Friday, August 10, 2012

Vitamin untuk Kulit Cantikmu


Tentunya banyak yang mengetahui bahwa mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan sangatlah baik untuk kesehatan. 
Tapi tahukan bahwa vitamin juga sangat baik untuk kecantikan kulit?
Buah dan sayur kaya akan serat dan juga kaya akan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Bagi kita, khususnya wanita, yang menginginkan memiliki kulit cantik alami, maka saran yang terbaik adalah mengkonsumsi sayur dan buah dengan banyak variasi dan beraneka warna. Jika kita ragu akan intake kita sehari-hari boleh tambahkan supplement vitamin.

Gambar diambil dari onlyhealth.wordpress.com
Lalu apa saja sih vitamin-vitamin tsb?  

Vitamin A
Fungsi utama vit A untuk kulit sehat adalah mendukung perkembangan dan regenerasi sel-sel kulit.
Produk-produk Vit A merangsang pembelahan sel pada kulit bagian atas dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melindungi kulit. Kekurangan vit A  ini  menyebabkan kulit kering dan bersisik loh J 
Tidak heran  Vit A ini  banyak dikemas dlm  bentuk vitamin  siap pakai dan pelembap kulit plus pelindung UltraViolet bagi kulit yang kering.

Saripati dari vitamin ini dikenal dengan nama Retin A/ Retinol/Retinoid. Banyak dijumpai pada produk perawatan kulit karena manfaatnya untuk meluruhkan kulit mati, sehingga sesuai untuk kulit yang berkerut atau kulit bermasalah. 
Banyak digunakan pada perawatan kulit berjerawat karena kandungan asamnya membuka sumbatan yang ada pada pori-pori kulit.
Tapi sebaiknya, hindari penggunaan Retinoid ini pada ibu hamil dan menyusui karena dapat mempengaruhi kondisi janin dan bayi.


Vitamin B
Vitamin B mampu  menjaga kelembaban dan meregenerasikan kulit.
 Zat Panthenol  dari vitamin B adalah satu-satunya zat dari vitamin yang dapat dioleskan pada bagian luar kulit, dapat diserap sampai lapisan kulit bagian dalam.

Manfaatnya adalah keseimbangan dan  menjaga kelembapan kulit. Sifat Vit B adalah melembutkan dan mampu memperbaharui jaringan sel kulit. Itulah sebabnya Vit B  sering dikemas dalam produk-produk perawatan kulit harian maupun malam hari.

Vitamin C
Manfaat utamanya adalah mengurangi kerusakan sel dan menguatkan jaringan kolagen, yaitu jaringan yg membuat kulit kita elastis.
Polusi, sinar matahari,makanan yang mengandung pewarna buatan, zat kimia, stress  dll mengakibatkan  Sel-sel tubuh kita, termasuk juga sel-sel kulit tiap hari  harus bertempur melawan zat perusak yang bernama Radikal Bebas. 
Radikal Bebas inilah yang menyebabkan kondisi tubuh kita menurun, sakit, kerusakan kulit.  Nah, Vit C ini mengandung  penangkal  radikal bebas yg disebut Antioksidan.

Vitamin E
Fungsi dari vitamin E ini sama seperti vitamin C, yaitu sebagai penangkal Radikal Bebas.
VitE memperbaiki penuaan dini pada kulit serta menjaga  kelembaban kulit. Kekurangan vitE akan membuat kulit nampak berkerut.
Kelebihan Vit E lainnya adalah selain memelihara, ia juga meningkatkan kekenyalan elastisitas kulit.


Nah ladies, Tunggu apalagi?Aayooo pastikan konsumsi vitamin tsb di atas sudah mencukupi ya. Kulit cantik dan sehat!

@yuliaastuti I @moz5salon I @moayu_ID
www.moz5salonmuslimah.com



No comments: