Thursday, February 7, 2008

Lezatnya Kota Solo

Bersama Tda Joglo, Pak Bams dan Mba Tatik, Mas Hatta, dan mas Sangaji

Mau sharing ttg jajanan kota Solo. Yang bikin kangen mo ke sana lagi dan lagi.
Gudeg Ceker Margoyudan. Hmm. akhirnya desember lalu kesampean juga bo, ngerasain gudeg yang baru buka jam 1 malem ini…Tapi waktu kemarin kita datang agak kesiangan sih. jam 3an. Masih ada sih, cuman cekernya udah ludes *yahhhh…* Padahal kami sudah datang sekeluarga lengkap. Gak ketinggalan Caca dan Kiya, juga ibuku. Hehe, si Kiya aja udah kita ajak-ajak ngedugem a la Wong Jowo. Walau ternyata gak kebagian cekernya, ternyata asik juga lesehan di trotoar jalan di daerah margoyudan ini. Jam 3an teteppp aja masih ngantri lama. Dan ternyata tanpa cekerpun, gudeg racikan bu Kasno ini tetap saja nikmat. Walau tetep aja awalnya, susah bgt deh memaksakan diri pagi2 buta gitu untuk makan berat hehe.

Setia menanti, sambil lesehan di pinggir jalan..

Aku juga kalo mudik, pasti sempetin makan nasi liwet keprabon. Banyak pilihan sih Walo yang terkenal adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Sumpe deh, aku cinta mati sama nasi liwet. Nasi liwet yang gurih plus telur rebus, daging ayam yang disuwir, kumut (kuah santan yang dikentalkan) membuat menu masakan ini kaya akan sensasi kelezatan eksotis jawa *halah apa cobaa??* Apalagi biasanya diiringi oleh tembang2 jawi yang dilantunkan oleh ibu (pengamen) bersanggul plus kebayaan serta kecapinya. Nuansa jawanya jadi lebih kental *wah gw udah jauh lebih njawa ketimbang Mr AN* Sambil makan nasi liwet biasanya aku juga minum Susu Segar yang dicampur sama jahe bakar. Hmmmm susu asli dari boyolali ini kental dan gurih. Biasanya aku sengaja memesan tanpa gula.

Wedang Ronde dan Bakmi godognya juga selalu nikmat. Ada sih langganan Mr AN tapi aku gak terlalu hafal nama tempatnya. Taunya cuman makan doang hehe. Kalo untuk Es Cendolnya, biasanya kita menyantap di depan Toko Kue Mandarin, ada es cendol yang mangkal persis didepan toko. Cendol lengkap dengan tape ketannya. Segar dan mantep. Biasanya kita taunya es cendol bandung atau banjarnegara, eh ternyata di solo juga ada loh. Jangan2 cabang dari elizabeth bandung hehe.

Kalao bakso sih banyak bgt pilihannya. Surganya pecinta bakso kaya aku ini deh!Ada bakso rusuk sampe bakso ps klewer. Wuihhh Bakso Ps Klewer ini yang selalu ngangenin. Kuahnya sih putih bening, tapi rasanyaaaa...wuih. Meriah pula karena banyak aksesoris jajanannya. Ada Tahu goreng, sosis solo, dll.

Hm apalagi ya?? Banyak sih jajanan enak bin mantap di sana. Tengkleng dan Tongseng sih udah pada tau lah yaa. Atau juga Timlo Solo. Serabi Notosuman, Bestik Harjo, Bakso Kadipolo, Sate Tambak Segaran, Soto Gading, dll deh. Tapi kalau Tanya aku, maka favorit aku diantara yang enak-enak itu ada 3 : Nasi liwet, Susu Segar, Bakso Klewer!
Tapi ada 1 makanan yang sampe hari ini aku gak pernah sanggup menyantapnya. Sate Kelinci. Hwaaa...kebayang2 wajah ikon PlayBoy yang lucu itu. Gak pernah tega sekaligus agak-agak geli. Hehe. Walopun katanya enak bgts. Tetep tidak tergoda. Even sudah di Tawangmangu sekalipun, aku tidak tega hiks!! Apalagi Mr AN sering bgt bilang, kalo kepala kelinci goreng itu enaaaaakkk bgt. Hwaaaaaa teganya teganya teganya. Ga bisa ngebayangin, bisa-bisanya orang nge-gadoin, kepala kelinci (goreng).
Walah, aku jadi kepengen nasi liwet. Untung aja, Mr AN sudah menjanjikan bulan depan kami akan mudik lagi sambil menjemput my Kiya, horeeee!!!

Anda belum pernah ke Solo? Kasiannn deh.

Yulia-Moz5 salon Muslimah

1 comment:

Deep soloTouch said...

Wah..wah... udah dicicipi semua itu mbak ? hehehhe..
met kenal ya mbak :)