Sunday, January 13, 2008

Edisi Sahabat


Duduk Ki-ka : Dian, Dini, Yulia, Puji, Iis, Tia
Berdiri Ki-ka : Uri, Tri, Hera, Pipoy, Angga, Dini, Mino, Linda

Kali ini aku mau bicara ttg sahabat. Mungkin dikesempatan mendatang, aku juga akan banyak share ttg sahabat. Tentang mereka yang dekat dalam keseharianku. Baik kini, maupun di masa lampau. Karena berkat sahabat pulalah, kita bisa menjadi seperti sekarang adanya kita. Setidaknya banyak andil dari sahabat-sahabat kita akan kehidupan kita sekarang. Ini untuk aku pribadi loh.

Hari kamis, pas libur tahun baru 1 muharam, aku dan Caca, menghabiskan waktu di gramedia depok. Acara rutin membeli buku-buku bacaan. Ntah kenapa, kali ini, aku kepengen bgt borong novel. Lagi kepengen baca yang ringan-ringan. Nah, salah satu yang ku beli adalah Man and Wife-nya Tony Parsons. Baru aja mencomotnya, aku terpaku pada sebuah novel dengan cover menarik, nuansa pink, tapi yang bikin aku girang, karena jelas terpampang penulisnya ALMINO SITUMORANG, dengan judul bukunya Karena Ku Tahu Engkau Begitu. Wohohoho, udah ada novel kedua nih.

Wah Mino. Mino. Mino. Sahabat masa kuliah dulu.
Mino yang dari namanya aja udah jelas bgt BATAK BGT. namum begitu, mino yang kutahu adalah mino yang lembut, manis, dan lucu! dan sangat romantis. Berhubung romantis dan pencinta musik, pastinya ada segudang lagu yang pastinya punya moment khusus dengannya.

Mino yang selalu tertawa, mino yang selalu menulis, menulis, menulis cerita. Mino yang kutahu impiannya menjadi penulis terkenal. And She Did! Setidaknya gw sudah membaca novel-novelnya. Belum lagi tulisan2nya yang sering mondar mandir di majalah-majalah wanita popular.
Mino yang sekarang masih sibuk berkarir di sebuah perusahaan jepang di kawasan sudirman. (kayanya udah jadi pemilik perusahaan neh?) Ibu dari satu putri cantik, Helena. Uhhff , kita sudah lama bgt gak saling berjumpa, akibat dari kesibukkan masing-masing dari kita. Terkahir ketemu, di salah satu kafe di Hotel Nikko deh (Atau yang kita ketemu di sarinah yah min? Udah lama bgt)

Kami tentu saja sangat dekat. Aku sering ngocol, dan dia penikmat joke. Klop sudah.
Apalagi aku dulu dikenal lumayan eror dan konyol. hehe. Walaupun dia yang orang Batak, tapi kok aku yang lebih terkesan preman dan tomboi ya? hehe SARA bgt seh.

Banyaklah kekonyolan yang kita alami bersama. Ada mulai dari dimarah2in Polwan waktu kita nekat menyebrang jalan sudirman tepat dibawah jembatan penyebrangan. Yang muter-muter salah naik bis, sampe berantem sama tukang ojek. Pernah juga ditereakin sama kernet metromini. Eh tapi, banyak juga kenangan seru. Karaoke dan shopping bareng di Kichijoji dan Shinjuku juga pernah seh. Hehe membuktikan kenangan kita gak selalu konyol!

Btw, bukan cuman aku dan mino aja yang dekat, kita semua bisa dikatakan akrab satu sama lain.
Apalagi sebagai mahasiswa di jurusan jepang UI, yang sibuk nge-gank sendiri, yang gak terlalu gaul dengan jurusan lain, hehe. Yang sering bikin ngiri anak-anak jurusan lain, karena bertaburan bea siswa ke negeri sakura, belum lagi beasiswa uang saku dari perusahaan2 jepang di sini. Lumayan bo, aku aja dapet dari Hanwa, sebulan sekitar 120an rb deh, fyi, saat itu biaya nge-kos sebulan, di daerah KOBER hanya 45 rb, dan sekali makan minum di kantin itu hanya sekitar 3000-4000 RP. So uang segitu sangat sangat membantu gaya hidup kami hehe. Belum lagi side job seperti mengajar bahasa indonesia ke para expat jepang dengan bayaran yang hmmm menggiurkan..

Tambahan lagi, kita juga dikenal jurusan narsis. gemana engga, kerjaannya foto-foto mulu! Padhal jaman dulu itu blon ada kamera digital, apalagi hp berkamera. Tapi tetep, acara foto-foto di manapun, kapanpun! Hidup Narsis, hehe. Jadi para pembaca, sekedar info aja, kenarsisan saya ini blon ada apa-apanya dibanding temen temen yang lain.

Teruslagi, sering bgt kedatengan tamu mahasiswa jepang. Entah yang homestay, maupun yang statusnya turis. Walhasil, kami sering jadi guide amatiran. Lumayan banget lah, bisa jalan ke sana kemari gretong, trs bisa makan di tempat-tempat asik. Yang pasti dibayarin dong. Apalagi, gak jarang, tamu-tamunya ada aja yang lumayan untuk dijadiin gebetan. hehe. namanya juga jaman kuliahan!

Oiya kampus UI kan indah pula. UI Depok bo.. banyak spot-spot yang romantis hehe. Banyak pohon, ada danau, ada PSJ (Pusat Studi Jepang) yang untuk akhir dekade 90an, bangunannya sangat modern, dengan design yang minimalis, khas arsitektur jepang modern, tentunya PSJ ini sangat mencolok di UI saat itu. Trs lagi, tiap sudutnya kayanya indah banget deh, apalagi perpustakaannya. Tempat aku sering ngelamun bengong! Aku dan sobatku yang lain, TRI, juga rajin lari pagi keliling UI loh. Gak jarang sih dikejar anjing-anjing kampung yang galak abis, yang suka pada ngumpul di deket perpustakaan pusat. Itu loh yang jadi Pool Bis Kuning.

Hmmm itu sebabnya masa-masa kuliah dulu adalah masa-masa yang membahagiakan. Kompak semua! Banyak aktifitas, banyak kegiatan, banyak jalan-jalannya, ada festival, ada macem-macem deh. Nah dimasa-masa itulah aku mengenal seorang Almino Situmorang!

Sekarang, hampir sebagian besar Nihonmaru angkt 94, udah terpencar2. Ada yang di jepang, australi, korea, dan sebagian besar masih di jkt sih hehe. Ada yang masih tetep single, ada jomblo bahagia, ada juga yang tetap semangat melanjutkan study , ada yang sukses menjadi wanita karir, atau ibu rumah tangga seperti aku!! Meskipun di jakartapun, hampir bisa dikatakan kami hilang kontak. (atau gw aja yang gak gaul yah, sibuk sendiri hehe)

Pokoknya, membaca setiap lembar novel karya mino ini, membuat aku semakin kangen sama sosok ibu satu itu. Walau ceritanya jauhhhhh bgt dari kehidupanku sekarang, tetapi tetap membuat aku enjoy membacanya. Karena setiap kata-kata yang terangkai menjadi kalimat-kalimat yang sangat mewakili mino. Mino Bgt. Kocak. Lucu. Iseng bgt!
Oiya, membuat aku jadi sibuk bernostalgia dengan jaman-jaman kuliah dulu.

Tks Mino. Tks teman-teman atas semua kenangan yang indah bgt. Khusus untuk mino, tks atas inspirasinya. Tks sudah mengingatkan aku kepada kekuatan impian! Ganbareba, Nantokanaru kara ne…

Satu lagi, kita berdua sama-sama penggemar berat White Lion. Khususnya lagu "Till Death Do Us Part".Wahhh kalo udah nyanyiin lagu ini, serasa dunia milik kami doang dahhhhh…..

Btw, tks kepada Friendster, yang berkat friendster kita juga suka ketemu temen-temen lama. Berikut adalah Testimoni dari ttg Mino, dan ada testimony dari Mino juga ttg seorang Yulia Astuti.

