Thursday, February 12, 2009

Topi Berpikir


Tau tentang topi berpikir? Dipopulerkan oleh Dr Edward DeBono dengan 6 thinking hats-nya. Tehnik berpikir sesuai dengan warna topi yang dipakai. Tapi pada suatu seminar TDW, aku dapat 2 topi lagi, topi Abu-abu dan Polkadot. Jadi ada 8 topi deh.

Apa aja sih?

• PUTIH : Melambangkan data dan kenyataan. Cara berpikir mencari Fakta
• MERAH : Melambangkan emosi dan perasaan. Cara berpikir yang emosional
• HITAM: Melambangkan Pengacara, penilaian negatif. Cara berpikir yang mengkritisi atau mencari sisi negatifnya.
• KUNING : Melambangkan Sinar matahari, cerah, optimis dan sangat bermanfaat.Cara berpikir yang mencari sisi positif.
• HIJAU : Melambangkan kesuburan. Cara berpikir yang mencari perkembangan dan alternatif.
• BIRU: Melambangkan air dan ketenangan. Cara berpikir untuk menentukan cara berpikir.
• Abu-abu : Cara berpikir Netral, tidak memihak
• Polkadot : Cara berpikir humor, kesenangan

Lalu bagaimana aplikasinya?

Gunakan topi-topi tersebut sesuai dengan konteksnya. Misalnya kita akan rapat dengan tim bisnis kita membahas rencana produk baru yang akan diciptakan. Bisa diawali dengan menggunakan topi putih bersama-sama. Untuk mencari fakta , mengapa produk baru harus diluncurkan. Lalu Gunakan Topi biru untuk mencari sisi optimisnya.
Kemudian gunakan topi hitam untuk mengkritisi atau mencari kelemahan produk tsb yang mungkin timbul. Tujuannya agar sebisa mungkin kelemahan tersebut bisa diminimalisir atau mungkin ditiadakan.

Bagaimana jika ada yang gak nyambung? Misalnya kita sedang mencari sisi positifnya, dia justru bicara negatifnya. Gampang, ingatkan saja dia untuk menggunakan topi kuning.
Jika mentok pada suatu pembahasan tertentu, bisa gunakan topi polkadot, untuk hiburan sejenak, supaya suasana menjadi menyenangkan dan fresh.
Atau mentok bgt gak tahu mau mikir apa? Ya udah pake topi biru aja deh..

Tentunya topi yang dimaksud tidak perlu topi beneran, tapicuma kiasan aja. Tetapi kalau memang mau niat bgt, sediain topi beneran juga oke juga tuh. Biar bisa saling mengingatkan juga.
Menarik? Silakan dicoba.

Yulia Astuti- Founder moz5 salon muslimah

gambar dari en.wikipedia.org

Tuesday, February 10, 2009

Iklan Ah!



Plis klik gambar untuk lebih jelas lagi ya...

Yulia Astuti-Founder moz5 salon muslimah

Monday, February 9, 2009

Gado Gado


Lagi pengen cerita ngalor ngidul ah! Seputar aktifitasku (Namanya juga narsis)

Lagi suka di rumah. Males keluar, males kemana2. Karena pengaruh cuaca juga kali ya. Hehe Alesan, emang males kali ya. Di rumah juga, lagi males online , sering juga muncul tapi langsung menghilang, main sama caca atau sama Kiya. Atau Nonton Oprah. Atau Nonton DVD. Yang pasti jatah tidur jadi jauh lebih banyak. Begitu juga dengan nafsu makan, haha. Praktek SelfHypno, sesekali meditasi juga.
Setiap hari keluar sih sebentar2, meeting sama partner di CitraMindCare (Apa tuh? Wah tunggu Launchingnya ya!), atau sekedar belanja buah di supermarket. Sesekali, pas ada yang urgent baru ke margonda.Atau yah ikut seminar-seminar.

Selebihnya? Aku banyakin malas-malasan dan baca buku kali ya. Lagi banyak buku bagus nih.

Moz5 sendiri lagi banyak bebenah. Selain kita baru pindahan kantor, kantor yang sekarang gabung sama training center. Lokasinya? Gak jauh dari moz5 margonda. Kita juga rekrut lagi tim Franchise yang insyaallah mereka mulai kerja besok. moz5 juga lagi nyiapin outlet2 di Radio Dalam dan Gresik. Juga akan mempersiapkan outlet di Kalimalang juga. Sekarang belum ribet2 banget sih, masih tahap persiapan awal, tapi pastinya akhir Feb dan Awal Maret nanti akan agak repot di salon.

Hari Minggu ini juga akan ada InHouse Training di Training Center. Berbarengan dengan Soft Openingnya Warung Jamur di depan Kantor Moz5. Konsep warungan dengan tema jadul (jaman dulu) kolaborasi MR AN dan mas Wasis Gunarto, Juragannya Jalan Sutra. Wah warung ini lucuuu bgt loh, unik bgt. Persis di depan tempat mangkal aku di margonda hehe.

Alahamdulillah masih banyak pekerjaan yang musti ditangani, tapi sekali lagi Alhamdulillah, aku gak perlu repot-repot kaya dulu lagi. Alhamdulillah, lebih santai. Herannya, walau santai, tapi rumahku tetap aja berantakan tuh? Tetap aja kayanya Gak Punya Waktu untuk sekedar bebenah hehe.

Sunday, February 8, 2009

24 Prinsip Milyarder Yang Mencerahkan

Diambil dari seminar Be Great, Be Millionaire bersama TDW, 7 Febuari 2009.
Prinsip adalah model-model sederhana tetapi ampuh untuk membantuk kita memahami cara kerja dunia.
1. Membuat Nilai Tambah.
Sudah menjadi hukum alam, apa yang tidak bermanfaat,apa yang tidak ada nilai tambah untuk kehidupan, akan dilenyapkan.
Kalau anda karyawan, selalu membuat nilai tambah anda bagi perusahaan. Jika adna pengusaha,jika ingin sukses di bisnis anda, selalu berikan nilai tambah.
2. Faktor Kali/Leverage. Melipatgandakan dengan usaha yang kecil.
3. Peluang ada dimana-mana
4. Be-Do-Have. Misalnya untuk menjadi seperti orang yang anda inginkan, anda harus bersikap seolah-olah sudah menjadi spt itu dan kemudian melakukan seperti mereka melakukannya.
5. Belajar bukan Menyalahkan (Blame-Excuse-Justify)
6. Alam semesta itu berlimpah, tidak ada kekurangan,kecuali dalam pikiran kita sendiri
7. Mereka yang memberi pasti menerima
8. Win-Win, selalu membuat orang lain Win dulu, baru kita Win. Kita Win karena membuat orang lain Win.
9. Selalu Open Mind
10. Kata-kata berkuasa. Kekuatan kata-kata. Apa yang sering anda katakan, itu juga yang akan menjadi kenyataan anda. (hehe, kalo sering bilang, aduh gak punya duit! Hati-hati! Hehe)
Ingat Masaru Emoto dengan video/Foto Kristal yang indah dari air yang dibekukan dan diberikan kata-kata positif?.
11. Anda adalah kekayaan anda. Berapa harga tubuh anda? Berapa anda menghargai 1kornea mata anda? Satu ginjal anda?
12. Kekayaan adalah kebebasan
13. Segala sesuatu berawal dari impian
14. Kejelasaan adalah kekuasaan, kejelasaann adalah Kekuatan
15. Pilih yang menghasilkan. Lalu pilih yang anda sukai, barulah pilih yang mudah
16. Imajinasi lebih unggul dari kemauan. Einstein sendiri kan bilang “Imajinasi lebih kuat dari ilmu pengetahuan itu sendiri”
17. Pertanyaan yang benar menghasilkan jawaban yang benar.Quality of Question.
Apa resiko terburuk yg kemungkinan terjadi?
Berapa besar kemungkinannya?
Bisa kita terima atau tidak?
Agar kemungkinan terjadinya lebih kecil, apa yang harus disiapkan?

*Negatif Thinking juga perlu loh, untuk membuat kita tetap waspada (tapi ingat hanya 20% saja)
Agar Boleh, Apa yang harus dilakukan (Pertanyaan yang harus kita ajukan pada saat kita menerima penolakan)
18. Apapun yang terjadi tidak ada artinya sampai kita sendiri yang memberi arti. Untuk itu selalu memberi arti yang lebih baik.
Jika orang menghina kita, apa arti yang akan kita berikan? Apakah kita merasa terhina juga?
Jika ada yang tidak menghargai kita, bagaimana kita memaknainya?
19. Harmonis antara Keinginan, Keyakinan, dan Cara Kerja
Misalnya : Ingin tapi tidak yakin..(waduhh..)
Yakin tapi tidak mau..(yo wis!)
Ingin, yakin tapi salah caranya.. (walah repottt)
20. Toughts become things
Sesuatu yang dominan di pikiran, bisa dirasakan di hati, dan bisa dirasakan dalam genggaman.
21. Ketuklah maka pitu akan dibuka
Maksudnya, MINTA, Maka Akan diberikan!
22. Berbagi artinya memiliki lebih.
Seperti tanaman, yang sering sering dipoton ujung2nya supaya tumbuh lebih subur.
23. Tidak nyaman berarti anda sedang bertumbuh
Tau perjuangan kepompong untuk jadi kupu-kupu? Gak Tahu? Yah udah dengerin lagu Kepompong aja deh nanti hehe.
Seperti yang selalu kita dengar dan mungkin juga sering kita ucapkan : kalau sedang ada masalah berarti kita akan naik kelas!
24. Milyader yang mencerahkan mempunyai prinsip bahwa diaharus terus belajar dan berkontribusi untukbangsa dan Negara dan untuk alam semesta. Konstan and Never Ending Improvement.

Tuesday, February 3, 2009

Marketing untuk Bertumbuh, Tambahan dari Krisis=Peluang

wah ada yang ketinggalan di postingan Krisis=Peluang...Justru bagian terpentingnya kok malah tertinggal nih.
Yaitu pada point Belajar Marketing.
Untuk Bertumbuh pada masa krisis maka strategi marketingnya adalah:

Show Me The Money Marketing.
Maksute, mo marketing jurus apapun, yang penting menghasilkan profit!! Show Me The Money deh, terserah gaya apapun juga!

Selalu Test and Measure..
Ya iyalah...biar kita tau apa efektif atau engga. Kalo efektif Maka wajib dilanjutkan, bila perlu dimodifikasi lagi biar lebih dahsyat hasilnya...Kalo gak efektif, ganti jurus hehe..Ganti Gaya! Makanya banyak cadangan strategi, supaya kita gak mati gaya bo'!
Tentang TEST and MEASURE....aku selalu inget Brad Sugar, karena dia selalu menekankan T&M ini....

Marketing Revolution..
Baca bukunya TDW deh..wah dahsyat bgt kalo dipraktekkan. Terbukti di moz5 salon..terjadi kenaikan omzet dan profit mencapai....%(hehe titik-titiknya rahasia nih..) Signifikan hasilnya!

Mengingatkan dan Menawarkan
Kebanyakan strategi marketing itu hanya mengingatkan. Branding, Branding, Branding. Tapi lupa Menawarkan. Yah sama juga boong, kalo nama bagus, tapi lupa menawarkan, orang gak Take Action dong.Apalagi kalo penawarannya Dahsyat, pake Irresistable Sensaional Offer, wah....
Apapun langkah2nya, catat nih, Yang penting, resultnya harus Profit ke Kita hehe.
Strategi marketing kita kudu sepasang nih MENGINGATKAN dan MENAWARKAN.

Ok, itu tambahan dari aku. Sebenernya hari itu stategi ini gak dibahas panjang lebar, jadi aku tambahkan dengan apa yang udah aku dapatkan di seminar2 TDW sebelumnya...

Ok, Take Action yuk!NOW!

Yulia Astuti- Founder Moz5 Salon Muslimah

Monday, February 2, 2009

Krisis=Peluang, Belajar dari TDW

Hari minggu tgl 1 Feb 2008 aku mengikuti seminar sekalian makan siang bareng dengan TDW. Seminarnaya sendiri membahas “Bagaimana bertahan dan semakin kaya pada masa Krisis”. Well, aku sendiri ga bosen bosen ikut seminar dan nonton VCDnya TDW. Repetion is the mother of Skill.

Acaranya sendiri di awali dengan makan siang baru lanjut seminarnya. Pas lagi makan siang aku sempet ngobrol dengan seorang Ibu. Dia tanya, apa aku udah sering ikut seminar TDW? Ya aku bilang SERING. Dia Tanya lagi, udah pernah ikutan ESQ belum? Karena kalo belum pernah ikut, jangan ikutan TDW deh, ntar Keblinger!!
Aku tanya balik, Ibu udah pernah ikut seminar TDW sebelumnya? “Belum. Ini yang pertama kali nih” Astaghfirullah. Trs kenapa ada statement kaya tadi ya? Ckckckckck ada-ada aja ya orang. Sebelum memisahkan diri (mendingan ngobrol sama yang lain dulu deh), Aku sempet ngomong:
“ Bu, semua tergantung dari persepsi masing-masing kok. Tergantung dari yang menangkap. Apakah dianggap bermanfaat atau malah menyesatkan, tergantung dari Filternya.”

Lanjut ke seminarnya. Apa yang didapatkan hari itu lagi-lagi syarat ilmu. walau ada juga pengulangan. Toh, setiap kali kita mempelajarinya lagi, pasti ada hal baru yang kita tangkap ya. TDW sendiri kan juga terus berkembang, ilmu dan pengalamannya juga nambah terus, jadi ada hal-hal baru juga yang disampaikannya.
Wah kalau mau dirangkum apa yang dipelajari hari itu, gak gampang hehe. Banyak bgt sih.

KRISIS? terngantung dari Sudut Pandang siapa yang melihat. Mau melihat ini sebagai kehancuran bisnis? atau mau melihat ini sebagai PELUANG untuk SUKSES??

Nah, bagi yang mau melihat ini sebagai PELUANG, maka ada 5 HAL YANG HARUS DIPELAJARI
1. Belajar sejarah
Sejarah selalu terulang. Semua yang terjadi merupakan Siklus. Beliau bilang gak ada yang namanya Krismon, yang ada Simon, alias Siklus Moneter. Manusia yang hidup 75 tahun akan mengalami 2 depresi dan 1 resesi.
Tapi dari sekian banyak contoh yang ditampilkan TDW, memang ternyata semua yang terjadi tahun 2008 sudah diprediksikan. Ulasan lebih lanjut ada dibuku “ROARING 2000”, buku Henry Dent yang diterbitkan tahun 1995.
Untuk referensi buku yang lain, bisa baca Peter Shift judulnya “CRASH” dan buku Marc Fabian yang berjudul “Tomorrow’s Gold : Asia Rediscovery . Thn 2004.

2. Belajar Marketing
Untuk bertahan di krisis, maka yang harus kita lakukan adalah
1. Memotong Biaya Marketing, Bukan Value.
Maksudnya, jangan nilai produk atau jasa kita yang kita turunkan. Misalnya dalam rangka efisiensi,maka kualitas produk kita kurangi satu level).Justru Marketing Costnya yang dikurangi.
Marketing Cost yang seperti apa?
Yah Marketing Advertising yang tidak produktif. Kalo Marketing yang produktif sih tetap hukumnya WAJIB.
Lalu bagaimana bisa tau yang Produktif atau engga ya?
Makanya selalu Test and Measure dong hehe.

3. Manajemen Keuangan
Ada 5 kecerdasan keuangan
1. Kecerdasan Mencari
2. Kecerdasan melindungi, membayar pajak salah satu bentuk kecerdasan melindungi loh.
3. Mengatur Pengeluaran ( Untuk Hari Tua, Untuk Cadangan, dan Untuk Dihabiskan,hehe)
Bedanya orang miskin sama orang kaya?
Orang Miskin dapat uang langsung dihabiskan,sisanya baru ditabung
Nah, Orang Kaya? Dapat uang ditabung dulu, sisanya baru dihabiskan.
No 1-3 adalah untuk bertahan, sedangkan no 4-5 adalah kecerdasan untuk bertumbuh.

4. Mengungkit/Leverage (Bagaimana uang sedikit bisa menjadi banyak berkali lipat)
Untuk mengungkit, kita butuh kendaraan pengungkit dong. Apa tuh?
1. Property
2. Business
3. Saham

5. Mencari informasi (informasi loh ya bukan opini)
Nah, makanya rajin-rajn belajar. Rajin-rajinlah investasi kepala ke atas, jangan kepala kebawah aja yang diurusin hehe. Buku, seminar, workshop, VCD/DVD, adalah media yang sangat baik untuk mencari informasi atau jadi filter informasi.

4. Manajemen Pikiran
Waspada terhadap bahaya. Asah kemampuan kita menganalisa resiko.
Apa saja sih yang harus dipikirkan dalam menganalisa resiko?
1. Besar kecil akibatnya
2. Besar kecil kemungkinan terjadinya.
Beresiko = kita tidak bsia menerima resiko yang terjadi setelah menimbang poin 1 dan 2
Pesan dari beliau, untuk menjadi semakin kaya kita harus 80% waspada terhadap peluang. Selalu tanyakan , “bagaimana caranya untuk bisa menjdikan kemungkinan selamat lebih besar lagi”.

5. Management Perasaan
Ini lebih tentang,bagaimana mengelola focus supaya perasaan kita tepat.Perasaan yang proporsional kali ya maksudnya.
Juga bagaimana bisa Cuek
Bagaimana bisa berprinsip “Semua (Halburuk) pasti berlalu. Dulu bisa melaluinya, sekarang juga pasti BISA”

Untuk menjadi pribadi yang bertumbuh juga berkembang maka :
Rasa berani harus lebih besar dari Rasa Takut. Tentunya Berani dalam hal-hal yang benar ya.
Komitmen harus lebih besar dari rasa ragu kita
Iman harus lebih besar dari Frustasi. Iman berarti percaya sebelum melihat, percaya pada kekuatan doa.

Kita harus selalu belajar, belajar, belajar. Juga focus kepada nilai tambah dari diri kita. Apa LAGI yang bisa saya lakukan untuk kehidupan yang lebih baik lagi? Selalu tambahkan pada diri anda.
Hati-hati orang yang sibuk! Hehe, sibuk berarti malas berpikir. Malas keluar dari zona nyaman. Malas untuk berhenti dari Aktifitas yang menjebak kita. “OOppss”

Wah itu yang bisa aku rangkum. Tentunya mengikuti secara langsung, jauuuhhh lebih bermanfaat. Semua yang aku tulis di sini adalah apa-apa yang aku tangkap dan coba sharing di sini. Apakah bermanfaat atau tidak? Tergantung dari anda. Ambil yang menurut anda masuk akal dan langsung TAKE ACTION!

Yang gak masuk akal, silakan dijadikan bahan diskusi atau mencari referensi yang tepat.