Tuesday, February 27, 2007

Resep Rahasia

Bener juga apa kata orang-orang, bahkan para ahli kuliner tingkat dunia juga sering bicara : gak peduli, seberapa mahalnya bahan yang kita masukkin, gak peduli berapa sulit prosesnya, yang menentukan masakan lezat atau tidaknya adalah seberapa banyak CINTA yang kita masukkan...
Bahkan, di bukunya masaru emoto yang ttg kekuatan air, ada foto nasi yang ditaruh dibotol yang dilabelin cinta dan yang tidak, ternyata setelah 1 bulan, yang tanpa label, rusak, berwarna kehitaman, sedang yang diberi label berwarna keemasan, dan mengalami proses *apa sih namanya, malah lupa, ituloh proses singkong jadi tape..hehe, bukunya lagi dipinjem sih, jadi gak bisa ngecek*

Aku sendiri orangnya suka jajan, suka makan, tapi biar udah pergi kemana-mana, tetep aja kalo malam2 pulang, mampir ke rumah ibuku, aku bela-belain makan dulu di sana, biar udah kenyang juga, tetep kurang afdol kalo gak mencicipi masakan mamah-walo terkadang cuman 2-3 sendok aja. Habis gimana kalo kemana-mana seharian, suka kangen masakan mamah. Apalagi, setiap aku pulang, biar udah malampun, ibuku pasti bangun, dan menemani aku makan. Sepertinya beliau puas sekali, kalo aku melahap masakannya *duhh cinta seorang ibu memang luarrrr biasaaaaa* Sebagai pecinta soto, aku selalu mencoba soto yang enak, udah banyak tempat soto yang aku rasain, emang banyak yang enak-enak, tapi teteppp aja, makan soto buatan mamah, terutama soto ayamnya, is the best. Walau bukan berarti aku gak pernah enjoy makan di luaran yah, itu mah tetep aku nikmati, tapi kalo begitu ketemu masakan mamah, puasnya ituloh lahir batin. *halah*

Adikku sendiri, linda, yang sekarang tinggal di margonda, depok, mengaku selalu rindu masakan mama, setiap ada kesempatan main ke priok, pasti pulangnya, bela2in bawa sekotak gede isi masakan buatan si mama..yang pasti sih, mama emang jago masak, tapi yang bikin selalu kangen..aku rasa adalah rasa cinta, perasaan cinta dari seorang ibu saat memasak. perasaan tulus itulah, yang ternyata menjadi MSG paling Tobs, MSG paling aman, murah, dan tanpa efek samping, eh ada deng efek sampingnya, bikin kangen! kalo kita masaknya sambil ngeluh, sambil sebel, dijamin, rasanya kurang sreg...semua setuju dong, ttg hal ini. Makanya kalo dulu, aku bela2in masak sendiri di rumah, seneng sih, tapi setelah aku pikir2, lebih baik di outsorce-kan, hehe, order ke mama.

Bukan berarti masakan diluaran, gak enak loh. Banyak juga yang luar biasa, hasil karya dari mereka sang juru masak yang memang passionnya di sana, yang memang panggilannya disana, yang memasak gak semata-mata untuk jualan aja, tapi juga didorong oleh keinginan yang kuat untuk melayani para pembeli, spirit memberikan kesenangan, kebahagiaan bagi siapa saja yang mencicipinya, menikmatinya, woooww..pasti rasanya luar biasa. Sering kok aku ketemu, tempat makan yang gak cuman ngejual menu aja, tapi juga memberikan rasa cinta yang nyelip didalam setiap menunya. Aku rasa, Warung Mulyono, warung tenda masakan seafood di daerah pademangan, tempat favoritnya, pak roni, bu ely, pak agus, pak iim, dan sekarang aku ikut2an juga..pasti udah memakai resep rahasia ini. hehe.

Hayoooo yang punya usaha dibidang makanan, seberapa banyak cinta yang mau diberikan?jangan jual menu, jual cinta dong..

No comments: