Tuesday, January 15, 2008

Pake yang kita jual, Jual yang dipake!

Masih jelas dalam ingatanku. Kejadian bbrp tahun silam. Suatu siang, saat kebetulan lagi di salon, datang seorang wanita, pemilik salon juga, menawarkan program training pelangsingan tubuh. Untuk kemudian program tsb bisa diterapkan di salon. Training sektiar1 hari ini memakan biaya hampir4 jutaan. Lumayan.
*sorry intermezzo-gambar di sebelah adalah siluet wanita berbaju putih atau ungu hayoooooo*
Masalahnya...
Si mba'e yang menawarkan ini, berbadan subur alias Ndut! Kontan dong, aku segera memandang tubuhnya mulai dari kepala sampe ke kaki (gak sopan bgt ya?). Berat badannya sendiri aja bisa dua kalinya aku (ih sok langsing bgt seh!) Aku rasanya rada gimana gitu, menawarkan program pelangsingan tubuh, tapi sendirinya bermasalah dengan OBESITAS!

Langsung aku tolak halus. Sepertinya merasa, si mbak ini berkata “ehm saya sih belum praktikin, kalo udah praktekin, pasti juga langsing.“ Nah lohhhhh ya praktek ndere dulu kaleee, kalo terbukti berhasil baru dong bikin training.

Terus, terus, ada lagi nih.

Suatu waktu, pas ketemuan dengan teman dari suatu milis, yang kebetulan punya usaha butik. Setelah ngobrol ngalor ngidul, dan karena kita udah lumayan deket sebelumnya(sering chat via ym or sms) maka aku celetukin.
Yulia : "Eh lo kan punya butik, mana kok penampilan elo gak mewakili dagangan elu seh?"
Maaf ya pembaca aseli temenku ini penampilan jauh bgt dari modis deh.Trs tau gak dijawab apa??
Teman : "Wahh.. yah itu kan dagangan, gw sendiri yah gak pake lah, baju-baju yg gw jual kan aneh2 gitu masa gw mau pake seh? Bisnis sih bisnis, tapi gw gak mau jadi aneh dong"

Pernah juga neh, ketemu sama temen yang katanya seh lagi merintis usaha sendal wanita. Biasa dong, dengan antusias aku menanyakan sample dagangannya saat kita ketemu.
Yulia : "mana sendal jualanan elu, gw mau liat. Sapa tau tertarik.itu yah sendal yang elu pake?"

Tau gak di jawab apa?
Teman : "Apaaa?? Gw pake sendal itu? Ih gak banget lah, elu tau sendiri mana gw suka sendal gituan. Kalo elu mau liat ntar gw bawain deh..kapan ketemu lagi?"

Langsung aja aku samber
Yulia: "engga deh, kapan-kapan aja"
yah iyalah udah gak mood lagi mo liat.

Hmmm kira-kira relevansinya apa??

Spertinya mereka bermasalah dengan integritas yah (weitzz gaya banget nih gw ngomong). Yah gimana engga, seharusnya meraka yang jadi Humas, jadi Spokeperson dong atas usahanya. Kalo kita sendiri aja gak menghargai, gimana orang lain?? Prinsip "pake yang kita jual, jual yang kita pake" ini musti diterapkan dong. Yah gimana orang mau yakin ikut program pelangsingan tubuh, kalo ybs aja overweight gt. Udah gitu ngaku lagi, kalo dia sendiri belum praktekin. Lhaaaa gimana sih??

Apalagi si pemilik butik ini. Wah parah. Dia sendiri gak cinta ama apa yang dia lakukan. Moso dagangannya sendiri dia anggap aneh, trs tega-teganya dia menjual ke orang lain, membiarkan orang lain yang merasa aneh. Logikanya kan masa jualan barang aneh??? Taruhlah dia sekedar mengikuti selera pasar, tapi setidaknya mbok ya ga usah pake pengumuman bahwa itu baju-baju aneh!!

Si penjual sandal, ini juga parah bgt. Lah wong dia sendiri gak menghargai dagangannya kok. Masa menyebutnya aja dengan “sandal gituan” otomatis yang ada dalam benak yang denger (eh apa gw aja yang sensi ya) yang make juga yang gituan. Hehe. Apa salahnya dengan gituan yah. Hihihi.
Tapi kira-kira nangkep kan yang aku coba ceritakan ini..??

Maksute, tunjukkan dong antusiasme kita terhadap apa yang kita lakukan dan apa yang kita tawarkan. Ini berarti juga kita menghargai konsumen kita. Bagian dari integritas juga dong aahhhh. Kalo kitanya aja gak antusias, gimana orang mo semangat juga.

Bahkan seharusnya, kita tularkan kecintaan kita. Ini sih ujung-ujungnya bicara ke passion memang. Kalo kita mencintai apa yang kita tawarkan, apa yang kita lakukan, secara otomatis kita akan selalu bersemangat, selalu antusias. Dan antusiasme itu meluar dengan cepat loh..

Aku berbisnis salon, maka tularkan kecintaan kita kepada salon. Jangan sampe orang beranggapan ke salon buang-buang waktu dan duit. Kalo kita selalu menampilkan semangat, asiknya nyalon, manfaatnya nyalon lama-lama orang juga bisa penasaran nyalon, ntar juga lama-lama jadi banci salon juga hehe. Pokoke jangan sampe ada yang berani-beraninya bilang dengan bangga "Wah gw gak suka ke salon, gak ada waktu seh. Lagian gak seneng perawatan-perawatan gitu, terlalu wasting time bgt" Sampe-sampe nih ada temenku yang bilang "wah semakin elu deket sama si yuli, lama-lama elu jadi banci salon, lama-lama elu bakalan nafsu bgt pengen punya salon deehh!!“ hwahahahahahaha. FYI, banci salon adalah istilah yang merujuk ke orang yang suka bgt nyalon, yang sekali nyalon juga bisa berjam-jam.

Atau aku suka pernak pernik, aku suka aksesoris. Makanya aku berbisnis aksesoris juga. Karena aku cinta, aku bangga, dan aku nyaman. Dan aku pengen orang lain merasakan yang sama juga. So, Aku berbagi dong kecintaanku itu. Otomatis orang-orang juga akan ikut-ikutan antusias. Dari yang gak pede pake kalung, mulai beli 1-2, lama-lama mulai koleksi, lama-lama keranjingan juga, hahaha..
Itu karena kita sendiri nunjukkin, bahwa kalo kita nyaman, kita pede beraksesoris, otomatis akan ketularan, yang gak pede juga jadi ikut-ikutan pede. Bahkan yang sering kejadian, aksesoris yang aku pake, terpaksa aku copot karena ada yang ngotot mau beli saat itu juga. Upss gak usah angkat tangan bagi yang ngerasa pernah maksa aku hwehehehehe.

Jangan mo kalah sama penjual es buah langganan nyokap. Si mbok penjual ini, keukeuh pake gula asli, keukeuh gak mo nyampur dengan biang gula. Semua buahnya dicuci bersih-bersih. Pas ditanya, kok segitunya sih, kan namanya juga orang dagang. gak usah segitunya lah. Langsung dijawab dengan nada tinggi "Wah saya sih walaopun dagang, saya kasih yang terbaik dong. Saya juga minum dagangan saya. Saya menjual apa yang saya makan dan minum juga. Kalo saya aja gak mau minum dagangan saya, mana mungkin saya tega orang lain yg minum" Nah ini baru Cool!!!

So, jangan cuman mikir duitnya doang. Jangan cuman mau bisnisnya doang. Pikirkan aspek-aspek lainnya juga dong. Khususnya integritas kita sebagai the bisnis owner. Ayo semangat!! Ayo Antusias!! Tularkan kecintaan kita!! Ayo berbagi kebahagiaan juga !!


Nahh sekarang bicara ttg makanan *sreeettt nyambungnya jauh bener* Aku seneng bgt sama makanan berkuah-kuah. yah Bakso, Sayur Asem, Sayur Bayam, Soto, Bihun Kuah, Timlo, Tongseng, Sop Kambing, Misoshiru, pokokna berkuah. Khusus untuk SotoMie, aku suka sama SotoMie Pejompongan. Itu loh yang deket Sate Tegal, yang di dekat taman. Hmmmm enak bgt. Kuahnya. pokoknya kalo makan di sana sampe kering deh. Isinya juga hmm yummy. Gak pake risol spt biasanya, ini diganti sama potongan daging. Biasanya sih aku makan sotomie bakso. Lengkap dengan mie kuning dan bihun! Untuk ukuran sotomie, jajanan warungan, harganya mayan sih. Kalo gak salah seporsi sotomie bakso 17 ribuan deh. Tapi puas deh bo' Plototin aja tuh fotonya yang sengaja aku ambil waktu hari minggu lalu aku sekeluarga makan di sana hehe. Yang pasti sih, makan di tempat jauh lebih enak ketimbang mlototin gambar doang :P Di kebon sirih juga ada sih sotomie enak dan lumayan rame, deket Taman Sari Spa, di emperan ruko deh. Bukanya malam aja deh. Tapi teteppp masih lebih enak yang di Pejompongan.
Kalo untuk soto madura, kita berdua suka bgt sama soto madura pak hadi. Daerah pasar baru, deket pintu air berapa ya? pokoknya dari arah sta juanda yang menuju ps baru deh, hehe. kita nemuin ini berkat rekomendasi dari milis jalan sutra. Kalo makan di sana ibarat berada di tahun 70-80an. Yah interiornya, yah semua deh. Atmosfir jaman dulu. Tapi Soto ini bbrp tahun belakangan pindah-pindah. seputaran situ-situ juga sih. Terakhir malahan jadi warung tenda di emperan jalan pintu air. Tp beneran musti cobain deh, kalo anda mengaku penikmat kuliner. Thx to milis jalan sutra yang udah merekomen. Bener-bener deh, milis satu ini, sangat sangat membantu kami, pasangan gembul ini. hehe.
Yulia-Moz5 Salon Muslimah

5 comments:

Ocha said...

Jeng...lagi asyik baca postingan inspiratif kok muncul foto makanan yah..he.hee

Evi Yosyarina said...

Setuju Bu...kita yang jual seharusnya ya make apa yang kita jual klo kita cuma jual tok itu namanya ngecap hehhehe...mbok ya seperti dikau kang salon ya cantik toh...hehheehe

traveller said...

assalamu'alaikum

aku kurang sepakat dengan "apa yg kita jual, musti ki8ta pake juga"

kita menjual apa yang disukai orang, bukan apa yang kita sukai. misal kita mau mancing ikan.. maka supaya dapat ikan, umpannya ya cacing..bukan burger. walaupun kita gak suka cacing.

pernah baca di majalah trubus, kalo orang jerman itu suka buah2an yang asam-manis. maka supaya buah2an kita laku di sana..ya jual buah yg rasanya asam-manis, bukan manis-legit seperti kesukaan kita.
sekali lagi, berikan apa yang disukai oleh pembeli, bukan oleh penjual, bukan begitu?

memang kalo produk pelangsing tubuh, setidaknya salesnya harus langsing. tapi gak mengharuskan dia mengkonsumsi produk itu. sekali dua kali bolehlah menggunakannya. lihat-lihat dulu apa yang kita jual.

oh ya, komentnya kok harus pengguna blogger ya? susah buat yg gak punya blogger..

salam.

Unknown said...

tks atas komentar ocha dan evi. Juga untuk summer. Btw, istilah pake yang kita jual, jual yang kita pake, lebih mengarah kepada perumpaan betapa integritas itu sangat penting. kalo kita sales pakan ternak, bukan berarti kita musti makan pakannya dunks.cintai dulu produk yang kita jual kita tawarkan. misalnya kita menjual minuman kesehatan, saat kita tanya kepada penjualnya, gimana khasiatnya, trs di jawab "amm ummm..bagus kayanya, saya sendiri sih gak minum yah, saya gak suka minuman kesehatan, saya suka yang alami aja" nahhhh kira2 kita mau beli gak? tks ya atas masukkannya. sah-sah aja mau menjual apa saja yang kita gak sukai, boleh banget. tapi mungkin hasilnya akan berbeda. IMHO. Salam.

Eka said...

Totally agree ...
Buat aku, basic banget passion kita ada di product yang kita jual.

kalo aku mengistilahkan be your own model. Ya, jadilah model buat apa yang kita jual. Ga lucu khan kalo exist di fashion, tapi penampilan kucel, ga modis, etc, dll.

Ibaratnya buat aku sekali merengkuh dayung 2-3 pulau terlampaui. Begaya iya .... marketing-in product juga iya ...sekalian gitu.

xoxo

Eka
http://www.pernik-unikdiary.blogspot.com