Monday, April 23, 2007

Perjalanan Itu...

Seringkali kata Pengusaha atau Pebisnis itu Kesannya Wah. Kesannya banyak duit, banyak pengaruh, aset dimana-mana. Tinggal ongkang-ongkang kaki, duit bergulung-gulung dateng sendiri. Jamdul bgt, setoran berupa duit yang digulung-gulung. Apapun bentuknya, yang pasti, Pengusaha itu erat dengan duit, harta berlimpah, walo seringkali juga pengusaha identik dengan hutang, kebangkrutan, keretakan rumah tangga, dll. Seperti memiliki dua wajah. Tapi aku gak mau pusing sama hal-hal yang negative seputar pengusaha, karena mendingan kita mikiran sisi yang positifnya. Toh, pengusaha juga seringkali dikenal sebagai sosok yang dermawan, bahagia, rukun, ganteng/cantik, punya banyak teman. Sampe dulu kadang malu kalo ditanya pekerjaannya apa, mo jawab pengusaha kayanya kok gimana gituuuuu. hehe.

Nah, bicara ttg usaha, ttg bisnis, Ada beberapa hal yang pengen aku sharing. Setidaknya aku sudah ngelewatin bbrp tahapan. Tahapan disini, murni istilah yang keluar dari aku, bukan suatu rumusan dari Mbah sapa gitu.
Nah tahapan yang udah pernah aku lalui:
1. Aku pengen jadi pengusaha, berhayal jadi pengusaha
2. Aku menjadi amphibi
3. Aku bertanya-tanya beginikah rasanya jadi pengusaha??
4. Aaku full tda
5. Aku enjoy jadi pengusaha
6. Aku bangga jadi pengusaha!!!

Ok, aku mulai dari tahapan paling awal.

Januari 2000 aku selesai sekolah, dan dibulan ini juga aku menikah. Bahkan, di bulan ini juga aku diterima jadi karyawan di salah satu perusahaan manufacture asal Jepang. Awal Febuari, aku positif hamil. What a Life!! Segala sesuatunya berjalan dalam waktu yang berdempetan (Pertanda bakal dapet rezeki gede). Nov 2000 lahir anak pertamaku. Sebenarnya saat itu, aku lagi seneng-senengnya merintis karir, tapi kemudian setelah lahir anak, otomatis aku juga lagi seneng-seneng dan norak-noraknya jadi ibu!! Yang satu nuntut perhatian, nuntut energi, pikiran dan sikap profesional, yang satu lagi, gak kalah heboh juga tuntutannya kewajiban sebagai seorang Ibu. Akhirnya, naluri keibuan yang lebih mendominasi, aku lebih condong untuk memilih peran aku sebagai ibu-lah disaat harus memilih prioritas. Seprofesionalnya kita mengatur peran, waktu, dll, kadang kita menghadapi dilema, karena ada saja bentrokan. Bayangin, seringkali udah jam 6 sore masih ada aja kerjaan dateng. Padaha , di rumah anakku yang ditinggalin kerja seharian udah nunggu jatah ASInya. Memang di kantor aku juga udah bela-belain mompa ASI tapi kan tetep aja kurang. Belum lagi, terkadang, harus pulang dengan membawa kerjaan, PUFH!!! Kalo cuti kerjapun, ada aja telpon berderang dering dari kantor, nanyain ini itu lah, yang bikin aku harus cepet-cepet berlari membuka email. Mungkin ini gak berlaku di semua lingkungan kerja, tapi setidaknya berlaku untuk aku. Makanya ga heran makin lama aku mulai mikir2, wah enak yah jadi pengusaha. Suka-suka aku ngatur waktunya. Tapi itu dia, cuman pengen doang.

Sampe suatu hari aku menemukan buku si kiyosaki, aku yang tadinya pengen jadi pengusaha eh malah berubah haluan, pengen jadi investor. halah. Gak tanggung-tanggung, invest di agrobisnis, padahal aku buta banget. Jangankan untuk berargobisnis ria, lha berkebun aja aku gak tertalu intres. Investasinya lumayan bgt, lumayan bgt untuk aku saat itu. Dan hanya perlu 2-3 bulan, untuk kemudian, uang aku lenyap!!!

Namun justru sejak saat itu, perjalanan ini dimulai...

Tahun 2002 Awal, aku kembali ke mimpiku semula, jadi pengusaha! Namun kali ini aku bertekad gak mau kepengen doang, berhayal doang. Musti segera take action. Saat berlibur ke oz, menengok suami yang lagi sekolah, disela-sela acara jalan-jalan ke sana kemari, aku juga sempet-sempetin belanja buku, tau dong, oz kan salah satu, surganya buku-buku management, street marketing, buku-buku ukm-k. Setelah kurleb sebulan aku cuti besar *sebulan bo' cuti panjang bgt* balik ke indo, aku lahap deh buku-buku itu semua. Sampe kemudian aku mulai yakin. OK, now its the time. Apapun yang terjadi. Anak masih belum bisa jalan, bapaknya nun jauh di sana, kantor lagi heboh2nya kerjaan, rumahku di priok, kantorku di cengkareng.Tapi itu dia, aku gak mau melihat masalah. Aku mau focus sama resultnya aja. saat itulah yang ada dibenakku. Heran juga sih sekarang kalo dipikir-pikir, kok bisa-bisanya saat itu aku gak ngeliat hambatan-hambatan itu sebagai alasan yah?

Saat itu, dibenak aku, Aku pengen punya usaha. Aku ingin punya salon muslimah. Dan harus di Margonda!. Kenapa salon?? Karena walaupun dulu aku tomboi abis, tapi aku suka merawat diri loh! dari smp-sma, aku udah seneng maskeran wajah, aku seneng dipijat, aku senang luluran, aku senang merawat diri. Aku enjoy dengan perasaan nyaman setelah perawatan, perasaan nyaman menyentuh kulit yang halus, bersih, dan nyaman mencium kulit yang wangi. Dan untuk itu, aku juga senang meracik ini itu, meracik ramuan2 yang kemduian dipake sendiri. Nah, aku pikir kenapa gak memulai bisnis dari yang kita sukai? aku bukan maniak salon, ke salon kalo gunting rambut doang, tapi aku suka perawatan diri!! dan aku seorang muslimah, kan setidaknya aku berjilbab :D dan selalu mengalami kesulitan mencari salon yang dijamin gak ada laki-laki berkeliaran...Itulah yang mendasari aku kepengen punya salon muslimah. Lalu, Kenapa depok? Karena aku udah terlanjur jatuh cinta dengan kota ini..*JKarena sebelumnya aku sudah pernah menetap di depok waktu kuliah, demikian juga dengan suami. Syusah kalo jadi orang yang gampangan jatuh cinta :D*

Kemudian, mikirin modal, yang udah pasti modalku kurang banget, lha wong tabunganku aja terkuras habis di bisnis sebelumnya. Maka aku cari cara lain dengan mencoba mengajak teman-teman untuk bergabung, tapi dari sekian banyak teman, yang mau bergabung hanya 1 orang. Itupun ditengah perjalanan awal kami, terpaksa pisah. Untuk menghormati beliau, temanku ini, aku gak bisa sharing di sini.Yang pasti di perjalanan dini inipun, aku udah dihadapkan satu sandungan yang pelik. Namun Alhamdulillah, aku bisa lalui itu..mungkin karena saat itu aku gak sempet focus sama masalah ya, tapi focus sama impianku saat itu. Jadi kok semua hambatan-hambatan saat itu gak kerasa sebagai seusatu yang mengganjal, karena cuman pengen cepet-cepet diselesaikan biar aku bisa jalan ke step berikutnya.

Banyak yang lucu juga pada persiapan teknis salon. Kesana kemari sendirian, nawar ac sampe ke glodok segala, padahal someday aku tahu, beli ac di depok malahan lebih murah :)) beli handuk di itc mg dua, beli kosmetik di ps baru, beli gorden di tn abang, pesen furnitur di klender, beredar deh kemana-mana. Pernah hujan-hujanan bagiin brosur, dikejar-kejar satpam gara-gara nekat bagi-bagi brosur di mall hehe, sampe main petak segala sama para satpam itu hehe. Buat sebagian orang hal-hal itu keliatannya ngenes yah, tapi sebenernya saat kita ngalaminnya, kita gak sempet mikir apa-apa tuh, boro-boro mo bermelankolis ria. Yang pasti sekarang, buat aku itu semua pengalaman yang SERU ABISS!!