Yulia Astuti bicara ttg Almino Situmorang :

minolaaaaa.....halaaaahhh gw kangen bgts...!!!salah satu temen seperjuangan gw waktu di kampus dulu hehehehe...banyak kekonyolan2 kita ya...*gw lebih tepatnya lageee* hwaaaaa..old memories membangkitkan naluri gw...nah loh..kok ga nyambung...btw, ttg mino..hmmm asik deh...apalagi kalo lagi share cerita lucu hahahhaa...orangnya romantis juga loh...no, masih suka lagu white lion, till death do us part ga? hayoooo...!! sabar..meskipun dia orang batak *ihhhh SARA deh gw...* baek bgt yah pasti lah,...oh iya dia juga pandai menulis...eh no, masih bikin cerpen ga? trs sekarang kok jadi cantik ya??hahaha kesannnyaaa...engga dink, yg benar, tambah cantik....mmmmuahhhh sun kangen buat elo, sun sayang buat helena yg cantik ;)

Almino Situmorang bicara ttg Yulia Astuti :

yul...gile, ini org paling gak bisa gue lupa di angkatan gue. dia itu ibarat iklan: GAK ADA LOE GAK RAME. ceritanya kocak2, sakit perut mulu kalo dgr cerita2 dia saking lucunya. dulu dia rambut cepak, kriwil,jago karate, dan FUN-FEARLESS WOMEN deh. trus suka jalan dan nongkrong ama kite2, dan biasanya kalo ada dia ada aja kesialan terjadi, cth salah naik bis, he3x.inget ga wkt kita mau ke tnh abang, hahaha...udah gitu, dia itu body-nya ok bgt, langsing terus pdhl mkn jln terus, ngemil juga. tauk lari kemana. inget kan wkt kita nyanyi2, lagu WhiteLion di acara mapras mhs baru di puncak, trs bakar jagung, main kartu, ngegosip dst...kangen banget deh gue ama loe.eh, loe salah yul,gue tuh ngerasa skrg makin jelek, tau, makin tua dan udah ibu2, salah kalo loe blg gue makin cantik, loe tuh yg makin feminin dan lady looks.ayo dong ketemuan reunian, kangen nih...lucu ya ngebayangin dulu kita msih pd jomblo, skrg udah emak-emak...salam buat your lovely family.mwuah

Profiles ttg mino juga bisa disimak di http://profiles.friendster.com/28404302

4 comments:

Unknown said...

Hi Yul! Apa kabar? Gue dapet blog elu gara2 dikasih tau temen gue. Dia bilang dia nemu foto gue di blog ini. Hahahaha.... Culun banget ya foto kita jaman kuliahan. Kayaknya udah pada berubah banyak deh, termasuk elu. Btw, di keterangan fotolu nama si Pipoy ketinggalan tuh. :) Angga

Unknown said...

haaaiii angga!!! gimana kabar elo? uda balik ke sini blum sih?? wah kok bisa2 nya temen elu dapat blog gw :) btw, gimana kabarnya ga?? masih berminat gak program beasiswa? gimana caranya gw kontak elo nih? gw lost kontak sama elo. ym juga jarang ol ya?? miss u!

Charley Hutabarat said...

Kulonuwun...ikutan ya...?

Dulu aku punya teman sekolah waktu SMA, namanya Almino Situmorang, hmmm... saya masih ingat dia itu waktu SMA sering nulis Cerpen, apa Almino yang ini ya? yang SMA nya dulu di SMA Negeri Sipoholon?. kalau benar, Woww.... dasyat bangat, salut dan ikut bangga pastinya. Kalau bukan ini almino yang aku maksud... tetap bangga juga sih... karena namanya sama. peace...!!!

Mino said...

charly hutabarat?
ise do tahe? lupa2 ingat.
iya, ini saya almino yg pernah di sma sipoholon.
coba masuk ke milis sipoholon deh, sigeaon@yahoogroups.com.
banyak teman di sana, bisa nostalgia.