Monday, April 2, 2007

HUBUNGAN

Bulan maret lalu, gw, suami dan teman-teman, mengikuti Leadership Seminar di istora senayan. Mayan padet 4 sesi panjang, yang dipecah dalam 3hari, jumat-sabtu-minggu. Salah satu seminar yang selalu dinanti2. Aseli Full Inspirations. Melihat begitu banyaknya orang-orang sukses, yang gak segan-segan berbagi tips kesuksesan mereka, hanya dengan 500rb! ada sih temen yang diajakin, mengeluh mahalnya biaya yang musti dikeluarkan. Wah sayang bgt ya. uang 500rb ga bakalan bikin kita miskin malahan bikin kita kaya pengalaman. worth it banget. Seperti kata bapak tua yang meminta sebagian domba-domba dari sang gembala sebagai bayaran atas informasi yang akan diberikan. Si bapak tua itu bilang " harus ada yang musti dibayar untuk impian. aku senang kamu sudah menyadari bahwa kamu harus membayar harganya" hehe, ngutip the alchemist.

Anyway, dari sebegitu banyak elmu yang gw dapet. ada yang mo gw sharing di sini, ttg hubungan. Mengingat pembicara tamu, Bob Andrews, dikenal sebagai Mbah -nya sikap, Gurunya Attitude. Maka setiap kata yang dia sampaikan sangatlah full dengan pelajaran-pelajaran seputar sikap, attitude,integritas,belief, work ethic, dkknya deh. Semua jadi tambah terasa nikmat karena penggunaan kata-kata, intonasi, penekanan yang pas. Belum lagi diselingi joke disana sini. Beliau memang gak cuman sekedar motivator, tapi lebih sebagai inspirator. Karena benar-benar walk the talk. Punya bisnis yang besar banget, di 26 negara!! Keluarga yang bahagia, teman-teman yang luar biasa. No wonder, dia adalah orang ke dua di N21 dan beliau juga sahabat karib Jim Dornan.

Gw tertegun saat Terry Andrews, sang istri bicara : Put People in your heart. Cintai orang-orang, share pasion, dan biarkan mereka merasakan semangat kita....

Ok, ini yang gw janjikan. gw mo sharing salah satu kutipan dalam catatan gw. maklum, karena gw cuman nyatet yang penting2, gak panjang lebar penjelasannya. Lebih banyak yang gw simpen di pikiran, dan ehm..di hati! *halah*

10 Tips membina hubungan yang baik dan langgeng :

1. Keputusan. Putuskan anda mau membuat hubungan itu baik. Lakukan secara sengaja. Niatkan. Semua berawal dari niat. Sebagian besar dari ktia membina hubungan seperti air mengalir. Berjalan begitu saja. Tanpa pernah terbesit untuk mengikrarkan niat. Ingat, hubungan yang bersyarat tidak akan berhasil. Misalnya: saya mau jadi teman dia, asalkan dia gak ngungkit masalalu gw. Or gw mau jadi partner bisnis elu, asalkan elu mau ngikutin aturan maen gw, dll deh!

2. Fleksibel.
Bukan fleksibel pada prinsip, bukan juga pada hal-hal ttg kebenaran, tapi fleksibel pada hal-hal yang tidak esensial.

3. Base On HOnesty.
Kebohongan tidak akan bekerja pada suatu hubungan.

4. Common Mission. Tujuan yang sama, Misi yang searah. Ingat misi yang searah. So bukan berarti semua harus sama langkah.

5. Komunikasi
Tidak ada salahnya kita membayar sedikit demi pasangan. Misalnya : Saat kita mendengarkan iPod dan istri kita menanyakan sesuatu, ketimbang kita jawab " Ah gak denger apa aku lagi ngapain?" Kenapa juga gak langsung matiin iPodnya, trs bertanya "ada apa sayang?" Karena hubungan dengan istri jauhhhh lebih penting ketimbang hubungan dengan iPod. Beliau juga memberi contoh lainnya. Kalau dia pergi ke suatu acara, dan Terry, sang istri gak bisa hadir biasanya pas sampe rumah diberondong pertanyaan :

Terry : Bagaimana acaranya?
Bob : Yah bagus. Kami mendengarkan pembicara, ada break, kita makan-ngopi, ngobrol-ngobrol, masuk ke seminar lagi, trs kita pulang.
Terry : Cerita yang detail dong.
Bob : Kami mendengarkan pembicara, ada break, kita makan-ngopi, ngobrol-ngobrol, masuk ke seminar lagi, trs kita pulang. *mengulangi hal yang sama*
Terry : Cerita yang detail dong. Si Anu dateng gak? Si X dateng pake baju apa? Si Y gimana mukanya masih kaya orang stress gak? Mr Z cerita gak ttg anaknya yang mau masuk university?

Nah, menurut Om Bob, hal-hal itu gak penting bgt! Dan dia malas menjelaskan semua details yang gak penting bgt itu, tapi dia sadar bahwa hal-hal itulah yang penting buat istri, details itulah yang membuatnya penasaran, jadi ketimbang dia bilang "aduh itu kan gak penting untuk dibicarakan!" maka ia berusaha sedikit keras dengan menjelaskan semua detail ttg mereka, ttg makanan, ttg pakaian, semua yang sudah ia ingat2. Sedikit usaha, asalakan itu membuat pasangan kita senang, WORTH IT BANGETS. (SATOEDJOEEEEE!!!!)

6. Kesetaraan/Equity
Hubungan menyangkut manusia bukan size. Entah itu size bisnis, entah itu size status. apa saja. hubungan menyangkut antar sesama manusia, yang masing-masing memiliki keistimewaan sendiri, dan kebutuhan yang unik. Apalagi kalo sempet kepikiran " Yah dia masih TDB sih, sedang gw kan udah TDA. Jadi gak nyambung dong!" Halahhhh....
Binalah hubungan dengan people who care people! Tapi yang penting, mulailah dari diri sendiri untuk menjadi spt itu.

Yang pasti, untuk topik ini sangat dalam, sangat inspiratif bgt pembahasannya. dan gw males ngejelasin disininya, susah diungkapkan dengan kata-kata *taela*

7. Forgiveness
Kita semua membuat kesalahan, karena membina hubungan juga berarti menyangkut masalah membuat kesalahan. Ini semua tentang meminta maaf atau memberi maaf. Kita siap berhubungan, berarti siap juga suatu saat meminta maaf dan memberi maaf. Dia yang tidak mau memberi maaf, suatu saat nanti, akan tidak diberi maaf.

8. Invest waktu
Investlah waktu di dalam suatu hubungan, maka akan kembali berkali-kali lipat. Luangkan waktu bersama, nikmati kebersamaan. Dan kita akan mendapatkan hasilnya kemudian. Prinsipnya sederhana, mau duit? invest duit. Mau waktu? invest waktu.

9. Membela dan melindungi hubungan itu.
Apapun resikonya kita akan melindungi hubungan itu. Berapapun harga yang harus dibayar. Termasuk jika, ada yang menjelekkan2, kita akan membela mati2an.

10. Pengorbanan
Tidak hanya memberikan apa yang banyak kita miliki, tetapi juga apa yang kita kekurangan. Hukum dalam hubungan adalah 100-100, bukan 50-50! karena 50-50 masih bersyarat. Tetapi 100-100 adalah tanpa syarat.


Untuk merusak hubungan hanya diperlukan 3 hal saja.

1. Curiga/tidak percaya/tidak yakin satu sama lain. 1% kecurigaan sudah sangat cukup.
2. Rahasia
3. Selfishness/Egois

Om Bob juga ngasih rumus,
Passion+Belief+Expectation X Work Ethic = hubungan bisnis/kerja yang langgeng

Panjang juga penjelasan gw. Yang pasti, mengikuti seminarnya langsung jauh lebih indah, aura positif dari ribuan orang peserta, tentunya mempermudah kita untuk menyerap hal-hal yang positif juga.

Dedicated for temen-temen yang nagih-nagih hasil seminar kemarin. Lunas yah utang gw. next time dateng sendiri deh!

No comments: