Wednesday, July 23, 2008

KARMA


Pada suatu senja yang hmm lumayan indah. (hehe romantis amat kalimatnya) Di sudut sebuah kafe, aku duduk menanti temanku. Seperti biasa, temenku ini ngaret. Padahal katanya dia yang mau curhat.

Kenapa ya, orang sering banget ngaret. kalo ON TIME kayanya kampungan gitu loh! Terserah deh, biarpun temenku ini selalu ngaret, dan aku tahu banget itu, tapi yang penting kita sendiri tetap ONTIME kan?

Di sebelahku, ada rombongan ibu-ibu asik berceloteh. Hmm acara arisan bulanan kali ya?Aku sendiri memilih melanjutkan membaca buku. Sambil sesekali nyeruput coffeelatte dan Choco Cake. Hmm enak!

Gak lama.
“ADUHHH MAAF YA JENG-JENG, AKYUUU TELAT NIH. ADUHHH SEBELL DEH” ada suara ibu-ibu setengah baya. Modis, cantik, dan Heboh.
“EHH AKU KAN PARKIR MOBIL DI RATUPLAZA, trs kesini naik Ojeg!!!!”

*aduh, kenapa naik ojeg ya bu? Kan dari Ratu Plaza ke Plasa Senayan sini tinggal jalan kaki,lewat pintu kecil dibelakang sini, deket banget lagi. Kalo naik ojeg emang jadi jauh, kan musti muter dulu lewat senayan” Duh, aku kok ikut-ikutan nyautin sih? Dalam hati sih....

“eh tau gak yang nyebelin apa?? Masa si tukang ojeg sialan itu ngotot maunya 10 rb, padahal kan ya ampun deket bgt!”

“Ih amit-amit deh gw kasih ceban, gw iyain aja dulu. Pas turun nih, gw kasih aja Goceng (5000)”
“Emangnya gw bego apa, ga tau tarif ojeg! Sykurin tuh orang! Dia marah-marah, gw tambah ngamuk-ngamuk! Wah ribut deh, tapi yang penting nih gw akhirnya Menang!!!”
Panjang lebar si tante cantik itu ngoceh. Aku sendiri otomatis gak konsen membaca dong. Bukan niat mo nguping sih, tapi emang terdengar jelas sih. Kulirik, beberapa tamu juga memandang si ibu itu bercerita. Sementara temen-temennya ikut-ikutan menyoraki si tante ini.

Hufff! Segitu puasnya yah “menang” sama orang kecil kaya si tukang ojeg itu. Kok kayanya bisa “ngambil” uangnya si abang 5 rb kayanya suatu prestasi. Iya dong namanya ngambil uang orang, karena kan udah menjadi hak si abang. Lah wong awalnya harga 10rb sudah disepakati.
Ironis ya. Kita suka keukeuh nawarrrrr semurah mungkin sama para pedagang, tukang ojeg, tukang, dll. Bahkan 500 perak juga kalo bisa ditawar mah, hayuuuukkk. Ada suatu kegembiraan kecil, kalo bisa menekan harga serendah-rendahnya.

Hehe, aku dulu suka ikutan bazaar di perkantoran-perkantoran. Waduh, ibu-ibu cantik dan modis itu kalo nawar harga gila-gilaan banget loh. Pernah suatu hari kalung dan gelang batu aku ditawar 10rb 3!!! Hiks sampe pengen nangis tuh.

Balik lagi ke topik awal. Sementara kita menawar dengan menekan harga abis-abisan, sering kali kita malah menghambur-hamburkan uang dalam bentuk yang berbeda . Malah pernah seperti ketipu.

Temenku pernah ada yang sharing, dia naik bajaj ke tanah abang nawar gila-gilaan deh. Sama spt si tante udah sepakat dari Sabang-ke Blok A 5rb. eh waktu turun dia masih keukeuh mau bayar 3rb aja! Singkat kata setelah berbelanja baju ini itu, pas mau pulang dia liat baju yang sama yang dia beli kodian di toko pojok lt 1 malah di deket lobby harganya jauh lebih murah. Dia itung-itung, seleisih harganya jadi 200rb! Karena beda 1o rb per pcs. Sedang dia beli 1 kodi! Katanya “buset gw “untung” 2 rb dari tukang bajaj, malah sekarang buntung 200rb!”

Atau pernah juga melihat ibu-ibu nawar sesisir pisang kepok dari harga 7rb nawar abis ke 3rb. Si penjual yang adalah mbok-mbok tua, cuman kasih muka pasrah. Akhirnya si ibu itu hanya minta tambahin 500rp aja buat untung dia. Ckcckkckk! Pisang kepok bo, 1 sisir!!

Emang sih prinsip tawar menawar itu sesuatu yang lumrah. Selagi dapet harga yang lebih murah kenapa engga? Toh dalam bisnis juga biasa lah. Istilah kerennya negosiasi harga.

Tapi, plis deh, liat-liat dulu kali ya bo dengan siapa kita tawar menawar. Kalo di pasar, sama
tukang ojeg, tukang bajaj, mbok ya sedikit kendor gitu loh. Yang proporsional aja lah. Kalau harganya gak masuk di akal okelah. Tapi kalo masih taraf wajar, Sabang-tn abang, 5rb, yah wajar dong. Lha wong 7000 juga masih pantes. Masa 3rb sih? Hari gini??

Apalagi kaya si tante cantik di kafe itu, masa udah sepakat harga 10rb, tiba-tiba pada saat pembayaran malah ngotot 5rb? Waduh kacau banget. Kalau di dalam bisnis, wah bisa masuk BlackList. Syukur2 kalo gak dituntut dipengadilan hihi!

Malah alangkah baiknya, kalo kita mau memberi bonus sekali-sekali. Dari harga 7 rb, kita kasih bonus aja 3 rb, jadi kita bayar 10rb. Toh cuman 3 rb. Bayangkan aja harga mizone (kesukaan ku) udah 5rban kalo beli di warung pinggir jalan. Sama dengan harga 1 teh botol juga.

Sesuatu yang kecil bisa sangat berarti buat orang lain. Bukan cuman 3 ribunya aja, tapi rasa diperhatikan, rasa ada orang yang mau memberi “hadiah” kepada kita, itu loh yang mungkin sekali sangat berarti bagi mereka.

Apalagi toh di dunia ini ada yang namanya karma. (Setidaknya, aku termasuk orang yang percaya karma) Seperti kasus temanku tadi, gara-gara merampas 2rb dari tukang bajaj, eh malah tekor 200rb.
Walau, tentunya kita berbuat baik kepada orang lain harusnya jangan karena karmanya dong. Tulus dalam hati. Sekedar berbagi sesuatu yang (mungkin) menjadi hak orang lain.

Yulia-Founder moz5 salon muslimah
*gambar di ambil dari www.smallbiztechnology.com

1 comment:

Sri Khurniatun said...

wah mb yul mantap nih postingannya, kata AA GYm juga gitu kita kadang ngotot nawar justru sama pedagang kecil dan orang kecil, tukang bajaj, penjual pisang dll. Tetapi kita pasrah aja bayar mahal di supermarket yang notabene milik orang besar, Yupp.. mengingatkan kita