Wednesday, March 11, 2009

Advanced Franchise Relationship Program


Belum Lama ini saya dan tim dari moz5 menghadiri seminar Advanced Franchise Relationship Program, yang diadakan oleh IFBM dan dibawakan oleh Pak Burang Riyadi. Dari judul seminarnya aja, udah yakin, bahwa pembahasan ini akan sangat menarik.

Yess, memang Franchising is more about Relationship. Seperti yang sering kali diulang-ulang oleh pak burang, bahwa The Perfect Franchisee means The Perfect Franchisor.

Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, ada baiknya kita pahami dulu apa itu hubungan Franchisee-Franchisor.

1. Hubungan kemitraan yang dilandasi dengan ikatan perjanjian
2. Memiliki jangka waktu bertahun‐tahun(biasanya, 3 tahun atau 5 tahun atau bahkan 10 tahun dan terus diperpanjang)
3. Saling mengharapkan mempunyai posisi yang setara
4. Masing‐masing mempunyai hak dan kewajiban
5. Adanya keterbukaan dan saling percaya
6. Win-Win RelationShip

Anda bisa tambahkan sendiri daftarnya...

Nah, menariknya, ternyata pada hubungan inipun ada siklusnya loh....jadi memang berproses, gak langsung tercipta begitu terjadi tanda tangan kontrak kerjasama (Ya iyalah). Ada masa semangat menggebu-gebu...(Masa pe de ka te he he) ada masa saling berusaha memikat hehe masa masa saling berjanji satu sama lain, trs masa...wah panjang deh..mendingan ikutan sendiri seminarnya ya...

Hmm Lebih mirip dengan hubungan Pernikahan, yang membangun bahtera Rumah Tangga. Makanya memilih mitra (Franchisee atau Franchisor), sama seperti memilih pasangan hidup. Ya dong. Bedanya, di sini kita bisa poligami ya hehe. Franchisor bisa memiliki banyak pasangan hidup...Begitu juga dengan Franchisee (dia bisa memiliki beberapa usaha franchise).
Nah karena sudah seperti hubungan pernikahan, maka, tentunya perlu pembinaan hubungan yang berkesinambungan. Dan yang penting lagi, harus ada loyalitas alias kesetiaan terhadap pasangannya (mitra).

Pada kenyataannya, yang lebih banyak mengendalikan hubungan,adalah pihak Franchisor Lebih tepat lagi, yang menjadi menjadi Imam, walo posisinya setara. Karena itu Para franchisor harus MASTERY dulu bisnisnya. Bagaimana nanti akan membimbing mitra/pasangannya kalau belum menguasai semua aspek bisnisnya.

Lalu demi kelanggengan Rumah Tangga ini pula, maka pada Relationship ini juga perlu adanya GOAL.
Lalu apa saja sih Goalnya?
1. Hubungan yang harmonis, pastinya...
2. Franchisee yang cooperative, Yess.. Sikap Kooperatif dilandaskan pada pemikiran bahwa semua yang diusahakan oleh franchisor adalah yang terbaik untuk mereka. Jangan Ngeyel gitu loh...
3. Franchisor yang sensitive..Sensitive Man!! Sensitive dalam artian mengerti dan mau memahami semua keadaan dan kondisi dari Franchisee
4.Mengoptimalisasikan berbagai input
5.Bersama‐sama memperoleh manfaat dengan meningkatnya masing‐masing kinerja usaha.
Silahkan tambah sendiri....

Nah yang saya share di sini hanya sebagian kecil dari apa yang didapatkan hari itu...Tentunya tidak seindah aslinya tapi secuil sharing ini semoga bermanfaat.

Mr Burang, Mr Roy, Thanx a lot!!

Yulia Astuti, founder moz5 salon muslimah

No comments: