Tuesday, June 19, 2007

Karakter

Ini nih yang bikin aku males kemana-mana, males keluar rumah. Kiya-ku dan Caca-Ku. Apalagi pas liburan sekolah kaya sekarang hehe. Si kaka udah mulai libur dari minggu lalu. Si kiya sekarang tambah hiper aktif. Kayanya sekarang dia lagi melatih vokal deh, mungkin ada bakat jadi penyanyi seriosa. Aduh jejeritan nya itu loh melengking..hehe. Belom lagi super sibuknya. Gak bisa diem. Apa aja digratakin. Hukum Like Mother Like Daughter, proven. Hehe.

Senang mengamati karakter mereka. APalagi keduanya jelas-jelas berbeda. Si kaka, caca, typikal melankoli-pleghmatis. Hehe, pecinta damai yang sensitif. Waduh sensinya ampun deh..apalagi dalam hal menjaga perasaan orang lain. wah, kalo yang ini membuat kaka jadi sangat bijaksana dan sangat dewasa. Misalnya nih "mah, Miss Laura tadi mau cerita lucu. Tapi sayangnya gak lucu, dan anak2 pada gak ketawa, aku kasian, jadi aku pura-pura ketawa. aku gak mau miss Laura jadi sedih gara2 gak ada yang ketawa."atau, "mah, kenapa dede kiya hari ini gak mau senyum sama aku? apa aku salah ngomong ya? apa dia gak sayang sama aku lagi ya?" belom lagi kalo udah mulai beranalisa misalnya nih " ma, kalo besok kita berangkat jam 7 ke bandung, berarti sampe bandung jam 9an, berarti udah mulai panas. apa gak lebih baik kita berangkat lebih pagi? trs sampe di bandung mendingan kita ke...trs ke...kalau misalnya ujan, kita ke..bla..bla.." hehe melankoli bgt yah..detail abis. semua dipikirin masak2...belum lagi hobinya yang beberes. gak seneng liat yang berantakan2, wah udah deh melankoli bgt.

Pleghmatisnya? yah cinta damainya itu. asik2 ajanya itu. ikut aja deh, gitu loh. Misalnya kalau misalnya mo beli baju, aku suruh milih, kaos pink atau hijau jawabannya "terserah mama aja. mama suka yang mana, aku ikut aja" dan suka menunda2 pekerjaannya itu yang phlegmatis abis...



Sedang kiya, wah bertolak belakang. Sanguin Koleris. Hehe, kebayangkan? Sanguin yang selalu heboh, ceria, rame, suka becanda, hehe. Maklum namanya juga sanguin, si pembawa ceria. Ciri orang sanguin kan gitu, spontan, hangat,ramah, gaul abess, colorful pula alias warnawarni tapi yah pelupa, berantakan, hehe. Kalo dimatch sama orang melankoli, si melankolinya yang bisa senewen, hihihi
nah Kolerisnya ini yang seru. Orang koleris itu tipe pemimpin. Mereka jagonya mengorganisir. Walo pada tahap tertentu mereka terkesan Bossy. Tapi orangnya keras hati, kalo udah punya goal, dikejarrrr terus sampe dapet. Pantang menyerah. begitu lah si kiya. Kalo udah punya mau wahhh dikejarrrr terusssss...bila perlu dengan kekerasan, yah dengan aksi Jejeritannya itu. Kalo ditegur, wah bales marah2. halaaaahhhhh. Kalo dikasih makan, dia bilang Udah, yah harus Udahan. Kalo dipaksa, wah dia bisa lebih galak lagi. halah kacau!


Banyak lah contoh2 lainnya. Yang aku jelasin di atas hanya sebagian kecil aja contoh2 dan pengalaman2 yang aku alamin sendiri. Dan yang pasti serulah mengamati dan belajar dari mereka. Dengan mengetahui karakteristik mereka, akan lebih mudah kita berkomunikasi. Kalo belum ngerti pembahasan ini, coba aja cari buku Personality Plus, Florence Littauer (Spell cmiiw), ada yang for kids juga, so highly recommend for parents :). Hari gene gak ngerti personality???? :P

Ngomongin karakteristik ini, tentunya semuanya ada kelebihan ada juga kekurangan. jadi bukan berarti satu karakter lebih bagus dari karakter lainnya. yang penting saling melengkapi dan dan kitanya bisa jadi bunglon. Misalnya Kalo lagi ngejar goal, kita harus koleris. Kalo lagi kerja harus sanguin, dibawa fun, kalo lagi bikin strategi harus melankoli, dan kalo lagi berinteraksi, harus plegmatis, harus banyak mendengar... Isnt it interesting??

Aku dan mas ary juga aslinya type yg beda bgt. Aku seperti kiya, sedang mas ary se gank sama caca karakternya hehe. Awal-awalnya sih sering terkaget2 lah, waktu baru merit hehe..biasa kan? Tapi seiring berjalannnya waktu, semakin banyak kami saling belajar. Aku banyak belajar untuk menjadi melankoli, dia pun banyak belajar untuk sedikit sanguin ;) hehe yah karakter kan harus berkembang juga dong....Menajadi lebih baik. Maka, kamipun mulai jadi bunglon..

No comments: