Tuesday, August 5, 2008

Oleh-oleh dari Franchise International Malaysia 2008

Yulia, moz5 salon muslimah Dengan Pak Burang, IFBM

Week End minggu lalu, tepatnya tgl 2-3 agt 2008 aku berkesempatan mengunjungi KL lagi. Wah, kesempatan yang luar biasa. Berawal dari ajakan Pak Burang dan Pak Roy , IFBM, untuk ikut rombongan ke sana sebagai tamu mengunjungi International Franchise Malaysia 2008 (1-3 August 2008). Awalnya sempat kutolak, karena ada beberapa agenda penting, termasuk jadwal therapy kiya dengan dr LUH.

Tetapi…2 hari menjelang hari H, tiba-tiba ada telpon dari Pak Burang yang mengkonfimasikan apa benar tidak ikutan. Karena, Cik Fauzi dari PNS sudah membuat janji dengan beberapa pengusaha Malaysia yang tertarik dengan bisnis moz5.

Waduh.

Timbang sana timbang sini, akhirnya aku memutuskan berangkat. Ditemani suami sih. Awalnya, aku berkeras berangkat sendiri aja, tetapi sepertinya Mr A N gak tega kali ya, istrinya berangkat sendirian. Kalau diculik gimana?? Atau kalo di gebukin aparat sana karena disangka Tenaga Ilegal??Hehe…

Aku pikir, kesempatan jarang-jarang datang dua kali. Aku punya dreams, moz5 go worldwide. Dan mungkin sekali ini adalah jalan menuju kesana. Don’t Know. Tapi harusnya sih begitu.

So, last minutes aku putuskan, KL here We Come!!

Cari tiket online, booking hotel online juga. SIAP!! Jumat malam aku dan Mr AN berangkat juga ke KL. Selain urusan moz5, ada satu hal yang membuat aku sangat sangat bersemangat ke sana. Aku bisa minum teh tarik sepuasnya. I LUV Teh TARIK.

…dan semua berjalan indah seperti yang aku harapkan. Di sana kita ketemu orang-orang luar biasa, dengan mimpi luar biasa pula.

Di mulai hari sabtu pagi mengikuti sesi Pak Haryadi Hartawan, Owner Odiva (satugroup dengan DISC TARRA dan Goiza). Sharing beliau pada workshop franchising, bener2 luar biasa. Bagaimana passion beliau terhadap Entertainment. No wonder, Odiva dan Disc TARRA bisa sukses di Indonesia. Materi yang bagus dikemas dengan cara pembawaan yang menarik, membuat sessi beliau menjadi luar biasa berkesan. Gak malu-maluin orang Indonesia deh. Dilanjutkan dengan sharing dari Celcom Malaysia yang juga bagus banget, hanya saja cara membawakannya tidak semenarik Mr haryadi.

Lanjut ke atas melihat Franchise Exponya. Dibandingkan dengan Franchise Expo di JCC bulan j uni lalu Jauh lah kalo dari segi jumlah peserta dan pengunjung. Mungkin hanya 1/3-nya ya.Tapi aku ketemu dengan Mr Hendi Babarafi yang buka stand di sana loh. Hebat deh. Aku yakin pasti akan sukses deh sekelas BabaRafi mah di malaysia. Sukses ya!

Siangnya lanjut ke acara Tour de Mall. Dikoordinir sama bu Sofia dari Malaysia Franchise Assosiation, rombongan dari Indonesia ini diajak muter2 mal di sana. Disambut oleh PR masing-masing mall dan menerima penjelasan panjang lebar ttg mal tsb. Yah profile pengunjung, tenants, sewa, fasilitas dll. Jadi, maksute kalo kita nanti mau buka outlet disana udah ada gambaran gitu loh.

Rutenya aktifitas hari ini

1. Ngumpul di PWTC (Putra WOrl Trade Center) setelah maksi bareng di De mall, persis di sebrang PWTC.

2. Pavillion, UP CLASS Shopping Center. Di sini di lantai paling atasnya, ada lantai khusus perempuan loh. ISinya yah gak jauh-jauh dari spa, salon, slimming center, asik deh. Di Food Area yang besar banget itu, ada JCo!!

3. Berjaya Square dikawasan bukit bintang, untuk MIDDLE CLASS (kalo di sini ada mini DUFAN di dalamnya, hehe). Jumlah anggota rombongan sudah semakin merosot. Hehe. Udah pada ngilang, kabur untuk urusan masing-masing. Melihat semangat dari para panitia yang begitu antusias ngurusin kita dan memastikan semua berjalan lancar, aku jadi gak tega dong kalo gak ikutan semangat. Jadi aku harus berpikir keras mengajukan pertanyaan2 supaya kelihatan semangat juga hehe. Padahal, terus terang, aku ngantuk dan capek bgt. Apalagi penjelasan dalam bahas inggris dan logat malay hanya bisa aku tangkap 30% doang hehe.

4. Dinner di Salona Bistro. Udah capek muter2 mall dan sedikit berbelanja hehe, akhirnya terakhir di Salona ini. Wah asik tempatnya. Makanannya juga enak-enak. Buffet bo, jadi bisa puasss. Berhubung kita bak tamu VIP kenegaraan, jadi kedatangan kita pun disambut iringan music melayu. Dan selama acara dinner juga ada lagu-lagu dan tarian melayu. Pada sessi ini juga aku bisa puas ngobrol2 sama hostnya PNS. Aku juga manfaatin waktu dengan diskusi dengan Mr Sahrul yang mimpin anak perusahaan dibawah PNS, My Franchise. Kalau mau masuk M'sia yah harus lewat beliau inilah. Aku banyak bertanya seputar gimana sih kiat kalau mau sukses berbisnis franchise di m'sia.

