Tuesday, March 11, 2008

Menjaga Perasaan

Hati-hati dengan apa-apa yang kita ajarkan, contohkan, dan lakukan dihadapan anak kita. Mereka, anak-anak, menyerap sangat baik! Simak dialog antara aku dan caca belum lama ini.

Caca : “Mama, aku males sekolah lagi”

Mama : (Wah gawattttt, tumben2nya!) "Loh kenapa Ca?“

Caca : "Ih Males! Malesin bgt!"

Mama : "Iya tapi kenapa jadi malesin gt?"

Caca : Itu anak-anak kelas II A, bener-bener malesin bgt. Aku gak mau jadi temen mereka"

Mama : "Emang kenapa sama temen-temen kamu?"

Caca : "Ya ampunnnn Maaaa...! Mmereka itu gak bisa menjaga perasaan orang lain. Bayangin ya, Laotze Susan (Guru Mandarin) kan cerita, katanya rumahnya suka kebanjiran. Mama tau kan, Laotze rumahnya di depan Mangga Dua Square. Nah kalo banjir besar, Laotze dulu sering naik perahu. Eh tau gak Ma, reaksinya anak-anak II A? masa mereka ketawa-tawa sih. Kata mereka lucu. Aku gak ngerti, apanya yang lucu?? Orang susah malahan pada ngetawain"

Mama : "Oooohh gitu. Mungkin mereka ketawa karena laotze ceritanya lucu kali, gaya ngomongnya.“

Caca : "Mama ini gimana sih! Tetep aja mereka gak boleh kaya gitu. Kita harus menjaga perasaan orang lain! kan itu ceritanya sedih, kok malah pada ketawa-tawa. Apa mereka gak diajarin sama orang tuanya, kita kan harus menjaga perasaan orang. Apa mereka gak diajarin sopan santun sama orang tuanya???Aku gak mau jadi temen mereka, malesin!!"

*Kebetulan, Laotze Susan adalah guru favorit Caca. Gurunya lucu, Fun, dan gaul. Memang sih kalo liat secara fisik aja, keliatan banget Laotze ini sosok yang lucu dan ramah. Caca sering cerita, kalo Laotze tau apa aja ttg film, lagu2 yang lagi ngetop, sampe tokoh2 kartun. Laotze juga sering kasih hadiah. Singkatnya, Laotze ini guru kesayangan Caca dan teman-teman.*

Yang bikin aku kepikiran, apa Caca yang terlalu berelebihan, terlalu sensitif, atau aku yang terlalu menekankan untuk menjaga perasaan orang lain? Aku binun juga, soale kalo caca terlalu keras kaya gitu juga, untuk ukuran anak-anak, dia terlalu dewasa gak sih?

Atau justru kita, orang dewasa, yang diingatkan kembali untuk menjaga sensitifitas kita, terutama, pentingnya menjaga perasaan orang lain??

Yulia- moz5 salon muslimah

1 comment:

yaya said...

Mesti belajar banyak nih tante Yaya dari Caca.

Bener mbak, kadang2 malah anak kecil mengajarkan kita banyak hal tanpa mereka sadari.