watching television altogether.

9. Clean out your basement or your office. If you're not using something, get rid of it. Put an expiry date on items when you can't decide to keep them or not. Get rid of them when the expiry date arrives.

10. Quit organizations that aren't contributing to your advancement, your network or your fun.

11. Automate repetitive, clerical, mechanical tasks. For instance, set up automatic bill payments. Include your automatic savings plan as part of your monthly spending.

12. Make a plan for the weekend that doesn't involve work. Plan to spend more time with your family or with people who make positive contributions to your life. Stop spending time with people who are a drain on your energy or vitality.

13. Carry a smaller wallet or purse. Start by cleaning out the one you've got. Get rid of unnecessary credit cards and other clutter that you don't use regularly.

14. Stop checking up on your financial portfolio every day. Most people invest for the long term. Checking your results daily adds to stress and might lead to expensive and unnecessary changes.

15. Make time for yourself. Set aside time each day to reflect quietly, go for a walk, plan for your future or meditate. Visit the park instead of the mall. (Atau ke moz5 kaleeee, untuk para wanita mah ;)

16. Cut back on debt. Consolidate your different debts into one and pay it off. Put your credit cards in a spot where you won't be able to use them until you're debt-free. Track your expenses for a month, then cut back your spending on items you don't need. For instance, pack a lunch rather than buying one at work. Mix and match your outfits rather than constantly buying new ones.

17. Consider renting a vacation home rather than buying. You won't be burdened by time (and money) spent in maintenance. Also, this allows you to visit a different spot each year.

18. Plan time for a vacation every year. Some people claim "I haven't had a vacation in three years" as if it was a badge of courage. It isn't.

19. Cut back on your children's planned activities. If they have to use a time planner to schedule their activities, and you spend all of your time taxiing them around, they're probably too busy.

20. Live closer to your work so you don't have to drive.

21. Take a moment each day to be grateful.
Gimana, OK juga untuk dicoba.
Yulia- Moz5 Salon Muslimah