Btw, PNS ini salah satu divisi dalam kementrian Negara (spt DepDag or kementrian UKM kalo di indonesia ya) yang mengurusi FRANCHISE. Mereka juga memiliki Franchise Service Center berlokasi di PWTC. Di FSC ini kita bisa mencari info seputar franchise, tersedia beberapa computer lengkap dengan internet. Ada mini librarynya, ada ruangan meeting (yang bisa kita gunakan untuk presentasi or training even meeting dengan mitra kita!!) Luar biasa bgt. Kalo aja di Indonesia kita punya, wah gak perlu sewa2 ruangan kalo mo bikin business seminar hehe

Di salah satu ruangan Franchise Service Centre

Sedangkan hari kedua, pagi-pagi setelah sarapan, kami kembali ke PWTC untuk mengikuti speech dari Mahathir Muhammad yang memang luar biasa pengetahuan dan sensenya pada bisnis. Apalagi pada sesi Tanya jawab. Pertanyaan2 yang agak susah, bisa dijawab dengan mudah dan baik. Tidak ada kesan diplomatisnya tuh. Dan yang penting jawaban dan pertanyaannya sangat nyambung. Gak seperti pejabat2 sini, kalo ditanya apa seringnya gak nyambung jawabannya. OOpss. gak semua dong ya.

Setelah itu, kabur bentar ke KLCC, untuk sedikit belanja hehe. Bertiga sama Bu Itta Supit (Ketum Perhimpunan WALI) dan Bu Evie (Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk). Sorenya, aku diantar Naza dari PNS ketemu dengan Cik Fauzi di de Curve. Mengunjungi Forrest Secret (spt Bodyshop gitu lo). Sempat juga membicarakan peluang kerjasama antara Forrest Secret dan moz5 salon muslimah. Terakhir, merupakan bagian penting yang menjadi agenda utama, aku presentasi dengan bbrp pengusaha wanita Malaysia. Acara ini berkembang menjadi diskusi yang berlangsung hangat dan antusiasme mereka terhadap moz5.

Di Outlet Forrest Secret, de Curve

all about moz5 salon muslimah : Dreams and Passions

Minggu malam, pulang ke indo. Jakarta Here I COME!!! Kali ini kembali dengan penuh semangat, penuh PASSION, dan NEW DREAMS!!

Karena Pesawat Air Asia 21:30-nya Delay ke jam 11.45, aku jadi punya banyak waktu menamatkan buku yang sengaja aku bawa, "Budha" karangan Deepak Chopra (Hayoo ada yang udah baca juga gak?)

Banyak magic moment, banyak sekali saat-saat yang sangat berkesan dan menyentuh. Business memang untuk kehidupan kini dan nanti. Business juga membutuhkan dreams dan passion untuk bisa bertumbung dan berkembang (biak).

Ada pertanyaan yang menyentuh dari peserta workshop franchising yang diajukan ke Mr Haryadi. Yaitu, apa kelebihan indonesia yang tidak dimiliki malaysia dan sebaliknya. Dijawab langsung dengan luar biasa.

"Di indonesia, semua serba sulit. Jadi kita terbiasa untuk kerja keras, berjuang, kalau tidak hidup kita akan berakhir di jalanan. Itu yang membuat pengusaha indonesia lebih tangguh, kreatif dan banyak akal. Sementara di Malaysia, semua relatif lebih enak. Pemerintah sangat melindungi rakyatnya. Pemerintah juga mendukung pengusaha kecil. Itu membuat hidup di malaysia lebih nyaman. Itu kelebihannya, akan tetapi membuat Orang malaysia jadi kurang tangguh, kreatif dibandingkan orang indonesia."

Kalau kelebihan masing-masing dikolaborasikan, hasilnya akan sangat indah. Maksute, kalao pengusaha indonesia dikasih kesempatan mengembangkan bisnisnya di malaysia dengan fasilitas dan dukungan dari pemerintah malaysia, wuihhhh hasilnya kaya apa tuh?? masih banyak lah pertanyaan-pertanyaan lainnya yang memang luar biasa. termasuk sesi dari mahathir Muhammad. Pokoknya aku belajar banyak lah.

Btw, aku gak bisa sering2 minum teh tarik pada kesempatan ke KL kali ini. karena kebanyakan makan di resto atau kafe. Walo sempet juga sih makan di Nasi Kandar, kan kalo di tempat2 makan india gitu, teh tariknya mantappp banget. Buatan Mamak istilahya, untuk teh tarik yang kita teukan di warung makan keturunan india di sana.

Last, Tulus dari dalam hati aku mau say Tks to pak Burang dan Pak Roy yang sudah mengajak dan membimbing sejauh ini, pihak PNS (Pak Fauzi, Pak Sahrul, Miss Naza, dll atas hospitality-nya), Bu Itta dan Bu Evie untuk berbagi kenangan dan kebersamaan yang sangat FUN,

dan kepada suamiku Mr A N yang sudah merelakan waktu menemani, mengepak barang, dan memastikan semua berjalan lancar. Asik loh kalo ada Mr AN aku terima beres deh, mulai dari tiket, hotel, semua dia urus. Tas, passport dan dompet juga dia yang pegang, kalo mo belanja tinggal tunjuk , mo makan apa tinggal sebut, beres deh. Apa jadinya aku yang ceroboh dan pelupa ini kalo berangkat sendiri ya??hehe

Well, sekarang Semangat!!

Yulia Astuti- founder moz5 salon muslimah

No comments: