Monday, November 12, 2007

HERO

Kejadian di suatu malam, minggu lalu.

Ngebut.
Si Abang, sopir Mikrolet jurusan Kota-Tg Priok ini, sepertinya sedang kejar setoran. Kulirik jam tanganku, menunjukkan pukul 20.30 malam.
Jalanan sepanjang ancol, sudah sepi. Aku yang duduk di depan, sebelah sopir, menengok ke belakang. Hanya ada 2 penumpang lain.

Masih tetap ngebut. Bahaya nih. Baru saja aku mau menegur si Abang, Melihat wajahnya yang sedang serius dan galak, aku gak berani, hehe. Mulutku yang sudah terlanjur mangap, terpaksa mingkem kembali. Ditambah lagi sumpah serapahnya, setiap kali ada yang menyalip. Wah, jadi tambah ciut nih hati.

Mendingan merem deh ah…Baru aja siap-siap memejamkan mata, aku hampir teriak kaget. Dua pengendara motor persis di hadapan kami, hampir saja bertabrakan. Jelas bgt sapa yang salah. Si pengendara yang tidak pakai helm, yang keliatan bgt ugal-ugalan.Tapi herannya, kenapa dia yang gak terima ya? Walau kedua pengendara motor itu sudah melaju kembali, si ugal ini sepertinya mo cari masalah baru lagi, dengan menyerempet pengendara satu lagi. Selalu mepet-mepetin. Kita, aku dan Bang sopir maksute, di buat gemes.

Tak lama, kami melihat, kedua motor tsb menepi di pinggir jalan yang sepi. Ternyata ada 1 motor lain, yang sepertinya adalah teman-teman si ugal. Mereka sedang mengerubuti si korban. Sepertinya si ugal dan teman-temannya mabok deh. Kasian bgt tuh si korban. Kayanya sih si ugal dan temen2nya bakal bikin ulah. Mikrolet yang kami tumpangi sudah berjalan sekitar 10 M dari mereka.

Sampai kemudian si Abang tiba-tiba ngerem mendadak, dan berjalan mundur menghampiri mereka. Gak lama, si Abang turun sembari membanting pintu, ia bergegas menghampiri si ugal CS.

" WOIIII JELAS-JELAS ELU YANG SALAH!!! MAU NGAPAIN LU??"
Si Abang melotot ke arah si Ugal yang badannya lumayan gede.
"HEH!!! TEMEN ELU YANG SALAH NIH!!! GW SAKSINYA!!! JANGAN RESE LU YA!"
Si Abang juga teriak2 ke muka teman2 si ugal.

Ya Ampun, si ABang pasang badan bo’ di antara si korban dan si ugal cs.
ELU HADAPIN GW, Jangan Ngeroyok DIE DONG!!! APA LUUU?? BERANI GAK??"

Kayanya temen2 si ugal gak terima, siap mau nyerang..
WAduh urusannya panjang nih…Akupun ikut2an turun, menghampiri mereka *Haduh mo ngapain coba? Mo pasang badan juga??* Please deh, naluri sok jagoan aku kumat. Tapi aku memilih gak deket-deket mereka deh.

Syukurnya, bbrp saat kemudian mereka bubar *Nah lo kok cepet bubar?*
Aku mendengar dengan jelas, si Abang ngancem “AWAS LU YA BERANI MACEM2!!! HADEPIN GW!!!

Saat si abang kembali ke mobil, dia diikuti oleh si Ugal CS yang memohon2 minta maaf. “Damai ya bang…” Damai yah, maafin Bang”

WADUH ELU KALO MO BERTINGKAH JANGAN DI JALANAN DONG, ORANG GAK NAPE2 MO ELU KEROYOK! MAMPUS AJA LU, AWAS LU MINGGIR" Menghardik ke Ugal Cs.
"Mas jalan duluan deh mas" Si Abang mempersilahkan si korban untuk jalan duluan, memastikan bahwa si korban sudah aman.

Gak lama kitapun melanjutkan perjalanan lagi, sekilas aku liat sang korban tadi melambaikan tangan, mengisyaratkan terima kasih.

Aku kagum. Salut.
Si abang punya pilihan untuk tetap melanjutkan perjalanan, dia punya pilihan untuk gak peduli. Lha dia aja lagi kejar setoran. Tadi diperjalanan dia sempat mengeluh sendiri. Udah malem gini, setoran masih jauh. Gara-gara macet berat, biasanya dapet berapa RIT, ini cuman separohnya. Lagi pusing ama urusan setoran deh. Nah, lagi kaya gitu, apa pedulinya ikut2 meleraikan orang. Salah-salah kita yang kena bogem mentah. Apalagi postur si abang ini gak gede-gede amat, malahan cenderung kecil bila dibandingkan si Ugal CS.

Tapi, ternyata, si Abang malah memilih untuk pasang badan, membela pihak yang benar tapi tertindas. Wah, salut. Masih ada yang peduli, masih ada yang mau membela kebenaran ditengah sulitnya keadaan yang menghimpit *taela bahasanya* Orang yang kupikir kasar, cuek, dan brutal, ternyata….dia pahlawan untuk kali ini dan mungkin pada kali-kali yang lain. Di Jakarta bo’ di Jakarta. Sementara banyak banget orang yang memilih untuk tidak peduli. Bahkan saat terjadi tindak criminal di depan mata sendiri, orang memilih aman. Memilih tidak ikut campur, yang penting gw selamet!

Hmm aku jadi berkaca pada diri sendiri. Apakah aku bisa seperti si abang ini? Yah bukan untuk tereak-tereak kasar kaya gt, tapi pada saat kita berada posisi di mana kita harus mengambil sikap. Pada saat kesalahan dan kesemena-menaan terjadi di hadapan kita sendiri? Punyakah keberanian untuk membela? Punyakah kepedulian untuk bersikap?

“Wah Abang Hebat deh tadi!” Spontan aku memuji.

“AH BIASA AJA MBA!” SAYA HANYA MEMBELA YANG BENAR”
Taela…
Kulirik, hidungnya sedikit membesar, dan ada sedikit senyum, tanda2 orang GR.

Ah biar aja si Abang GR, dia memang hebat kok tadi! Kaya Jagoan!

Yulia-Moz5 Salon Muslimah

No comments: