Monday, January 12, 2009

Belajar dari kesalahan sendiri


Aku sering kepikiran sama satu hal. Gini, saat kita menghadapi kenyataan yang tidak kita harapkan, kekecewaan, situasi yang buruk, bahkan bisa dikatakan tragedi atau bencana sekalipun. Seringkali yang terjadi kita sangat tabah, ikhlas dan dapat meyakinkan diri sendiri dan orang lain, bahwa ada hikmah dalam setiap kejadian. Ada banyakpelajaran yang bisa dipetik.


Tapi, saat kita sendiri sadar bahwa kita telah melakukan kesalahan. Atau kekhilafan akibat kebodohan kita sendiri, tidak bijaksana dalam bersikap. Atau mungkin kepicikan kita dalam berpikir. Apa yang kita lakukan? Kita menyalahkan diri sendiri! Kita bahkan kita tidak habis berpikir, KOK BISA YA AKU MELAKUKAN KESALAHAN SEBODOH ITU??


Bukan gitu? Atau aku aja ya. Hehe bawa-bawa kata KITA.
Ok, let say semua dari kita gitu ya.

Pernah gak kita berpikir bahwa mungkin saja memang sudah seharusnya kesalahan itu terjadi. Mungkin saja alam semesta memang sudah membimbing kita melakukan kesalahan tersebut. Mungkin saja memang sudah bagian dalam skenario kehidupan kita sekarang. Mungkin saja..mungkin saja…Yah intinya memang sudah seharusnya terjadi.
Lho? Kenapa?

Yah supaya kita bisa mengambil pelajaran. Supaya ORANG LAIN juga mengambil hikmah dari kita. Kan, SEMUA kejadian pasti ada hikmahnya, TERMASUK juga kesalahan-kesalahan yang kita perbuat sendiri. Dan kasih kesempatan orang lain juga untuk belajar dari kesalahan kita dong..
Bukan berarti, setiap kita berbuat kesalahan, trs kita langsung excuse, OK ini memang sudah seharusnya terjadi. Engga gitu jugalah.
Trs gimana??

Maksute, kalopun kita melakukan kesalahan, ya udah terima saja yang sudah terjadi. Inget aja apapun yang sudah kejadian, itu adalah hasil keputusan terbaik kitadi masa lalu. Kalau ternyata gak sesuai dengan perkiraan atau menyimpang dari yang seharusnya, toh kita bisa belajar ttg MANA YANG SEHARUSNYA , MANA YANG BOLEH, MANAYANG TIDAK BOLEH 'kan?

Ketimbang menyalahkan diri mendingan kan kita petik hikmah yang pasti ada dari semua kesalahan2 kita. Belajar dari pengalaman orang lain memang smart, tapi belajar dari pengalaman diri sendiri insya allah jauh lebih KENA! (apa coba?)

Yulia Astuti- Founder moz5 salon muslimah

No comments: