Thursday, April 3, 2008

Tentang Kiya (Part 2)

Kiya Usia 7 bulan



Walau begitu, kami tidak tenang-tenang aja. Tetap ambil tindakan dengan melakukan fisioterapy. Ini juga gak gampang. Sang terapis sering kali kewalahan menghadapi kiya yang memang tidak bisa diem. Kebayang kan, Pak, Bu, terapis anak yang memang sudah biasa ngadepin anak aktif aja, mereka sering kewalahan ngadepin kiya. Sering keceplosan, sambil ngelap keringat 'waduh nih anak gak bisa diem ya bu“ Sambil senyum, dalm hati aku ngebtin „ya emmmmmaaannngggggg' hehe.

Toh, tetap gak ada perkembangan berarti. Kami tetap ke dokter neurolog yang sama, dan tetap tidak ada keterangan. Kalau dikorek2, jawabannya itu itu aja, "Ya, memang gitu“
Sampe aku rasa udah saatnya cari alternatif lain. Bukan ke dokter lain, tapi malahan ke Mbah pijat di jawa yang tempo hari aku ceritakan. Setelah bulan juli 07, saat kiya berusia 1, 9 bulan kiya 3 kali di urut di sana akhirnya bisa duduk sendiri. Kami jadi yakin, bahwa ada harapan nih kalau rutin terapi di sini. Masalahnya, kiya harus ditinggal berbulan-bulan, itu yang kami,maksudnya aku, gak sanggup. Setelah pikir2 lamaaa, akhirnya di bulan desember, aku memutuskan OK. karena di usia kiya 2 thn 1 bln, kiya masih hanya merayap saja dan belum bisa berkomunikasi.

Singkat cerita, di bulan maret, sekembalinya kiya dari Jawa, lagi-lagi aku merasa was-was. Kok, aku merasa tidak ada perubahan yang signifikan ya? Memang sekarang kiya sudah bisa merangkak. Ini juga aku kaget, aku pikir kiya gak melalui tahapan merangkak, tapi langsung berdiri. Kan ada tuh anak yang tidak melalu tahapan merangkak, jadi dari merayap langsung berdiri. Untuk komunikasi tetap masih minus ya. Kiya belum bisa mendengarkan apa yang kami ucapkan, maksute belum ngerti. Kalo diajak ngomong gak natap mata, tapi jelalatan ke sana kemari.

Yo Wis, aku bawa ke dr neurolog-nya sekalian periksa ini itu. Jadwal rutinnya, jadwal rutin yang aku buat sendiri. Habis gak pernah ada tuntunan, kapan aku musti balik lagi. Tapi kali ini ada perubahan dari reaksi sang dokter, Kalo biasanya tenang-tenang aja dan optimis, sekarang kok malahan seolah-olah Kiya jadi pasien barunya. Simak komentar beliau.
Mama :“Dok, udah setaun ini lingkar kepalanya kiya gak bertambah loh, masih 43, sama seperti april 07. Gimana tuh dok?“
Dokter :“Oya? kok kecil ya?
Mama :“Lha iya dok, makanya kan selama ini saya periksa ke sini“
(waduh piye tho dokkkkk????“)

Dokter :“Oh ya emang gitu sih“
Mama :”Trs anak saya gimana dong? masih bisa ada kemajuan ga?”
DOkter : “Ya kalau udah di atas dua tahun sih susah”

Mama : *Hwaaaaaaaaaaaaaaaaaa rasanya mau pingsan* “Hm gini aja deh dok, trs kita musti gimana? terapi apa? atau periksa apalagi? atau minum apa kek?” *Maksa judulnya, udah mood mau makan orang soale*
Dokter : “Hmm gimana dong, abis gak pernah terapi lagi ya? Ibu mau terapi lagi ga?
Mama :“Ya iyalah“
Dokter :“Mau saya kasih referensi ga?“

Mama :“Ya dok“ *Apa kata elu deh dok*

Begitulah kira-kira dialog kami suatu malam 2 minggu lalu, di jam 11.30!! Kami memang dapet jdawal jam 12an malam, tapi ngotot dateng jam 10an. Akhirnya baru dapet giliran jam 11.30, lumayan nunggu lama juga, tapi emang salah kami sendiri, sapa suruh nekat hehe.Yah namanya juga usaha, abis gimana, setiap periksa, emang selalu membawa kiya tengah-tengah malam gitu. Soale susah lagi nidurin kiya yang udah terlanjur bangun dan main2 di klinik.

Jawaban dan komentar sang dokter tadi emang bikin aku shock. Selama ini beliau yang selalu optimis tapi kok tiba-tiba seolah gak kenal anakku kiya. Seolah-olah baru pertama kali ngadepin kiya. (ya sih pasiennya pasti bejibun bo’, tapi kan ada kartu status pasien. dan aku periksa di klinik anak yang mahal ini masa gak ada sistem database pasien sih?? Pasti adalah).

Ini nih yang namanya perasaan gado-gado. Mau marah, kecewa, kesel, nyesel, macem-macem dah. Nyeselnya, yaelah udah periksa lebih dari 1 tahun, dari kiya usaia 11 bulan sampe 2 thn 4 bln, eh kok malah digituin? dulu dia yang optimis, kok sekarang gitu? kalo cuman lingkar kepala kecil mah, itu udah tau bo’ gak perlu ke neurolog, nenekku juga tau, begitu ngeliat kiya!!! Dalam pikiranku,“Terus, ngapain aja gw selama ini, sia-sia dong...Urrrggghhhh“

Ya gitu deh, kondisi aku below the line bgt. Nyalahin, melempar tanggung jawab. Padahal kalo dipikir2 sih, jadi orang tua, yah sama aja kaya jadi pengusaha, harus punya OWNERSHIP yang sangat tinggi! Bukannya malah melempar tanggung jawab ke dokter, pengasuh, guru, media, dll. Spt kasus kiya ini, kenapa harus kecewa berlebihan kepada dokter tsb? Tugas dia hanya memeriksa, dan tugas kita sebagai orang tua adalah ambil tindakan. Ya kan Bu, Pak? Kenapa juga selama ini aku hanya bergantung kepada beliau? toh selama ini juga aku gak ambil tindakan apapun, even cari second opinion? kalau ternyata dia ada kesalahan analisa, so what???

Ketimbang aku bete dan nyesel yang justru menguras energi lebih banyak lagi padahal untuk aktifitas sehari-hari aja, aku butuh energi banyak, hehe. Aku memutuskan untuk cari informasi sebanyak-banyaknya, kan ada Om Google, ada teman-teman, ada majalah dll deh. Kayanya basi banget deh nyalahin dokter itu doang. Karena kalo mau informasi neurolog, terapi, dll bejibun kan? emang sih menyalahkan pihak lain kayanya lebih enak, tapi gak menyelesaikan masalah tuh. Malah memperumit masalah.

Bersambung lagi ya bo’
Hehe, maaf bukannya mo bikin penasaran tapi emang lagi terbatas bgt nih waktu nge-blog. maaf ya.

btw, postingan ini Judulnya Tentang Kiya, tapi isinya kok lebih banyak tentang mamanya kiya yaks?

salam,
Yulia- mamanya Kiya
Founder moz5 salon muslimah

1 comment:

palsayfara said...

sabar ya yul...Kiya diciptakan spesial supaya dirimu semakin kuat & selalu dekat denganNya. Doa-doa dalam kesedihan adalah doa yang paling didengarkan Tuhan. Amin.