Ada juga sih gangguan yang rada mengganggu yang sifatnya lebih ke arah pelecehan gender. Maklumlah, waktu itu usia aku masih 25, bisa dibilang wanita muda dan masih ijo dalam berbisnis, kemana-mana sendirian, jadi sering aja ada yang iseng. Nasib..nasib.. jadi orang cakep *halah kumat narsisnya :P* But its ok, itu semua bisa diatasi, bisa dilewatin. Toh semua tergantung dari sikap kitanya. Pada akhirnya, yang niat ngisengin, kabur semua tuh.

Pokoke semua persiapan, aku kerjain sambil tetep kerja bo' . Gak ngambil cuti kantor malahan. Tau kan kerja di perusahaan jepang kaya apa? Kerja rodi hehe. Toh, gak semuanya berjalan mulus, ada aja kendalaaaaaaa, adaaaaaaaa aja masalah! Namun, kalo kita berusaha sepenuh hati dalam mewujudkan impian kita, Insya Allah, uluran tangan Tuhan tuh selalu ada aja ya. Aku beruntung bgt banyak pihak-pihak yang mau membantu, entah darimana, seringkali tiba-tiba muncul bantuan, muncul kemudahan. Malah sampe sekarang aku masih membina hubungan yang baik layaknya sahabat dengan mereka yang awalnya hanyalah supplier, rekanan, dll.

Singkat kata, tralalatrilili, kesampean juga buka salonnya. Dengan nama MOZ5 (baca moslima), bendera Salon Muslimah siap berkibar!! Masuklah aku ke tahapan, menjadi amphibi. Tepat 9 mei 2002, Dengan 3 orang staff termasuk adikku, kami menerima tamu pertama. Rasanya gimanaaa gitu. Bayangin waktu tamu pertama ini dateng, ktia semua gugup!! salting!! Sampe baru sadar pas mulai malem, hah, belum punya gorden!! Jadi waktu lampu dinyalain. Hwaaaaa transparant bgt dari luar. Kaya aquarium, padahal tau sendiri, margonda tuh padetnya kaya apa. Buru-buru deh jendela ditempelin pake kertas koran. Hehe, norak bin konyol kalo diingat-ingat. Setelah tamu pertama dateng, tamu kedua, ketiga, silih berganti berdatangan. Alhamdulillah langsung pecah telor.

Dan hari-harikupun berjalan dengan dinamis. Pagi-sore ngantor di cengkareng, malem pulang kerja ke depok, yah naik KRL, naik Depok Express, atau nebeng motor sama teman yang kebetulan ke arah depok. Hwaaa Cengkareng-Depok. Tepos-tepos deh. Menjelang tengah malem sampe di priok, ngurusin anak yang masih belum bisa jalan, dan masih menyusui pulak! Kalo dipikir-pikir aku preman juga yah, bayangin kalo dari depok, jam10an gitu nunggu bis di daerah kp rambutan. Tapi lagi-lagi, Alhamdulillah, aku selalu dijaga, engga pernah ngalamin kejadian apapun.

Nah, setelah jadi ampibi, aktifitas di kantorpun berubah dikit. Kalo sebelumnya, jam istirahat dikantor yang biasanya aku pake tidur siang, sekarang jadi saatnya memantau lapangan, sibuk telpon sana-sini, sibuk juga buat laporan, sibuk ngapa2in deh! Yang tadinya kalo tidur kurang dari 7 jam aku langsung pusing, eh sekarang, tidur 3-4 jam sehari juga saat itu asik2 aja. Alhamdulillah, aku dari sananya gak terlalu gampang sakit, kebayang deh kalo waktu itu aku sakit, biar cuma flu aja, bisa berantakan semua2nya. Yah kerjaan kantor, yah urusan rumah, yah urusan salon! Badanku sampe kurus kering, Kalo gak salah lansung turun 3-4 kg. Herannya saat itu aku merasa happy-happy aja yah. Merasa funtastis. Kalo seringkali merasa jenuh di pabrik, sekarang boro-boro mo jenuh, lah wong kalo ada waktu longgar dikit, aku pake untuk ngurusin salon. Entah bikin resep kosmetik dari bahan-bahan tradisional, bikin draft newsletter, apa ajalah. Sibuk sendiri disela-sela waktu rehat. Bahkan diperjalanan pualng pergi kantorpun, aku sibuk sendiri, berkutat dengan urusan salon.

Seiring berjalannya waktu, eforia memulai bisnis sendiri mulai hilang. Dengan berjalannya pertumbuhan bisnis pula, aku menghadapi masalah yang lain lagi. Tapi ada peningkatan kualitas masalah. Quality of Problem istilah kerennya. Kalo tadinya aku lebih banyak dipusingkan dengan urusan kerjaan, dateline, goals dari boss (hehe gak jauh2 dari urusan kerjaan) atau kadang dipusingkan sama urusan temenku yang suaminya penngangguran, sohibku yang baru diputusin pacarnya, hehe.. Sekarang, aku gak sempet lagi memikirkan masalah-masalah itu secara mendalam, karena ada masalah2 lain yang lebih urgent untuk saat itu. Kudu bikin prioritas masalah. Taelah! Misalnya masalah seputar karyawan, kepuasan pelanggan, peningkatan kualitas pelayanan, dll sebagainya. Yang tentunya ini gak hanya membuat aku harus selalu mikir, tapi juga harus selalu belajar. Otomatis, otak rada keasah lah, kalo tadinya tumpul sekarang rada tajeman. :P Yah kan dengan posisi aku sekarang, sebagai amphibi aku gak bisa dong dengan cara berpikir seperti sebelumnya. Aku harus memikirkan nasib para karyawan yang setidaknya kehidupan mereka dan keluarganya bergantung dari salon ini. Dengan penghasilannya di salon inilah, mereka menghidupi keluarganya. Ini peran yang paling menantang sekaligus paling menyentuh sisi kemanusiaan aku *apaaaa sehhhh*

Dengan peranku yang baru pula, aku dituntut untuk memiliki hubungan yang baik dengan semua pihak yang terlibat misalnya bukan hanya sekedar hubungan boss vs karyawan, atau hubungan salon vs pelanggan. Hubungan ini lebih kepada hubungan sebagai mitra, dan hubungan sebagai sesama manusia, sesama pribadi yang unik dan spesial. Mau gak mau, suka gak suka, akupun sudah menjadi pemimpin bagi para anggota tim MOZ5. Karena itu, bagaimana aku berinteraksi dengan mereka inilah yang akan mempengaruhi mereka berinteraksi dengan para pelanggan kami. Kemudian juga, bagaimana aku memandang para tamu salon, bagaimana kami membina hubungan dengan para pelanggan ini juga mempengaruhi keberlangsungan bisnis ini. Para pelanggan adalah urat nadi bisnis ini. Dan ini menuntut cara berfikir dan sikap yang bijaksana toh?

Ah, banyak hal-hal lainnya yang harus aku perbaiki. Bener-bener kaki dikepala, kepala dikaki deh. Jadi amphibi bener-bener menguras energi, menguras pikiran, dan uji ketahanan mental hehe. Tibalah di tahapan aku bertanya-tanya, ohhh beginikah rasanya jadi pengusaha? Benerkah ini jalanku? Akan kemana Ending semua ini?? Bada kurus kering, otak melintir kaya gini dimana enaknya?? *maklum saat itu aku blom ikutan seminar ABC, 6steps. Jadi aku merasa, selamanya pengusaha itu ada ditahapan mastery, hihi.

Rasa-rasanya saat itu ga ada peace of mind deh bo' Lagi pusing-pusingnya miting di salon, boss yang duduk persis di sebelah kananku lagi gebrak gebrak meja, lagi ngamuk-ngamuk, seluruh peserta miting lagi nunduk dalem-dalem, jantungku juga lagi mo copot walo bukan aku yang dimarahin, eh hapeku berderang dering *sering bgt kelupaan memSilentkan hp. Gak lama setelah disilentkan eh tiba-tiba masuk sms "Mba Yul, segera hubungin salon sekarang URGENT!!!" haha, kaya gt sering bgt kejadian. Entah saat di salon ada kebakaran kecillah, saat aada tamu yang mencak-mencak gara-gara masalah sepele, sampe saat salon kemalingan brankas *halahhhhh* Malah yang sering bgt kejadian juga, aku lagi berkutat di mesin-mesin injection yang gede-dege itu, eh hp berdering dari salon yang isinya menanyakan "Mba Yul, kapan beli shampo?? udah abiss nih...* Busretttttttttttttttt* Atau kebalikannya, waktu lagi cuti kentor dengan niatan mo ngurusin salon eh telpon berderang dering nanyain kerjaan, nanyain report *urggggghhhhh mo maraaaaahhh ga sehhhhhhh* emang jadi amphibi itu kagak ada enak-enaknya yah. Hehe Maklum usahaku semua masih full remote sama aku, belum ada sistemnya. Maklumlah namanya juga baru berdiri *excuse mode on*

Yang bikin aku ruwet juga adalah seputar manajemen salon. Laporan keuangan salon, target salon, program marketing, dsbnya. Mengharapkan dari buku-buku aja? gak bisa nih. ALhamdulillah suamiku backgroundnya akuntan dan juga seorang konsultan management jadi aku banyak dibimbing sama beliau walaupun jarak jauh. Syukur aku juga ketemu konsultan salon, orang yang udah malang melintang 30 tahun di dunia persalonan, salon-salon besar pula. Dari beliau aku belajar banyak, walo harus merogoh kocek juga, perjam konsultasi sekitar 200-300rb. Hehe, gak masalah. Untuk sesuatu yang worth it, itu gak masalah. Malah jatuhnya murah ketimbang aku trial and error sendiri, gila akan makan lebih banyak biaya dan waktu. Bayangkan, pengalaman dia bertahun-tahun, puluhan tahun bo' dibayar 200rb/jam. Dan aku juga menghargai niatnya mau membagikan ilmunya, walo gak gratis tapi itu sangat murah. (hehe, makanya heran juga kalo ada orang yang belum aku kenal, tiba-tiba kucluk2 imel aku minta aku jelaskan secara rinci cara-cara membuat salon. pls deh, kenapa gak coba datengin aku dulu, ngomong baik-baik, kenalan dulu, jangan langsung nodong orang via email pula. berarti kan ngetiknya aja udah memakan waktu. malah ada yang lebih parah, nanyanya via sms. aku disuruh ngetik sms dongggggg, gileeeee.....)

Kembali lagi ke bisnis, Puji Tuhan, perlahan-lahan aku bisa keluar dari tahapan mastery ini. Yaiyalah, dengan berbagai pengalaman, buku-buku, seminar-seminar, sharing dari teman-teman, bergaul dengan orang-orang sukses, otomatis aku juga bertambah pintar hehe. Masa gak ada yang nyangkut seh. Atleast bisnis aku mulai naik peringkat lah. Mulai smart dong. Aku mendisiplinkan diri untuk teachable, untuk rendah hati, untuk selalu belajar (berkat didikan Network 21) Aku juga mulai pelan-pelan bisa melihat gambar dari puzzle, walo belum utuh, masih banyak kepingan-kepingan puzzle yang harus aku pasang. Tapi aku udah bisa liat gambarnya apa. :) dan aku udah mulai tau, apa yang harus aku cari, apa yang harus aku lakukan, aku perbaiki. I see the whole picture! Dan seharusnya semua jadi lebih mudah... Dan ditahapan aku udah mulai full tda, aku udah mulai enjoy jadi pengusaha. Bahkan aku udah bisa lantang bilang "Bisnis is Fun, Bisnis is just a game!" Karena aku udah liat gambarnya tadi itu, aku udah tau aturan mainnya dari game ini, aku bahkan udah bisa bikin rule of the gamenya sendiri.

Tuhan tuh emang adil, tau bgtlah aku lagi ngejar impian, anakku caca, alhamdulillah jarang bgt sakit, gak rewel, sering bgt aku gendong-gendong, bawa ke salon kalo pas lagi week end. Saat itu aku aku juga masih tinggal sama orang tuaku, alhamdulillah, walo caca dipegang sama mbanya-nya, tapi tetap aja dalam pantauan oma-nya yang dengan telaten merawat anakku. Alhamdulillah banget, anakku-pun tumbuh sehat, pintar, dan lucu. Dari kecil bgt dia udah aku gendong-gendong loh naik turun kendaraan umum aku bawa kesana kemari ngurusin seputar salon. Habis, aku kan pengen juga meluangkan waktu sama dia. Walaupun masih jauh dari kualitas, setidaknya aku nyicil kuantitas dulu lah. Syukurnya, saat merintis usaha salon masa-masa awal, suami juga kan lagi jauh di negeri orang. Jadi aku gak terlalu repot juga hehe. Kalo ada kan, suami juga perlu pelayanan dan perawatan khusus, hehe. Aku juga punya teman-teman yang luar biasa banget, walaupun sebagian besar dari mereka tidak berbisnis, tetapi mereka mensupport aku sepenuhnya. Tentunya, syukur yang tidak terhingga kepada keluarga yang luar biasa. Support dari orang tua yang gak ada habis-habisnya, dukungan saudara-saudara, serta cinta kasih dan bimbingan dari pasangan hidup. Tuuuuh kan, aku jadi belajar banyak lagi tentang bersyukur.

Dengan berbisnis juga, aku lebih memikirkan hidup dan yang penting neh aku lebih menikmati hidup. Aku menyadari sepenuhnya yang aku jalanin, bukan sekedar menjalani layaknya air mengalir. Everyday is my journey of learning, learning of life itself. Setiap hari aku kuliah di Universitas Kehidupan. Aku lebih banyak mengenal diri aku sendiri. Karena di bisnis kita sendiri, tuntutan peran, tanggung jawab, jauh lebih besar. Apa yang kita lakukan, gak cuman mempengaruhi keadaan kita sendiri tapi juga mempengaruhi banyak orang. Sekarang aku jadi pemimpin setidaknya pemimpin dalam lingkup terdekat aku. Aku harus bisa jadi panutan, role model bagi mereka. Brad sugar selalu bilang, U deserve what what u got. Kita mendapatkan karyawan, partner bisnis, customer yang sesuai dengan apa adanya kita. Kalo gak mau dapet karyawan yang O'on, yang culas, yah harus mulai dengan memperbaiki diri sendiri, selalu meningkatkan kualitas diri dong. Honey, inst it interesting?

Satu hal lagi, mungkin sekarang aku belum mendapatkan semua yang aku mau, tapi setidaknya aku menjalankan apa-apa hari ini, adalah karena pilihan aku. Saat kita melakukan atas pilihan kita sendiri, itu semua sangatlah indah. terlepas apapun hasilnya. itulah yang gak aku dapetin sewaktu aku masih kerja dulu. Apapun yang aku lakukan, semua karena target perusahaan, goals dari boss, kebijakan head office, dll. Ini untuk kasus aku loh, mungkin gak berlaku bagi teman-teman lain :) Sehingga, pada akhir tahun 2004 aku memutuskan untuk angkat kaki dari pekerjaaan, memberikan posisi aku kepada yang jauh lebih memubutuhkan. Yang jadi pertimbangan aku, perusahaan itu bisa mendapatkan banyak penggantiku dalam waktu singka. Tapi kalo Moz5?? sapa yang bisa menggantikan aku? Siapa yang bisa mengambil alih dreams, passion, harapan yang sama denganku?? Bagaimana dengan nasib beberapa kepala yang tidak hanya hari ini saja, namun masa depannya bergantung di moz5?? Itulah yang menguatkan tekadku, untuk full di moz5..

Tapi tetap, aku menghargai setiap waktu yang aku habiskan dipekerjaan aku dulu. Begitu banyak pelajaran yang aku dapet, yang mungkin gak akan aku dapatkan di luaran. Membina hubungan dengan atasan, boss, big boss, membina hubungan dengan bawahan, sesama karyawan. Belajar management, Porduction Management, Planning, TQM, ttg ISO,ttg HRD, Visi dan Misi perushaan, ttg ini itu, ahhh banyak banget deh! Yang tentunya itu semua sekarang kepake bgt lah di bisnis sendiri. Dulu, aku menganggap bekerja adalah sekolah management gratis, dan digaji pula ;) Asik banget kan? So gals, yang masih amphibi, gunakan waktu sekarang sebaik-baiknya. Tetap bekerja sepenuh hati, sambil kita belajar, mengasah intrapreneurship kita.

Di bisnis juga aku belajar sabar, ikhlas, dan legowo. Seringkali banget segala sesuatu berjalan tidak sesuai dengan harapan, bahkan jauh dari harapan, justru di situlah aku belajar berbagai hal. Disaat kita gak mendapatkan apa yang kita inginkan, justru kita mendapatkan learning yang luar biasa. Seiring itu semua aku pun berkembang sebagai individu. Bahkan aku sering menghadapi hal-hal yang tidak terpikirkan sebelumnya.
Misalnya, yang gampang aja deh perubahan dalam penampilan. Wah, dulu itu aku kacau bgt. Jauh dari kesan modis, walo gak kucel-kucel amat sih 'kan masih ada inner beauty :P . Pake baju asal nyaman aja. Yang penting gak tabrakan warna. Mo kaos doang kek, mo saltum, EGP. Lha gimana, wong aku tomboy kok. Lagian aku terbiasa dilingkungan kerja yang co-semua, lingkungan pabrik. Saban hari ke kantor gak bedakan aja, aku tetep jadi kembang pabrik kok-hehe ya iyalah, secara mayoritas laki semua gitu loh. Boro-boro pake pump shoes atau stiletto hehe, lah seringnya pake sepatu kets, sepatu fantofel itu udah maksimal bgt. Waktu mulai nyalonpun demikian adanya saya. Hehe. "Kan yang penting kita tetap jadi diri sendiri. Bisnis aku emang salon, tapi bukan berarti aku harus selalu merhatiin apa yang aku kenakan, apalagi dandan! Wah gak banget deh". Gitu kira-kira isi pikiran aku. Di suatu hari, ada kejadian yang menyebabkan aku sadar. Biar bagaimanapun ada tuntutan peran, dan wajib yang namanya jaim. Lha kalo salon ownernya aja lusuh, lecek, cuek, biasa bgt, gimana pelanggan mau nyaman dan yakin di salon kita? Lha salah satu tujuan orang ke salon kan mo cantik dong…Apa adanya aku, otomatis itu juga menunjukkan pelayanan kita. OK, aku harus berubah. Gak ada salahnya berubah menjadi yang lebih baik, gak ada salahnya jaim asalkan proporsional *ya dong ini juga untuk kenyamanan pelanggan* yang penting kita tetap nyaman, dan kita tetap menikmati diri kita. Dengan tampil lebih rapih, wajah sedikit dipoles, kan kita juga terlihat lebih fresh, dan otomatis kita juga nyaman akan diri sendiri. Udah kodratnya manusia sih untuk menyukai keindahan, dan udah kodratnya perempuan juga untuk menajga kencantikan yang sudah dianugrahkan Tuhan. Semua perempuan itu cantik loh. Dan, setelah aku merasa fresh, otomatis kePDan juga bertambah, aku pun meras nyaman dengan diri sendiri. Bukankah itu hal yang paling basic dari konsep cantik?? Dan aku pun bertekad, untuk membantu para perempuan untuk menemukan kecantikannya, dan membantu mewujudkannya. Taela filosofis bgt ya bo. Tapi itu memang benar. Banykalah perubahan-perubahan dalam diriku, gak sedikit yang significant.

Di satu sisi, aku tetaplah seorang ibu, seorang istri, seorang anak, seorang kakak, sobat, dan seorang yulia untuk diri aku sendiri. Banyak aspek lain yang juga sangat penting buat aku. Spt yang udah aku singgung tadi, bisnis aku hanyalah jembatan menuju impian-impian aku. Bisnis aku hanyalah salah satu penggembira dalam hidup aku.Karena peran aku sebagai ibu, istri, anak, kakak, sahabat, dan peran aku sebagi diri aku sendiri, jauhhhhhh lebih penting, jauh lebih berharga buat aku. Alhamdulillah semua singkron. Dengan semua pelajaran-pelajaran yang aku dapetin dari berbisnis, nilai-nilai yang aku pegang, pengalaman-pengalaman aku, itu semua membuat aku berubah banyak, membuat aku jauh lebih baik dari sebelumnya, membuat aku senantiasa memperbaiki diri, membuat aku lebih nyaman dengan diri aku sendiri. Otomatis ini juga mempengaruhi kualitas aku saat aku berperan sbg ibu, istri dan peran-peran yang lain. Apapun peran kita, semuanya tetap aja menuntut nilai-nilai yang sama toh?? Ga ada yang bertentangan, karena itu semua bisa berjalan berbarengan saling berkaitan, dan saling mempengaruhi mau gak mau. Kalo aku berbisnis dengan culas, toh itu juga menunjukkan aku bukan ibu yang baik, bukan pula sahabat yang setia.

Yang pasti, ada peningkatan impian, ada Quality of Dream. Kalo dulu dream-dream aku keliatannya udah hebat banget, seiring perjalanan ini, dreamku berkembang, dreamku bertambah, hingga hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Wooww ini semua membuat hidupku ini jadi jauh lebih Funtastis.

Sekarang, bisnis ini bukan hanya sekedar keinginan aku semata, bukan sekedar dream aku saja, tapi bisnis ini juga sudah menjadi saluran rezeki bagi segelintir orang, ada bbrp kepala yang hidup dan masa depannya bergantung dari bisnis ini. Dan Tugas utamaku adalah menjadikan bisnis ini sebagai bagian dari mimpi-mimpi mereka, melibatkan impian mereka sebagai bagian dari bisnis ini. Mereka itu adalah para karyawan, para pelanggan, para supplier, dan para muslimah!!! Karena seiring bertumbuhnya bisnisku, seiring perkembangan aku sebagai pribadi, aku mulai memasuki tahap dimana, bagiku bisnis ini bukan sekedar money machine, sumber penghasilan saja, bagiku bisnis ini adalah jembatan menuju impian-impianku yang lain, dan juga jadi jembatan bagi impian orang-orang di sekitarku. Dengan bisnis ini juga berbagi impian, share my dreams, share my passion.

Aaahhh...sekarang aku bisa bilang Aku Bangga Jadi Pengusaha. Dengan jalan yang berliku-liku, dengan bumbu-bumbu masalah disana sini, dengan harapan, airmata, keringat, tawa, canda, semua mewarnai perjalanan ini. Perjalanan masih panjang, masih jauh ke depan. Dan di awal perjalanan ini saja, aku sudah mendapatkan banyak hal. Ternyata uang hanya salah satu resiko yang kita dapatkan dalam berbisnis. Selebihnya ada banyak perubahan-perubahan diri, pelajaran-pelajarang dalam hidup, menjadi bermanfaat untuk orang lain, saluran berkat bagi banyak orang dll. Tentu, gak harus jadi pengusaha aja dong. Apapun yang kita lakukan, kesempatan itu terbuka lebar. Aku sharing di sini karena itulah pengalamanku, tanpa bermaksud melecehkan, merendahkan profesi yang lain. Aku bukan penulis yang baik, tapi semoga sharingku ini bermanfaat.

4 comments:

Khairul said...

Wow...!!!

Amazing...

Thanks mbak Yuli atas sharingnya, ini betul-betul kisah nyata seorang srikandi indonesia.

I am proud being your friend.

Fauzi Rachmanto said...

Buset, panjang banget. 3,900 words to be exact. Saya sudah hitung. Kalau di print, kurang lebih setara dengan 8 halaman kertas A4 ... hehehe gak relevan deh komentarnya. Maksud saya seru banget cerita nya! Ternyata umur boleh muda, pengalaman segudang. Salut!
I am proud being your downline :-)

Mastohar said...

subhanalloh......
maksih banget mbak yul,ilmu yg luar biasa...saya tambah semangat untuk membuat usaha sendiri,

Eka said...

mb-ku yang cantik ...
hahahahahah ... buseettt panjang bgt ... but interesting !!

Ya ya ya ... aku masih amphibi sekarang masih menghayal enaknya jadi pengusaha.

But, someday I'll know !!

Tq sharingnya ... always inspiring.