Tuesday, July 8, 2008

"Belum Bayar Ongkos, Pak!"

Di dalam angkutan metromini, sekitar jam 4 sore.
"Uff, kenapa sih harus duduk di bangku sebelah ini?"
Aku hampir saja mengomel dalam hati (ih kok hampir sih, ini mah udah tahap ngomel ). Gimana engga, sementara di banggu depan dan belakang masih banyak yang kosong, knp juga bapak ini harus memilih duduk disampingku. Otomatis aku yang sedang asik membaca buku, terpaksa berdiri memberi jalan agar si bapak bisa lewat. Maklum di dalam metromini bo’ Apalagi, aku maupun si bapak, sama-sama membawa tas besar, jadi agak ribet.

Setelah sama-sama duduk, aku udah gak nafsu membaca. Malahan asik mengamati bapak tua yang gayanya cukup perlente (kemeja putih rapih, celana hitam, dan sepatu mengkilap). Kulit bersih, walaupun sudah keriput sana sini, tetap keliatan rapih. Usia sekitar 65thn.
Waktu melewati Mal Arta Gading, sekejap metromini ini jadi penuh. Setidaknya ada 6 orang yang berdiri.

Herannya, waktu pak kenek menagih ongkos, Ya Ampun, kok bapak ini pura-pura gak tau ya? Pura-pura udah bayar gitu loh. Padahal suer aku yakin beliau belum bayar.

Tuh kan, gak lama, si bapak kenek balik lagi, meyodorkan tangannya. Menagih ongkos.
Ehm, aku coba berdehem. Eh si bapak cuek, malahan pura-pura tidur.
Waduh!
Yang pertama aku lakukan, berpikir keras. Gimana ya negurnya? Ntar kalo aku nanya, pak udah bayar ongkos belum? Kok aku kayanya usil bgt.
Iya, kalo dijawab Belum, emang kenapa?” Aku kan tinggal balas menjawab “ Ya bayar dong!”
Nah, Gimana kalo dijawab “udah”?

Lagian, kok aku malah sok bergaya asisten kenek ya?
Ah bodo amat. Aku coba melanjutkan membaca. Tapi tetep gak bisa!
Ku coba melempar pandangan. Nah, saat aku memandang raut wajah pak kenek yang sedang berdiri bergelantungan di depan pintu, kok aku melihat seraut wajah yang penuh kelelahan. Di hari yang terik kaya gini, harus pasang badan dan memforsir kerongkongan, wuihhhhh.

Hmm. Rp 2500,tariff metromini, ini mungkin gak seberapa untuk kita, tapi untuk beliau? Untuk keluarganya?
Apalagi si bpk kenek ini juga melirik curiga berkali-kali ke arah sampingku. Nah, berarti emang belum bayar kan?

Di saat aku mau menegur baik-baik si bapak disebelahku ini, eh beliau yang tadinya pura-pura tidur malahan sekarang udah pake kacamata hitam dan mulai tengok sana sini. Wah udah seger buger tuh. Cepet amat barusan kayanya tertidur lelap.

Wah buru-buru kucolek pak kenek yang kebetulan lewat, sambil nyeletuk, “Pak, bapak ini belum bayar ongkos! “ Sambil nunjuk si bapak. Kaget dong dia.
Tapi ternyata reaksinya “oh belum bayar? Bukannya udah?”
Belum pak!” segera kujawab. Singkat. Pak kenekpun manggut-manggut.

“Nih Ongkosnya. Masa saya harus bayar dua kali??” Sambil melotot si bapak menyodorkan tangannya dengan keras ke arah pak kenek. Kasar.

Sepertinya si bapak sewot,hehe.
Yhee!
Fyuh, akhirnya.

Buatku, ada dua hal penting di sini.
1. Aku tidak membiarkan kecurangan terjadi di depan mataku
2. Aku bisa melanjutkan membaca dengan tenang, hehe

Yulia-Founder moz5 salon muslimah

1 comment:

WURYANANO said...

Enakan naik Taxi lho Mbak Yulia, full AC, bisa baca buku dengan rileks dan nyaman...hehehe, nggak terganggu orang lain.

Selamat Ulang Tahun ya, semoga semakin sukses selalu.

Salam dari Surabaya.